Selasa, 13 Oktober 2015

TiyniWahazalBaladilAmiyni_KeluargaBesarku_Tugaske5_KPI1B

Tiyni Wahazal Baladil Amiyni
KPI 1B
11150510000087
Keluarga Besarku
A.   Asal Usul
Keluarga adalah sekumpulan manusia yang terbentuk karena terjadinya perkawinan anatara Pria dan Wanita sehingga menghasilkan keturunan kemudian hal itu yang akhirnya membentuk  sekumpulan manusia yang hidup bersama yang disebut keluarga.
Keluarga tidak bisa disebut keluarga apabila didalamnya tidak terdiri dari Ayah,ibu dan anak yang kemudian apabila seorang anak memiliki keturunan lagi atau memiliki seorang anak lagi hal itu tentu seorang ayah akan menjadi kakek begitupun sebaliknya yang itu berarti keluraga juga bisa terdiri dari Ayah,ibu anak kakek dan nenek Namaun dalam jumlah anggota yang lebih banyak hal ini bisa dikatakan sebagai keluarga besar.
Berbicara tentang keluarga saya akan mendeksripsikan tentang keluarga besar saya yang terdiri dari Ayah ibu dan juga kakek nenek.Saya lahir dan dibesarkan di Jakarta namun kedua orangtua saya berasal dari suku yang berbeda. Ayah saya bernama Amril beliau berasal dari sumatera barat,Padang  tepatnya Padang  pariaman. Ayah saya anak ke 5 dari 6 bersaudara Ibu dari ayah saya adalah seorang guru sd sedangkan ayah dari ayah saya adalah seorang pedagang yang merantau di Sulawesi.Kelima saudara dariayah saya mengikuti jejak ibu-nya yaitu menjadi seorang guru ,sedangkan ayah saya lebih menuruni bakat dari ayahnya yaitu berdagang ayah saya berdagang di daerah Kalimantan tengah,Palangkaraya.
Sedangkan ibu saya bernama Sumiati beliau berasal dari Sukabumi orangtua dari ibu saya adalah seorang petani , ibu saya lahir dan dibesarkan disana ibu saya adalah anak 3 dari 4 bersaudara ibu . berbeda dengan ayah saya ibu ku adalah seorang ibu rumah tangga kegiatannya sehari-hari mengurus segala kebutuhan anak dan ayah saya atau hal yang berhubungan dengan rumah tangga.
B.    Jaringan Sosial
 
Jaringan sosial adalah suatu hal yang menghubungkan manusia satu dengan yang lain atau  bisa dikatakan konektifitas yang saling berhubungan antar manusia satu sama lain , karena jaringan yang dimaksud ialah jaringan sosial tentunya yang saling berhubungan adalan manusia karena manusia adalah maksuluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.
Berbicara tentang jaringan sosial , jaringan sosial yang menghubungkan keluarga besar saya tentu tidaklah sama semua Kakek dari ayah saya adalah seorang pedagang sehingga hubungan sosial yang dilakukan kake saya tidak jauh dengan konsumen . sedangkan nenek saya seorang guru sd kelima anaknya pun mengikuti jejaknya terkecuali ayah saya yang memili membuka usaha sendiri di daerah Kalimantan tengah,Palangkaraya ayah saya lebih lama menetap diKalimantan daripada di Jakarta karena ayah saya lebih banyak melakukan jaringan sosial di daerah Palangkaraya. Sedangkan saudara ayah saya yang lain ada yang menjadi Kepala sekolah,Guru smp sampai sma lalu adik dari ayah saya adalah seorang dosen di Universitas andalas tapi ayah saya lebih memilih untuk membuka usaha sendiri .
Sedangkan ibu saya seorang ibu rumah tangga, Bibi saya yang juga kakak dari ibu saya lebih memilih tinggal dikampung dan menjadi petani ada juga yang membuka rumah makan di Jakarta sedangkan kakek dan nenek saya karena beliau masih sangat Sehat jadi mereka masih sibuk bertani.
 
C.    Nilai-nilai dan sistem sosial budaya yang dipergunakan di dalam keluarga
Mengenai nilai dan sistem sosial budaya yang ada dalam keluarga tentunya dalam suatu keluarga pasti memiliki nilai budaya atau peraturan masing yang mungkin berbeda satu sama lain.Karena ayah dan Ibu saya berasal suku yang berbeda tentunya keduanya memiliki nilai budaya yang berbeda pula seperti ayah saya yang berasal dari Pariaman dalam budaya keluarga besar ayah saya apabila seorang akan menikah maka pihak dari wanita lah yang akan melmar pihak Pria tentunya hal ini berlaku apabila kedua mempelai berasal dari Pariaman juga tak hanya itu Pihak dari wanita ini juga akan membeli calon suami nya yang harganya ditentukan oleh kualitas jabatannya apabila Jabatan nya semakin tinggi semakin tinggi juga harganya Hal itu tentu tidak berlaku bagi kedua orang tua saya karena mereka berasal dari suku yang berbeda nilai budaya tersebut hanya berlaku dikeluarga besar dari ayah saya .
Sedangkan dari keluarga ibu saya tidak memiliki Nilai budaya khusus seperti kelurga besar ayah saya. Namun keluarga saya sendiri tidak memiliki nilai budaya khusus selama tidak melampaui batas namun bisa saja keluarga saya menerapkan sistem budaya yang seperti keluarga besar ayah saya namun hal itu tidak terlalu diwajibkan .
 
·         Informasi mengenai keluarga besar yang saya dapat narasumber dan pengetahuan yang saya tahu
·         Peniliatian ini menggunakann Kualitatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini