Selasa, 13 Oktober 2015

Juliah - KPI 1B - Keluarga Besarku - Tugas 5

KELUARGA BESARKU

A.    ASAL USUL

Keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang terdiri dari pasangan suami stri yang didalamnya ada kepala keluarga dan tinggal disatu atap yang sama.Di dalam teori sosiologi ada beberapa teori tentang keluarga diantaranya ada teori struktur fungsional, disini saya akan membahas struktur keluarga saya.  Nama saya juliah saya lahir dari pasangan Bapak Kursin dan Ibu Kurniasih.Saya lahir di Brebes tepatnya di Daerah Tanjung. Ibu Kurniasih berasal dari Pasangan Alm. Bapak Caswin dan Almh. Ibu kasih beliau merupakan anak ke Dua dari lima bersaudara.Anak pertama sampai ke empat sudah menikah tinggal anak terakhir dari nenek saya ,yaitu paman saya yang paling bungsu.Kakak pertama dari ibu saya mempunyai dua orang anak,satu laki-lakidan satu perempuan.kemudian disusul oleh ibusaya yang mempunyai tiga anak dan jenis kelaminnya semuanya perempuan.Adik pertama dari ibu saya yaitu adik ibu saya,mempunyai dua orang anak,yaitu laki-laki dan perempuan, dan adik kedua dari ibu saya mempunyai dua orang anak yang berjenis kelamin laki-laki.dan yang terakhir paman saya yang bungsu dia belum menikah. sedangkan ayah saya Berasal dari pasangan suami istri Bapak Kandi dan Ibu sayarkiah,Semuanya sudah menikah.ayah saya adalah anak ke dua dari enam bersaudara.semuanya berasal dari daerah Brebes. Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara, dua adik saya bernama syerliana dan Sri Rahayu.  Anak pertama atau kaka dari ayah saya mempunyai empat  orang anak satu laki-laki dan tiga prempuan. Kemudiaan di lanjut dengan ayah saya yang mempunyai tiga orang anak berjenis kelamin perempuan. Setelah itu adik ayah saya yang pertama mempunyai dua orang anak satu laki-laki dan satu perempuan.dan adik ayah saya yang kedua mempunyai dua orang anak juga berjenis kelamin perempuan,adik ayah say yang ketiga mempunyai satu orang anak laki-laki dan yang terakhir adik ayah saya yang bungsu, masih belum dikaruniai anak. Ibu saya berasal dari keturunan nenek moyang yang sederhana yaitu Buyut Dana dan Buyut Utih.dimana keduanya merupakan tokoh masyrakat di kampong saya. Sedangkan ayah saya berasal dari keturunan Buyut astra dan buyut anggi.yang mana beliau juga masih tokoh masyarakat di Kmapung saya.karena sama sama tokoh masyarakat dikampung saya,maka keduanya menjododohkan ibu dan ayah saya hingga lahir lah saya, Juliah dan kedua adik saya syerliana dan Sri Rahayu.

B.     JARINGAN SOSIAL

Kami berasal dari desa yang pada umumnya mempunyai mata pencaharian sebagai petani, tapi beberapa dari keluarga saya merupakan guru dari beberapa sekolah, karena nenek moyang kami dulu berpesan bahwa jadilah sebagian dari kalian Guru karena guru merupakan pahlawan yang tanpa tanda jasa. Nenek moyang kami menginginkan agar cucu cecetnya bermanfaat bagi masyarakat bukan hanya bermanfaat bagi diri sendirii ataupun keluarganya saja.

C.    NILAI-NILAI SOSIAL DAN SISTEM BUDAYA YANG DIPERGUNAKAN DI DALAM KELUARGA

Di antara dua keluarga besar saya memiliki nilai sosian dan budaya yang berbeda, kalau dari ayah saya keluarga nya harus menikah dengan orang yang berasal dari kampong tempat asal kami. Tidak boleh lain daerah apalahi lain ibu kota. Itu sama hal nya dengan memutuskan krturunan-keturunan desa yang telah ada dalam keluarga ayah saya. Sedangkan dari keluarga ibu saya untuk masalah pernikahan tidak ada aturan, artinya seseorang yang ada di dalam keluarga kami bebas memilih pasangannya. Dari manapun asal keluarga mereka. Tetapi ada sebuah aturan yang tidak boleh dilanggar dalam keluarga ibu saya yaitu apabila kamiingin bepergian jauh atau merantau ketempat yang jauh , kami tidak boleh bepergian pada waktu dimana hari nya bertepatan dengan hari meninggalnya kakek dan nenek kami, karena hal itu akan menimbulkan ketidak betahan seseorang di antara kami di dalam merantau.

 

-          PENULISAN BERDASARKAN METODE KUANTITATIF

-          PENULISAN BERDASARKAN WAWANCARA KELUARGA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini