Selasa, 13 Oktober 2015

TaliaTriAnanda_KeluargaBesarku_Tugas5_KPI1B

    

KELUARGA BESARKU

 
A.Asal Usul Keluarga 
    
    Keluarga ialah kumpulan orang atau sekelompok orang yg memiliki hubungan sedarah 
dan memiliki hubungan antar individu,keluarga juga  tempat atau lingkungan yg paling penting dalam menentukan kepribadian seseorang dalam bersosialisasi.Keluarga berasal dari bahasa sansekerta "kulawarga" kata kula berarti "Ras" dan warga berarti "anggota". Keluarga adalah lingkungan di mana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah, dalam pengertian sosiologis, secara umum keluarga dapat didefinisikan sebagai suatu kelompok dari orang-orang yang disatukan oleh ikatan ikatan perkawinan, darah, atau adopsi, merupakan susunan rumah tangga sendiri, berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Jadi keluarga merupakan kesatuan sosial yang terikat oleh hubungan darah dan masing-masing anggotanya memiliki peranan yang berlainan sesuai denga fungsinya. Keluarga dari ibu saya berasal dari Jakarta (betawi),namun ada sedikit campuran sunda dan china. Didalam keluarga ibu saya,adat istiadat betawinya masih sangat kental,ibu saya anak ke 2 dari 11 bersaudara,dikeluarga ibu saya kakek dan nenek saya masih percaya akan  hal-hal yang berbau mistik atau MITOS,keluarga ibu saya sangat kuat dalam, beragama islam. Berbeda sekali dengan keluarga ibu saya,keluarga  dari bapak saya berasal dari suku sunda dan sedikit campuran arab namun tidak begitu kental akan keturunan arabnya.Berbeda dengan keluarga ibu saya yang 11bersaudara, keluarga bapak saya hanya 4 bersaudara,bapak saya anak ke-2 dari 4 bersaudara, didalam keluarga bapak saya nilai adat istiadatnya sudah mulai berkurang karna mungkin pengaruh lingkungan yg sudah sangat modern,kalau di dalam keluarga bapak saya sudah tidak percaya hal-hal yg berbau mistik atau Mitos, keluarga bapak saya tidak begitu kuat dalam beragama.

 

B.     JARINGAN SOSIAL 

Dalam bersosialisasi dan berkomunikasi,di rumah keluarga saya biasa menggunakan bahasa indonesia,begitu juga jika dikeluarga ibu saya tetap menggunakan bahasa indonesia dalam berkomunikasi sedangkan  jika sedang berada di rumah keluarga besar  bapak saya kebanyakan sanak saudara menggunakan bahasa sunda(keluarga besar bapak saya menggunakan sunda kasar) namun ada juga yang tidak menggunakannya.
Dalam keluarga ibu saya kebanyakan bekerja menjadi pegawai swasta dan ada juga yang pegawai negri dan keluarga ibu saya memiliki bisnis keluarga, sedangkan kelurga bapak saya dikenal dengan keluarga Bank Indonesia karena dari kakek saya hingga anak2nya berkerja di Bank Indonesia,namun ada juga yang masuk kedalam politik, keluarga bapak saya juga memiliki perkebunan karet hingga perkebunan kelapa sawit yang dikelola oleh kakek saya yang sudah pensiun dari Bank Indonesia.

 

 

C.Nilai-nilai dan Sistem Sosial Budaya 


    Nilai sosial budaya adalah warisan adat istiadat dari leluhur yg di pertahankan dan juga dapat di artikan sebagai pola cara berfikir yg mempengaruhi tingkah laku sehari-hari. Di keluarga besar saya memiliki budaya yang sama dan dalam pernikahan di beri kebebasan untuk memilih pasangan tidak harus dengan orang sunda,betawi,jawa dan sebagainya namun  yang terpenting cocok dan harus memiliki keyakinan yg sama atau agama islam.Di keluarga besar ibu saya berpacaran belum boleh kecuali ia sudah berumur 22 tahun atau sudah dianggap mandiri,jika dianggap belum mandiri namun ada yang berpacaran pasti akan ditegur,sedangkan dikeluarga bapak saya lebih bebas tidak begitu memikirkan hal hal tersebut.Dikeluarga saya sendiri berpacaran sebenarnya tidak boleh tapi sekarang ini ibu dan bapak saya sudah agak memperbolehkan asalkan diperkenalkan terlebih dahulu.Dalam segi berpakaian keluarga ibu dan bapak saya sangat berbeda,dikeluarga ibu saya harus memakai pakaian yang sopan dan tertutup bahkan dianjurkan untuk berkerudung,sedangkan di keluarga bapak saya membebaskan untuk berpakaian tidak diatur atur,sedangkan dalam segi agama keluarga dari ibu saya sangat menjunjung tinggi nilai agama,berbeda dengan keluarga bapak saya tidak begitu menjujung tinggi nilai agama asalkan kita tahu yg baik dan yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini