Selasa, 13 Oktober 2015

Wisesha-KPI 1 B-Keluarga Besarku-Tugas5

A.     Asal Usul Keluarga

 

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Nama Saya Wisesha lahir di Jakarta dari pasangan suami-istri Edi Suhaedi dan Murnilawati.Saya anak ke-2 dari 5 bersaudara.Bapak saya berasal dari Banten tepatnya di daerah Pandeglang dang ibu saya berasal dari lampung.Bapak dan ibu saya berasal dari 2 orang Suami Istri.yang saya sebut kakek dan nenek.Kakek dan nenek dari Bapak saya sudah meninggal.Kakek saya bernama Suhaeb dan nenek saya bernama Zaenab.Kemudian kakek dan nenek dari ibu saya,Kakek dan nenek dari ibu saya juga sudah meninggal.kakek saya bernama Muhamad Ali dan nenek saya bernama Siti Rus'ah budaya dari keluarga bapak saya budaya adatnya sudah sangat berkurang karena saudara-saudara dari keluarga bapak saya sudah banyak yang meninggalkan kampung dan tinggal di jakarta.sedangkan keluarga dari ibu saya budaya adatnya masih cukup kental karena keluarga dari ibu saya masih cukup banyak yang tinggal di kampung.

 

 

B.     Jaringan Sosial Keluarga

Jaringan Sosial adalah Jaringan dimana ikatan yang menghubungkan suatu titik ke titik lain dalam jaringan sosial biasanya disebut hubungan sosial.

Dalam bersosialasasi dan berkomunikasi,dirumah keluarga saya biasa menggunakan bahasa indonesia.namun ketika berkumpul bersama keluarga besar bapak dan ibu saya keseringan keluarga besar kami menggunakan bahasa daerah masing-masing.Dari keluarga Bapak saya sebagian besar berprofesi sebagai guru dan dosen.sedangkan dari keluarga ibu saya sebagian besar berprofesi sebagai wirausaha.karena sebagian besar keluarga dari ibu saya masih tinggal di kampung dan memiliki kebun kelapa sawit,karet dan kopi yang diberikan oleh kakek dari ibu saya.

 

C.     Nilai-Nilai dan Sistem Sosial Budaya

Nilai-nilai budaya adalah nilai yang telah disepakati dan di percayai oleh masyarakat sekitar        dan tentunya tidak melanggar aturan agama islam.

Nilai-Nilai dan sistem sosial budaya yang digunakan dalam keluarga diantaranya:

1.      Menghormati Orang tua

2.      Menjaga nama baik keluarga

3.      Sesama Saudara Harus saling Melindungi

4.      Menghargai Orang lain

5.      Patuh Kepada orang tua

6.      Menghargai Ajaran Agama lain

7.      Berkata kata dengan Sopan

8.      Menjaga Silaturahmi


·        Metode Kualitatif

·        Pernyataan benar adanya dari narasumber orang tua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini