Minggu, 26 Mei 2013

GLOBALISASI DAN DAMPAK KOMUNIKASI MASSA_Yusly Anggriyawan Kelana_Tugs 10

GLOBALISASI DAN DAMPAK KOMUNIKASI MASSA

Nama   :  Yusly Anggriyawan Kelana (109051000155)
Kelas   : KPI 6F 

A. PENDAHULUAN
Seperti yang di bahas sebelumnya bahwa globalisasi berasal dari kata dasar "global" yang berarti berkenaan dengan keseluruhan.[1] Globalisasi adalah hasil karya menakjubkan dari kemajuan pikiran makhluk yang bernama manusia yang tidak bisa kita pungkiri lagi. Contoh di era globalisasi saat ini ada suatu alat yang bernama gadget yaitu media komuniakasi buatan manusia.
Globalisasi tidak terlepas dari media massa atau yang merupakan alat dari komunikasi massa. Komunikasi massa adalah suatu proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat memengaruhi khalayak-khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara.[2]
Ada tiga dampak dari komunikasi massa itu sendiri, yaitu: kognitif, afektif, dan konatif. Efek kognitif meliputi peningkatan kesadaran, belajar, dan tambahan pengetahuan. Efek efektif berhubungan dengan emosi, perasaan, dan attitude (sikap). Sedangkan efek konatif berhubungan dengan perilaku dan niat untuk melakukan sesuatu menurut cara tertentu.[3]
B. METODE STUDI
Dalam penulisan Paper  ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis menggunakan metode ini untuk mendapatkan data yaitu dengan melihat, membaca, dan mempelajari buku-buku referensi juga mencari dari Wikipedia/internet.
C. ANALISIS
Globalisasi dan Komunikasi Massa adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan komunikasi massa turut dipengaruhi oleh globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Media massa memiliki peran penting di era yang serba modern ini. Salah satu peran penting media adalah sebagai penentu identitas suatu bangsa. Sebelum era globalisasi dan media komunikasi masih terbatas, kita hanya berkomunikasi menggunakan radio, koran, dan surat. Namun setelah masuk era globalisasi, cara berkomunikasi masyarakat menjadi banyak berubah dan dengan beragam cara. Masyarakat kini memiliki banyak media untuk berkomunikasi, mulai dari smartphone, jejaring sosial, dan lain sebagainya.
Pesan yang disampaikan melalui media massa juga memiliki dampak yang berpengaruh pada masyarakat, yaitu dampak kognitif, dampak afektif, dan dampak konatif. Dampak kognitif terjadi bila ada perubahan pada apa yang diketahui, dipahami, atau dipersepsi oleh khalayak. Dengan kata lain, dampak ini berkaitan dengan penyampaian informasi, pengetahuan, dan kepercayaan yang diberikan oleh media massa. Sedangkan dampak afektif sampai kepada masyarakat apabila pesan yang disebarkan media massa mengubah apa yang dirasakan, disenangi, atau dibenci oleh khalayak. Dan dampak pesan media massa akan sampai pada tahap konatif apabila pesan-pesan yang disebarkan media massa mendorong masyarakat untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu.

DAFTAR PUSTAKA
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta, Pusat Bahasa, 2008)
Ruswandi, Ilmu Komunikasi, (Yogyakarta, Graha Ilmu, 2009)
 Jhi Amri, Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan di Negara-Negara Dunia Ketiga, (Jakarta: PT. Gramedia, 1988)


[1] Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta, Pusat Bahasa, 2008), h. 482
[2] Ruswandi, Ilmu Komunikasi, (Yogyakarta, Graha Ilmu, 2009), h. 103
[3] Amri Jhi, Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan di Negara-Negara Dunia Ketiga, (Jakarta: PT. Gramedia, 1988)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini