Sabtu, 05 April 2014

Della azizah_tugas4_metode sosiologi dan rencana penelitian ekonomi

Metode Sosiologi

Dalam penelitian sosiologi, dengan menggunakan dua cara metode sosiologi yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif.

1.      Metode kualitatif

Metode ini mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang di peroleh. Metode ini di pakai apabila data hasil penelitian tidak dapat di ukur dengan angka atau dengan ukuran lainnya yang bersifat eksak. Istilah penelitian kualitatif di maksudkan sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak di peroleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Dalam metode kualitatif ada 3 macam metode yaitu :

a.      Metode historis

Merupakan penelitian yang analisis datanya didasarkan pada peristiwa-peristiwa masa lampau untuk mengetahui kejadian saat ini.

b.      Metode komparatif

Penelitian dengan membandingkan antara kondisi masyarakat satu dengan masyarakat lainnya, dengan maksud untuk mengetahui perbedaan dan persamaa, di samping untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya kondisi masyarakat yang demikian

c.       Metode studi kasus

Penelitian yang memusatkan perhatian pada fenomena-fenomena (gejala sosial) yang nyata dalam masyarakat, yang ditelaah adalah keadaan masyarakat yang dilihat dari persoalan atau kasus tertentu , baik dalam suatu lembaga, kelompok, maupun individu. Adapun cara pelaksanaannya dengan teknik wawancara, dengan panduan daftar pertanyaan , atau dengan pengamatan partisipan. Dalam penelitian ini harus dengan membaur dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dengan tidak memberi sugesti kepada masyarakat yang di teliti.

  

2.      Metode kuantitatif

Cara penelitian yang dalam analisis datanya mengutamakan keterangan berdasarkan angka-angka. Gejala yang di teliti diukur dengan skala,indeks,tabel atau formula-formula tertentu yang cenderung menggunakan uji statistik. Ada beberapa metode yang di gunakan dalam metode ini, yaitu :

 

a.    Metode Statistik

 

Banyak dipakai untuk menunjukkan hubungan atau pengaruh kausalitas serta prasangka pribadi atau sepihak.Penerapan metode ini yang paling sederhana adalah teknik enumerasi(penghitungan). Jawaban pertanyaan responden disusun dalam tabel sehingga diketahui jumlahnya.

 

 

 

b.    Metode Eksperimen 

 

Metode eksperimen dilakukan terhadap dua kelompok.Kelompok pertama merupakan kelompok eksperimen sedangkan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol. Metode ini membandingkan percobaan kedua kelompok tersebut.Dua macam metode metode eksperimen:eksperimen laboratorium dan eksperimen lapangan.

 

 

c.    Metode Induktif dan Deduktif 

 Metode Induktif adalah metode yang digunakan untuk pemperoleh kaidah umum dengan mempelajari gejala yang khusus.Adapun metode deduktif adalah metode yang digunakan untuk memperoleh kaidah khusus dengan mempelajari gejala khusus,metode deduktif adalah metode yang digunakan untuk memperoleh kaidah khusus dengan mempelajari gejala umum.

 

d.    Metode Survei Lapangan 

Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang hanya ada pada kehidupan masyarakat secara langsung dan diperoleh melalui angket,wawancara,ataupun observasi secara langsung.Persiapan yang dilakukan adalah menentukan populasi yang hendak diteliti sekaligus objek,angket dan bahasa yang dipahami.

 

f. Metode Partisipasi 

Metode ini digunakan untuk mengadakan penelintian terhadap kepentingan kelompok.Peneliti berbaur dalam kehidupan kelompok sambil melakukan pengamatan atau kegiatan penelitiannya tanpa mengungkapkan identitas sebagai peneliti dan tidak boleh terlibat secara emosional terhadap kelompok yang ditelitinya.

g.    Metode Empiris dan Rasionalistis

Metode empiris menyandarkan diri pada fakta yang ada dalam masyarakat melalui penelitian. Metode rasionalistis mengutamakan pemikiran sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah-masalah kemasyarakatan.

 

h.    Metode Studi Pustaka 

Merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan mengambil data atau keterangan dari buku literatur di perpustakaan. Kelebihannya adalah memperoleh banyak sumber tanpa perlu biaya,tenaga dan waktu.Akan tetapi dibutuhkan kepandaian peneliti untuk mencari buku yang relevan agar dapat dipakai sebagai sumber perolehan data dalam penelitian tersebut.

 

Tema rencana penelitian lapangan :

1.      Pemenuhan kebutuhan hidup pedagang kue putu pada jaman sekarang

2.      Tingginya gaya hidup anak SMA

3.      Berjamurnya usaha game on-line/warnet pada masa kini

4.      Perbedaan penduduk alami desa jaman dulu dan sekarang

5.      Banyaknya di bangun industri di sekitar pemukiman masyarakat seperti konveksi.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini