Selasa, 09 April 2013

Kepemiminan_Muhammad Fariid_tugas4


Kepemimpinan dalam berbagai pendapat para tokoh :
1.  George R. Terry
Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
2. Katz & Kahn
Kepemimpinan adalah peningkatan pengaruh sedikit demi sedikit pada, dan berada diatas kepatuhan mekanis terhadap pengarahan-pengarahan rutin organisasi.

3. Hemhill & Coon
Kepemimpinan adalah perilaku dari seorang individu yang memimpin aktifitas-aktifitas suatu kelompok kesuatu tujuan yang ingin dicapai bersama (shared goal).

4. William G.Scott
Kepemimpinan adalah sebagai proses mempengaruhi kegiatan yang diorganisir dalam kelompok di dalam usahanya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

5. Kartini Kartono
Kepemimpinan itu sifatnya spesifik, khas, diperlukan bagi satu situasi khusus. Sebab dalam suatu kelompok yang melakukan aktivitas¬aktivitas tertentu, dan mempunyai suatu tujuan serta peralatan¬peralatan yang khusus. Pemimpin kelompok dengan ciri-ciri karakteristik itu merupakan fungsi dari situasi khusus.

6. John W. Gardner
Kepimpinan sebagai proses Pemujukan di mana individu-individu meransang kumpulannya meneruskan objektif yang ditetapkan oleh pemimpin dan dikongsi bersama oleh pemimpin dan pengikutnya.

7. R.K. Merton
Kepemimpinan sebagai suatu hubungan antar pribadi dalam mana pihak lain mengadakan penyesuaian karena mereka berkeinginan untuk itu, bukannya karena mereka harus berbuat demikian.

8. Keth Davis
Kepemimpinan sebagai faktor manusiawi yang mengikat suatu kelompok menjadi satu dengan memotivasinya kearah tujuan-tujuan.

Sedangkan dari wikipedia :
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.
Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimipin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.
Contoh :
            Disebuah tim sepak bola selalu memiliki yang namanya kapten. Kapten biasanya akan memimpin timnya, sekaligus memotivasi, agar rekan setim tetap bersemangat dalam menjalankan pertandingan. Dalam memilih kapten dalam sebuah tim tidak asal pilih, tidak harus lebih tua, ataupun lebih kuat, tetapi yang memiliki jiwa kepemimpinan, dan biasanya memiliki kharisma yang kuatlah yang akan dipilih.
            Contoh Lionel Messi, banyak pemain hebat di tim Tango (Argentina), banyak juga pemain yang memiliki umur di atas Messi. Tetapi Messi lah yang di angkat menjadi seorang kapten di tim tersebut. Karena faktor tadi, memiliki jiwa kepemimpinan, dan tidak terlewatkan kharismanya sebagai pemain dunia terbaik 4 tahun berturut-turut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini