Sabtu, 07 September 2013

DiraRohmatunKPI1C_Tugas1_DefinisiSosiologi

DEFINISI SOSIOLOGI
Berikut adalah definisi sosiologi menurut para ahli pakar :
1.  1   Auguste Comte
Auguste Comte adalah seorang ahli filsafat kebangsaan Prancis. Comte dikenal sebagai Bapak Sosiologi.  Berikut adalah definisi sosiologi menurut comte, antara lain :
Ø  Ilmu sosiologi harus didasarkan pada pengamatan, perbandingan, eksperimen, dan metode historis secara sistematis. Objek yang dikaji pun harus berupa fakta. Jadi, harus objektif dan harus pula bermanfaat serta mengarah kepada kepastian dan kecermatan.
 
2. 2    Max Weber
Menurut Max weber, sosiologi sebagai ilmu berusaha memberikan pengertian adalah tentang aksi-aksi sosial. Sebagai perilaku manusia dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi sosial.

3. 3    Soerjono Soekanto
Definisi sosiologi sebagai ilmu social yang kategoris, murni, abstrak, berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional dan empiris, serta bersifat umum.

4. 4    Petrim. A. Sorokin
Petrim. A. Sorokin mengatakan, bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hal berikut ini :
a.     Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial (misalnya antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, gerak masyarakat dengan politik, dan sebagainya).
b.     Hubungan dan pengaruh timbale balik antara gejala sosial dengan gejala nonsosial (dasarnya gejala geografis, biologi, dan sebagainya).
c.      Ciri-ciri umum daripada semua jenis gejala-gejala social.

5. 5  Roucek dan Warren
Roucek dan Warren mengemukakan, bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompok.

6. 6     William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

7. 7     Hassan Shadily
Dalam bukunya sosiologi masyarakat Indonesia menyebutkan, bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antarmanusia yang menguasai kehidupan itu.

8.  8   Y.B.A.F. Mayor Polak
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakni antarhubungan diantara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik formil maupun materiil, baik statis maupun dinamis.

9.  9     J.A.A van Doorn dan C.J Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

10       Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
 Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan peran sosial termasuk perubahan-perubahan sosial.

Dari beberapa definisi sosiologi diatas menurut para ahli maupun sarjana, dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mengkaji interaksi manusia dengan manusia lain dalam kelompok (seperti keluarga, kelas sosial, atau masyarakat). Dan produk-produk yang timbul dari interaksi tersebut, seperti nilai, norma, serta kebiasaan-kebiasaan yang dianut oleh kelompok atau suatu masyarakat tersebut dan tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia dalam keseharian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini