Selasa, 20 November 2012

Ahmad Faathir-Jurnalistik 1B-Tugas Lapangan ke2-Bisnis

PELUANG BISNIS PENJUALAN KAOS ONLINE
Ahmad Faathir (1112051100032)
Jurnalistik 1 B

I.                   Latar  Belakang
Bisnis toko kaos online kini sudah muali menjamur di kalangan masyarakat, hal ini dikarenakan permintaan kaos, terutama di kalangan kaum kawula muda semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bagaimanapun kaos tetaplah menjadi fashion yang sangat digemari oleh masyarakat dari semua latar belakang usia, pendidikan, maupun latar belakang sosial, di bandingkan dengan jenis busana yang lainnya. Terlebih, media kaos adalah media untuk berkreasi, berinovasi bahkan media yang sangat efektif untuk berpromosi.

Peluang jualan kaos online merupakan salah satu peluang usaha yang saat ini banyak dikembangkan orang.  Seiring dengan meningkatnya para pengguna internet saat ini, pasar dunia maya menjadi salah satu pasar bisnis yang cukup potensial dan terbukti mampu menghasilkan pemasukan yang bahkan bisa jauh lebih besar dari usaha bisnis yang dikelola secara offline. 
Bisnis menjual kaos secara online termasuk ke dalam upaya inovatif dalam melakukan marketing. Jangan hanya mengandalkan pasar yang ada di suatu daerah saja, namun berupayalah terus untuk menemukan pasar-pasar bisnis yang potensial. Ingat bahwa kebutuhan akan pakaian berbeda dengan kebutuhan orang pada makanan. Market tetap harus lebih luas untuk menjaga  daya pembelian kaos.
II.                Pertanyaan Pokok
1.      Bagaimana perkembangan bisnis penjualan kaos online?
Sejauh ini penjualan kaos online semakin agak menurun, di karenakan saingan yang sangat pesat belakangan ini. Namun penjualan masih tetap berjalan apabila ada permintaan dari konsumen baik jual secara grosir maupun satuan, dikarenakan kelebihan kita menerima design permintaan dari konsumen. Seiring perkembangan jaman dan media yang banyak bermunculan dalam bidang bisnis ini, para konsumen mempunyai banyak pilihan dalam mereka membeli suatu produk. Inovasi harus dilakukan dalam bisnis ini untuk mengembangkan penjualan, karena jika suatu produk itu unik dan berbeda dari yang lainnya maka para konsumen bias menyukainya.
2.      Apa kendala dari bisnis penjualan kaos online?
Kendala dari bisnis ini adalah modal dan media promosi, dari segi modal kita hanya menerima cetak kaos jika hanya ada suatu permintaan, padahal jika modal tersedia kita dapat memproduksi kaos-kaos yang sudah dalam tahap mendesain. Dan dalam media promosi kita belum terlalu baik karena sejauh ini media pejualan kita baru hanya menggunakan social media yang ada seperti : facebook, twitter, blackberry messenger, dan blog. Kita belum mempunyai website tersendiri untuk mempromosikan bisnis ini.

III.             Metode Penelitian
Metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini adalah metode kualitatif, agar mendapatkan informasi melalui wawancara yang lebih mendalam kepada narasumber dan mendapatkan hasil yang lebih intensif.
Waktu        : Kamis, 15 November 2012, pukul 10.00-12.00
Tempat      : Perumahan Taman Kedaung Ciputat, Jalan Mawar Blok. D7 No.7
                     Ciputat, Tangerang Selatan.


IV.             Gambaran Subjek / Objek Penelitian
Seorang lelaki muda berumur 20 tahun yang berprofesikan sebagai mahasiswa di Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN) di ciputat, Jakarta selatan, yang sedang menempuh jejang pendidikannya sarjana strata 1 di fakultas ilmu dakwah dan komunikasi. Lahir pada tanggal 12 April 1992. Seorang yang hobi desain terutama dalam media kaos dan sedang mejalankan bisnis penjualan kaos online di internet.
Youpops Cloth adalah nama brand dari bisnis online kaosnya. Berawal dari ide dua anak muda yang hobi desain dalam media kaos yang berujung menjadi bisnis. Berdiri sejak tahun 2009 melalui facebook bisnis kaos berjalan secara merangkak, desain kaos yang di suguhkan adalah beberapa desain vector dan tipografi yang unik. Dengan menggunakan software adobe photoshop dan coreldraw desain-desain tersebut lahir.
V.                Analisis
Peluang penjualan kaos online cukup menjanjikan dalam beberapa tahun ini, dan peluang penjualan kaos online merupakan salah satu peluang usaha yang saat ini banyak dikembangkan orang.  Seiring dengan meningkatnya para pengguna internet saat ini, pasar dunia maya menjadi salah satu pasar bisnis yang cukup potensial dan terbukti mampu menghasilkan pemasukan yang bahkan bisa jauh lebih besar dari usaha bisnis yang dikelola secara offline. Kaos merupakan busana yang sangat fleksibel digunakan para manusia di berbagai macam perbedaan kalangan. Belakangan ini banyak bermunculan brand-brand kaos di berbagai macam media sosial di internet, karena dengan media ini alat yang sangat mudah di akses oleh para konsumen dimana saja, kapan saja dan siapa saja. Namun untuk mempertahankan bisnis agar berjalan dengan  lancar adalah dengan modal dan media promosi yang harus di tata dengan baik dan tentunya dengan tekad yang kuat.
Inovasi harus dilakukan dalam bisnis ini untuk mengembangkan penjualan, karena jika suatu produk itu unik dan berbeda dari yang lainnya maka para konsumen bisa menyukainya. Karena inovasi akan membedakan kita dari produk yang lain, jika produk unik maka produk tersebutlah yang di cari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini