Sabtu, 19 Oktober 2013

Ihat Solihat KPI 1A_Tugas 6 Sosiologi_Metode Sosiologi

METODE – METODE SOSIOLOGI

1.      Metode Kualitatif

Metode Kualitatif ialah metode yang dipelopori oleh max weber . metode ini mengutamakan bahan sukar yang dapat diukur dengan ukuran dan bersifat eksak walau secara nyata bahan tersebut ada dalam masyarakat.

Metode penggalian data yang digunakan dalam metode ini adalah dengan cara yang tidak tunggal. Cara penggalian data itu bisa berupa: observasi atau wawancara mendalam.

Didalam metode ini ada beberapa jenis metode,diantaranya:

a.      Metode historis, yaitu metode yang menggunakan analisis peristiwa yang terjadi di masa lalu untuk menghasilkan prinsip-prinsip umum dari pola-pola sosial, proses dan perubahannya.

b.      Metode Komparatif, yaitu metode yang mementingkan perbandingan antara jenis masyarakat beserta bidang-bidangnya, yang bertujuan agar bisa menghasilkan persamaan-perbedaan dan sebab-akibat.

c.       Metode Studi kasus, yaitu metode pengamatan suatu keadaan kelompok, masyarakat,lembaga-lembaga ataupun individu.

 

2.      Metode Kuantitatif

Metode kuantitatif ialah metode yang dipelopori oleh emil durkheim. Dalam metode ini penilitiannya  menggunakan bahan-bahan berupa angka-angka sehingga gejala-gejala yang diteliti bisa diukur dengan neraca,skala, indeks, tabel dll.

Penelitiannya juga membangun asumsi bahwa realitas bisa dipahami secara sama.

3.      Metode induktif

Metode induktif adalah  metode ilmiah yang mempelajari suatu gejala secara khusus untuk mendapatkan kaidah-kaidah yang berlaku didalam lapangan yang lebih luas. Artinya data diambil, dikumpulkan, dianalisis, lalu dibuat kesimpulan.

 

4.      Metode deduktif

Metode deduktif adalah  metode ilmiah yang dimulai dari merumuskan kaidah-kaidah secara umum, lalu dipelajari secara khusus. Dengan kata lain metode deduktif  membuat kesimpulan umum terlebih dahulu lalu dibuktikan kebenarannya melalui penelitian.

5.      Metode empiris 

Metode empiris adalah metode ilmiah yang menyandarkan diri pada keadaan-keadaan yang ada didalam masyarakat. Metodenya dilakukan melalui penelitian-penelitian, yaitu dengan mempelajari masalah secara sistematis dan intensif agar mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak.

6.      Metode rasional

Metode rasional adalah metode yang mengutamakan logika pemikiran untuk mencapai pengertian tentang masalah-masalah kemasyarakatan. Metode ini didasarkan pada asumsi bahwa unsur yang membentuk masyarakat mempunyai hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi.  

 

Daftar pustaka

Setiadi. M, elly dan usman kolip. 2011. Pengantar sosiologi. Jakarta: kencana

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini