Sabtu, 19 Oktober 2013

Siti Utami KPI 1A Tugas6_MetodeSosiologi

Nama : Siti Utami P

Kelas : KPI 1A

Nim : 1113051000019

Metode-Metode dalam Sosiologi

1.      Metode Kualitatif dan Metode Kuantitatif.

a.       Metode Kualitatif adalah metode ilmiah yang mengutamakan bahan atau informasi yang nantinya akan diuji dengan berdasarkan tingkat kualitas data. Metode ini dikenal dengan metode historis dan metode kompratif yang hasil dari analisis dari gejala atas objek kajian sosologi lebih menekankan pada analisis peristiwa-pweristiwa sosial yang kemudian akan dirumuskan dalam prinsip-prinsip umum.

b.      Metode Kuantitatif lebih banyak adanya fariasi atas perbandingan antara bermacam-macam masyarakat dan bidang-bidangnya untuk memperoleh suatu kesimpulan atas perbedaan, persamaan dan sebabnya yang bertujuan untuk mendapat petunjuk tentang perilaku masyarakat, misalnya masyarakat modern dan masyarakat tradisional. Alat yang digunakan dalam metode ini adalah:

1.       Wawancara (interview) : yaitu metode tanya jawab antara peneliti dan responden (objek yang diteliti).

2.       Pertanyaan (Questionnary) : Yiatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara angket kepada responden untuk mendapatkan suatu informasi yang diperlukan.

3.       Daftar pertanyaan (Schedules) : menjadi alat penelitian berupa daftar pertanyaan yang akan ditanyakan kepada responden.

4.       Participant observer study : peneliti terjun langsung dalam kehidupan masyarakat yang diteliti tetapi tidak mempengaruhi kehidupan masyarakat tersebut dan bersifat natural.

 

2.      Metode Induktif dan Deduktif.

a.       Metode Induktif adalah metode ilmiah yang mempelajari suatu kejala secara khusus terlebih dahulu sehingga data diambil, disimpulkan, dianalisis dapat diambil dari pengumpulan data tersebut kemudian dapat dibuat kesimpulan.

b.      Metode Deduktif adalah metode yang membuat kesimpulan secara umum terlebih dahulu, lalu dari kesimpulan tersebut barulah dibuktikan kebenarannya melalui penelitian yang dilakukan.

 

3.      Metode Empiris dan Rasional.

a.       Metode empiris lebih menyandarkan diri pada keadaan-keadaan yang ada didalam masyarakat, dilakukan melalui penelitian-penelitian dengan mempelajari suatu masalah secara sistematis dan intensif untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas.

b.      Metode rasionalis lebih menggunakan logika pemikiran atas masalah-masalah kemasyarakatan.

 

4.      Metode Fungsionalis.

Metode fungsionalis adalah metode yang meneliti kegunaan lembaga-lembaga kemasyarakatan dan struktur sosialdalam masyarakat, dasar metode ini adalah adanya hubungan timbal balikyang saling memengaruhi, yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri bagi masyarakat.

 

 

Referensi:

Setiadi, Elly.M.2011.Pengantar Sosiologi,Jakarta:Kencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini