Selasa, 05 November 2013

Nur Fajrina_Laporan Lapangan Demografi di Rt 009/02 Cijantung

Laporan Lapangan Demografi di Rt 009/02 Cijantung
Makalah ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas Ujian Tengah Semester pada mata kuliah Demografi
 
 
Disusun oleh :
Nur Fajrina                1111054000009
 

A.   Gambaranumumlokasi
Gambaran umum lokasi yang akan digambarkan di dalam lingkungan Rt 009/02 Kelurahan Baru Kecamatan Pasar Rebo Cijantung, Jakarta Timur. Gambaran umum lokasi ini akan membahas tentang lingkungan serta fasititas-fasilitas yang ada di Rt 009/02.
1.    Lingkungan
Dalam pembahasan lingkungan, tentunya kita akan mengkaji beberapa aspek yang ada di lingkungan di Rt 009/02. Dimulai dari kebersihan lingkungan yang berada di sekitar rumah warga yang meliputi kebersihan depan jalanan di depan rumahnya sendiri. Warga tidak hanya membersihkan jalanan depan rumahnya akan tetapi warga tersebut menghiasi lingkungan rumahnya dengan berbagai macam pohonan dan merawat tumbuhan tersebut agar tampakhijau.
Di Rt 009/02 ini terdapat kali atau sungai yang berada tepat di samping lapangan, sungai atau kali ini tidak penuh dengan sampah, dikarenakan warga setempat sudah dihimpau sejak dahulu untuk tidak membuang sampah di kali atau suangai, selain itu warga Rt setempat sudah mempunyai pembuangan sampah tersendiri.
Di lingkungan ini juga terdapat sebuah pekarangan atau biasa di sebut dengan kebun kecil milik kopasus, dari pada lahan ini begitu saja ditelantarkan maka dari itu kebun ini dimanfaatkan oleh warga dengan menanam pepohonan salah satunya ada pohon pisang dan pohon singkong.
Keadaan selokan yang ada di Rt 009/02 cukup baik, tidak ada genangan sampah, ataupun meluap di saat banjir. Dikarenakan warga sekitar sering membersihkannya baik itu seminggu sekali ataupun di setiap paginya.
 
2.    Fasilitas
Fasilitas-fasilitas yang di sediakan di Rt 009/02 meliputi : pertama, adanya area lapangan yang tujuannya untuk penyediaan tempat dalam mengadakan berbagai acara, area lapangan ini berguna sebagai area multifungsi yang manabiasanya area ini dipakai untuk olahraga bulutangkis, tenis meja, senam, pencak silat, tempat parkir, perlombaan-perlombaan lainnya, selain itu area lapangan ini juga digunakan anak-anak untuk bermain baikitu orang dewasa bermain bola atau pun anak kecil yang sering menggunakan area ini untuk bermain. Kedua, adanya 2 pendopo yang berada di pinggir lapangan, pendopo ini berguna untuk beristirahat atau bersantai sore warga setempat. Ketiga, adanya masjid yang dipergunakan oleh warga sekitar untuk tempat beribadah umat islam dalam kesehariannya. Selain itu masjid ini juga dipergunakan untuk mengadakan pengajian-pengajian baik itu pengajian dari ibu-ibu sampai kepengajian anak-anak. Biasanya pengajian anak-anak rutin dilakukan pada sore hari, pengajian ibu-ibu rutin dilakukan setiap hari sabtu jam satu siang, dan untuk pengajian remaja dilakukan dalam sebulan sekali. Keempat, adanya TK Islam. TK Islam ini terletak di sebelah masjid, yang pada pagi hari ramai di datangi anak-anak kecil untuk belajar. Kelima, adanya tempat pemancingan. Tempat pemancingan ini biasa didatangkan oleh bapak-bapak yang umumnya bertempat tinggal di luarRt 009/02. Pemancingan ini buka pada jam empat sore dan tutup hingga larut malam.  Keenam, adanya rumah kecil atau balai kecil yang terletak di samping pemancingan, biasanya balai kecil ini digunakan oleh anak-anak remaja atau anak-anak karangtaruna untuk berkumpul dan bermusyawarah dalam mengadakan suatu kegiatan-kegiatan .Ketujuh, jalanan sudah beraspal di Rt009/02. Kedelapan, adanya rumah warga bagi warga yang menetap ataupun warga yang mengontrak atau musiman. Kesembilan, adanya tempat pembuangan sampah untuk warga, agar warga tersebut tidak membuang sampah di kali atau sungai. Tempat pembuangan sampah ini memusnahkan sampah-sampah warga sekitar dengan cara dibakar.
Dalam penyediaan fasilitas-fasilitas ini, warga sangat antusias dalam menjaga dan merawat lingkungannya mulai dari pekarangan rumah, sertajalan yang cukup baik dan bersih. Selain itu warga disini mengadakan gotong-royong dalam membersihkan lingkungan setempat di setiap minggunya dan mengadakan pemeriksaan jentik nyamuk setiap duaminggu sekali.
 
B.   Penyajian data-data
Data-data yang di kumpulkan pada lingkungan Rt 009/02 terbagi menjadi 3 kriteria. Pada kriteria yang pertama, penduduk bertempat tinggal yang menetap (mempunyai rumah sendiri) sekaligus mempunyai kartu keluarga yang berdomisili di Rt 009/02. Yang kedua, penduduk yang tidak bertempat tinggal menetap akan tetapi penduduk ini mengontrak dalam jangka waktu cukup lama dan mempunyai kartu keluarga yang berdomisili di Rt 009/02. Ketiga, penduduk yang  tidak bertempat tinggal menetap, mengontrak dan tinggal di lingkunan ini dalam jangka waktu yang relative sebentar atau bisa disebut dengan penduduk musiman. Pada data-data yang sudah dikumpulkan, terdapat 121 yang mempunyai kartu keluarga secara keseluruhan, dengan jumlah penduduk 514 orang.
C.   Metodelogi
Cara pengambilan data yang digunakan dalam pencatatan penduduk di lingkungan Rt 009/02 ini. Pertama-tama saya meminta izin kepada Rt setempat untuk mensesus penduduk di Rt 009/02, kemudian bapak Rt tersebut memberikan saya data-data KK ( Kartu Keluarga ) warga setempat. Pada kartu keluarga terdiri dari 3 kategori yang mana telah di sebutkan di atas. Di Rt 009/02 sebelumnya terdapat 105 kartu keluarga akan tetapi berubah setelah di sensus kempali pada 2013 menjadi 121 kartu keluarga.
Hari pertama saya sudah meminta izin kepada ketua Rt setempat untuk mellakukan sensus, kemudian tindakan selanjutnya saya mensensus data penduduk yang menetap terlebih dahulu dengan cara mendatangi rumanya masing-masing. Pada hari itu sangat melelahkan karena saya harus bolak-balik ke rumah warga dan meminta penjelasan apakan ada yang meninggal, melahirkan, pindah rumah, maupun ada pengungsi baru atau tidak. Setelah mencatat semua itu barulah selesai data-data yang ada untuk penduduk yang tetap dan memiliki rumah di wilayah ini. Dan tidak itu saja pada saya saat mensensus banyak sekali warga yang bertanya-tanya tentang buat apa kegiatan anda ini. Ada yang bilang atau bisa dikatakan menduga untuk pembagian bantuan dari pemerintah, ada yang bilang untuk kepentingan pemerintah, dan lain-lain. Saya pada saat itu hanya menjelaskan bahwa penyensusan ini untuk tugas kuliah demografi.
Begitupun hari selanjutnya saya menyelesaikan data penduduk yang mengontrak dan penduduk yang musiman tinggal di wilayah ini. Hal ini membuat saya agak sulit untuk menemui orang-orangnya dan saya harus bolak-balik tidak hari itu saya tiga hari saya menyelesaikan sensus penduduk yang mengontrak dan penduduk musiman. Di karenakan orang-orangnya jarang yang berada di rumah.
 
1.   Struktur Penduduk Dengan Piramidanya.
 
Priamida Penduduk Rt 009/02, Data Sensus Tahun 2013
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Nb :
-       Jumlah penduduk di Rt 009/02 terdapat : 514 0rang
-       Jumlah penduduk wanita terdapat : 237 orang
-       Jumlah penduduk laku-laki terdapat : 246 orang
-       Jumlah ibu yang melahirkan terdapat :10 orang
-       Jumlah anak yang usianya 0 tahun terdapat : 5 orang
-       Jumlah penduduk yang meninggal dunia terdapat : 5 orang
-       Jumlah penduduk yang migrasi ke luar Rt 009/02 terdapat : 16 orang
-       Jumlah penduduk yang migrasi masuk Rt 009/02 terdapat : 64 orang
 
 
2.   Angka Kematian Dengan Rata-Rata Penyebabnya.
Dalam menghitung angka kematian, di Rt 009/02 ini terdapat 5 orang yang telah meninggal dunia pada periode waktu tahun 2011-2013. Sedangkan angka kematian kasar atau CDR  bernilaikan angka 10 yang berarti ada 10 orang meninggal dari setiap 1000 penduduk di Rt tersebut, angka 10 ini juga berartikan angka kematian di Rt tersebut Sedang.
Penyebab kematian warga di Rt ini di karenakan umurnya sudah tua dan meninggalnya pun secara mendadak, dan tidak ada warga yang meninggal di sebabkan oleh sakit.
 
3.   Angka Kelahiran Dan Rata-Rata Ibu Yang Melahirkannya.
Dalam menghitung angka kelahiran, di Rt 009/02 ini terdapat 10 orang yang tengah hamil pada tahun 2013. Sedangkan angka kelahiran kasar atau CBR  bernilaikan angka 19 yang berarti ada 19 orang melahirkan dari setiap 1000 penduduk di Rt tersebut, angka 19 ini juga berartikan angka kelahiran di Rt tersebut Tinggi. Penyebab angka kelahiran kasarnya tinggi adalah banyaknya usia muda yang telah menikah dan ada pula dalam keluarga tidak cukup mempunyai anak dua.
 
4.   Angka Migrasi Dengan Tujuan-Tujuan Dan Bidang Pekerjaannya.
Angka mingrasi di Rt 009/02 terdapat 80 orang migrasi baik itu keluar ataupun masuk di dalam lingkungan Rt 009 ini. Bagi penduduk yang bermigrasi keluar dari lingkungan ini terdapat 16 orang, sedangkan bagi yang bermigrasi masuk ke dalam lingkungan ini terdapat 64 orang. Adapun tujuan-tujuan para transmigran yang keluar dari lingkungan Rt disini, mereka sebagian besar berpindah di karenakan sudah mempunyai rumah yang tetap dan ikut dengan suami, sedangkan 7 orang lainnya berpindah ke kampung halamannya.
Para transmigran yang masuk di dalam lingkungan ini dari mereka kebanyakan bertujuan untuk mengadu nasip di jakarta, dan banyak sekali diantara mereka yang bekerja menjadi buruh-buruh pabrik di sekitar Pasar Rebo – Ciracas, sopir, tukang ojek, warung, dan banyak juga diantara mereka bertransmigran ke lingkungan disini untuk menjadi calon TNI.
Dalam menghitung angka migrasi, di Rt 009/02 ini terdapat 80 orang baik itu migrasi keluar maupun masuk ke wilayah ini pada tahun 2013. Sedangkan angka migrasi kasar bernilaikan angka 93 yang berarti ada 93 orang bermigrasi dari setiap 1000 penduduk di Rt tersebut, angka 93 ini juga berartikan angka migrasi di Rt tersebut Tinggi sekali.
 
C.  Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat di ambil dari laporan lapangan di lingkungan Rt 009/02 cijantung ini, para warga sudah dapat menjaga lingkungan sekitar baik itu dari keinginan diri sendiri maupun adanya peraturan gotong royong untuk membersihkan lingkungan di setiap minggunya. Kondisi lingkungan, jalan, serta sungai pun terjaga sehingga menjadi bersih, tidak ada sampah yang berserakan di jalan, sungai atau kali.  Fasilitas-fasilitas umumnya pun di jaga oleh warga sekitar agar tidak rusak, dan di bersihkan setiap hari bagi individu dan minggunya.
Sedangkan maslah jumlah penduduk di lingkungan ini tidak terlalu padat oleh penduduk. Angka kematian pada sensus tahun ini terdapat 5 orng yang meninggal dunia dan 10 orang ibu melahirkan. Sedangkan angka mingrasi pada sensus kali ini, terdapat 80 orang para transmigran. Baik itu yang bermigrasi keluar dari lingkungan ini maupun bermigrasi masuk ke dalam lingkungan Rt disini. Tercatat 16 orang yang bermigrasi keluar dari lingkungan dan 64 orang yang masuk ke dalam lingkungan ini. Hal ini di pegaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yang paling banyak untuk bermigrasi adalah tujuan pekerjaan yang paling utama.
Pada angka kematian kasar terdapat angka 10 yang menandakan angka kematian tersebut bernilai Sedang, pada angka kelahiran kasar terdapat angka 19 yang menandakan angka tersebut bernilai Tinggi, sedangkan pada tingkat migrasi angka kasarnya terdapat 93 yakni menunjukan tingkat migrasi yang Tinggi sekali.


D.   Dokumentasi Lingkungan Rt 009/02
1.    Lingkungan Sekitar
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Beberapa gambar tentang keadaan jalanan, sungai, kebersihan, dan penghijauan di sekitar pekarangan
 
 
 
 
 
 
2.    Fasilitas-fasilitas umum
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Ini gambaran dari fasilitas-fasilitas umum yang ada di Rt 009/02 diantaranya ada TK Islam, masjid, lapangan, 2 pendopo, tempat pemancingan, kebun, tempat kontrakan, balai warga, dan tempat pembuangan sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini