Selasa, 05 November 2013

NUR HALIMAH_PMI5_UTS Demografi_Sensus RT 002 Cicayur


NUR HALIMAH (PMI 5)
LAPORAN SENSUS RT 002 RW 001 KP. CICAYUR KEL. CISAUK KEC.CISAUK KAB. TANGERANG PROV.BANTEN
BAB I
GAMBARAN UMUM LOKASI
RT 002 RW 001 Kp. Cicayur Kel. Cisauk Kec. Cisauk Kab. Tangerang Prov. Banten
A.       Lingkungan
Berbicara tentang demografi tentunya juga akan membahas mengenai fertilitas, mortalitas dan migrasi. Dari beberapa hal yang berkaitan dengan demografi tersebut tentunya juga akan bersinggungan dengan beberapa aspek yang bersinggungan dengan lingkungan, seperti kebersihan dan keamanan. Dalam lingkungan tentunya juga akan mencakup beberapa hal, mulai dari alam, sungai, selokan, kebun dan lain-lain.

Walaupun dalam sebutan desa/kampung, tetapi hal-hal yang menjadi ciri-ciri sebuah desa/kampung seperti sungai, sawah, kebun semakin kesini jumlahnya semakin berkurang, lahan-lahan kosong untuk perkebunan makin menyempit, bahkan lahan kosong seperti lapanganpun sudah tidak ada. Hanya tersisa sungai kecil yang menjadi penghubung antara aliran-aliran air sawah, keadaannyapun tidak lebih baik, karena kurangnya kesadaran dari individu masyarakatnya. Gotong royong yang menjadi identitas sebuah desa atau kampung, kini sudah tidak diterapkan lagi di RT 002 ini, sehingga keadaan  selokan kurang terurus, kini hanya mengandalkan kesadaran masing-masing individu saja untuk membersihkannya.
  Sungai dan kebun sudah mulai tidak ada, karena banyaknya pembangunan-pembangunan rumah yang dilakukan oleh para pendatang. Pembangunan perumahan yang dilakukan BSD mengakibatkann banyaknya penduduk pindah dan membangun rumah di kampung Cicayur RT 002, sehingga lahan-lahan kosong seperti kebun, sawah menjadi sasaran untuk membangun rumah kembali, tetapi tidak semua warga merelakan lahannya begitu saja, ada sebagian warga yang tetap mempertahankan lahan sawahnya.
B.   Fasilitas
Kampung cicayur Rt 002 Rw 001 kel. Cisauk Kec.Cisauk kab. Tangerang ini berada tidak jauh dari pusat kota Tangerang, RT yang berjumlah 418 jiwa ini tidak terlalu luas daerahnya, namun pendatangyang membangun rumah dan menambah padat RT 002, Karena  letaknya strategis dekat dengan jalan raya dan stasiun kereta api yang dapat mempermudah aktifitas masyarakat yang dilakukan di luar rumah. Untuk sarana pendidikanpun letaknya strategis, karena di RT 002 ini ada MTS, SD, MI, paud, TK dan SMP yang letaknya sangat dekat, walaupun SMPnya tidak terletak di RT 002.
Untuk MCK di kampung cicayur RT 002 ini kebanyakan sudah dimiliki oleh masing-masing rumah dan berada di dalam rumah, walau ada sebagian kecil tempat buang air besarnya di rumahnya berada di luar atau masih menggunakan jamban. Sedangkan keadaan jalan di kampung cicayur RT 002 ini keadaannya lumayan nyaman, jalan di sekitar rumah sudah di unblok, namun ada sebagian yang sudah rusak karena dilewati oleh mobil truk yang menganggkut bahan-bahan bangunan yang terlalu banyak. Ada juga yang warga yang jutru tidak mau kalau jalan halaman rumahnya di unblok, alasannya karena kendaraan seperti motor yang melewatinya akan seenaknya atau kebut-kebutan. 
BAB II
METODE PENGAMBILAN DATA
1.    Sensus
Cara pengambilan data sensus yang saya lakukan adalah, pertama saya memutuskan untuk tidak langsung mendatangi rumah-rumah warga, karena beberapa hal yang tidak memungikinkan seperti waktu, yang membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk itu saya memilih untuk mendatangi ketua RT setempat dan berkonsultasi dengan beliau baiknya bagaimana, dan meminta izin untuk meminjam data kapendudukan seperti kartu keluarga dari RT 002 ini.
Tidak hanya itu, saya juga mewawancarai beberapa orang seperti ibu RT, tetangga dan ibu saya sendiri  untuk memperkuat data. Dari percakapan saya dengan ibu RT banyak mendapatkan informasi tidak hanya terkait dengan masalah penyensusan, tetapi juga menyangkut permasalahan yang ada di RT 002 dan problem pa RT dalam melaksanakan tugasnya sebagai ketua di RT tersebut, yaitu diantaranya masalah struktur sosial dan kekuasaan yang dipegang penuh oleh orang-orang yang memiliki harta yang lebih.
2.         Survai
Pelaksanaan survai untuk mengumpulkan data sangatlah bermanfaat, tidak hanya mendata dari kartu keluarga, tetapi saya melengkapi data saya dengan menggunakan teknik survai pada tipe satu, yaitu survai bertahap tunggal. Dimana saya mendatangi beberapa wanita atau ibu-ibu untuk mengajukan pertanyaan seputar jumlah anak yang lahir  dan anak yang lahir dalam keadaan hidup ataupun mat pada saat survai dilakukan.
BAB III
PENYAJIAN DATA
A.    Struktur Penduduk Dengan Piramida
LK                    PR
0-2
             17
-              8
3 - 5
             11
-            11
6 - 13
             40
-            38
14 - 17
             12
-            13
18 - 25
             29
-            33
26 - 55
             90
-            96
55 - >
             15
-              6



Dengan rician jumlah laki-laki diatas adalah 214 jiwa , sedangkan jumlah perempuan 204 jiwa
B.    Angka Kelahiran Dengan Rata-rata Ibu Yang Melahirkan
Jumlah Lahir Hidup pada tahun tsb
9
Ptt (Jumlah penduduk tengah tahun) yang sama
418
Pengali (1000)
1.000
CBR
22
Jumlah angka kelahiran selama 2013 di kampung cicayur Rt 002 hanya 9 orang dari 418 jiwa , sedangkan jumlah angka kelahiran kasarnya 22, yang artinya jumlah kelahiran di kampung cicayur RT 002 ini tinggi. Adapun rata-rata penyebabnya kebanyakan perempuan yang hamil yang menikah di usia muda.  
C.   Angka Kematian Dengan Rata-rata Penyebabnya
Jumlah yang meninggal pada tahun tsb
2
Ptt (Jumlah penduduk tengah tahun) yang sama
418
Pengali (1000)
1.000
CBR
5
Jumlah angka kematian selama 2013 di kampung cicayur Rt 002 hanya 2 orang dari 418 jiwa , sedangkan jumlah angka kelahiran kasarnya 4, yang artinya jumlah kelahiran di kampung cicayur RT 002 ini sangat rendah. Rata-rat kematian sebabkan oleh penyakit yang kronis dan umur yang sudah tua.
D.   Angka Migrasi Dengan Tujuan-tujuan Dan Bidang Pekerjaannya
Migran Masuk
27
migran keluar
6
Total jumlah penduduk
418
Angka pengali (1000)
1.000

50
Jumlah angka migran yang masuk lumayan banyak ada 27 keluarga, sedangkan migran ada 6 keluarga, sedangkan jumlah migrasi sebanyak 50, artinya jumlah migrasi di kampung cicayur RT 002 tinggi, adapun beberapa penyebabnya:
-       Karena banyaknya kontrakan di RT 002 RW 001 Kampung Cicayur
-       Karena menikah, ada yang mengikuti dengan suaminya dan sebaliknya ada yang mengikuti istrinya
-       Bercerai, ada yang bercerai hidup dan bercerai meninggal
-       Ada juga yang kartu keluarganya di kampung cicayur Rt 002, tetapi tinggal di
 kampung lain.
-       Karena pekerjaan, seperti berdagang dan karyawan
BAB IV
KESIMPULAN
Kampung cicayur RT 002 dihuni oleh 418 jiwa dari 96 kepala keluarga, dengan rincian:
-        Jumlah penduduk tetap  dan memiliki kartu keluarga Kampung cicayur RT 002 ada 59 kepala keluarga
-        Jumlah penduduk pindahan dan memiliki kartu keluarga Kampung cicayur RT 002 ada 31 kepala keluarga
-        Jumlah penduduk pindahan tetapi tidak memiliki kartu keluarga Kampung cicayur RT 002 ada 6 kepala keluarga
Sedangkan angka migrasi di kampung cicayur RT 002 tinggi, karena jumlah migrasinya 50 , selain itu angka kelahiran selama  tahun 2013 di kampung cicayur RT 002 tinggi, karena jumlah angka kasarnya mencapai 18. Berbeda dengan angka kematian di kampung cicayur RT 002 rendah, karena jumlah angka kasarnya mencapai 4.
Bentuk piramida di atas menggambarkan bahwa angka kematian yang rendah  dan angka kelahiran yang yang tidak terlalu tinggi, hal tersebut akan mengakibatkan krisisnya generasi penerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini