Senin, 11 November 2013

IKA SEPTI TRISNOWATI (PMI.7)_TUGAS DEMOGRAFI_ANALISA PIRAMIDA PENDUDUK

IKA SEPTI TRISNOWATI (PMI.7)_TUGAS DEMOGRAFI_ANALISA PIRAMIDA PENDUDUK (Wilayah RT 002/010, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan)

Berhubungan dengan tugas Demografi sebelumnya yakni studi lapangan mengenai Demografi di wilayah tempat tinggal. Berdasarkan sumber data yang didapat, dan kemudian dihitung berdasarkan rumus yang ada. Serta dengan menggunakan tabel usia penduduk dari 0 tahun hingga 55+ tahun. Didapatlah piramida penduduk sebagai berikut:

Analisa Piramida Penduduk:
Dari gambaran piramida penduduk tersebut, gambarnya hampir menyerupai "layang-layang" atau disebut konstruktive. Gambaran piramida penduduk tersebut merupakan hasil dari data yang didapat di wilayah RT 002/010, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.
Analisa dari gambar piramida tersebut, di mana pada usia balita 0 tahun hingga 25 tahun. Jumlah angkanya tidak banyak, oleh karena itu gambarnya merucut pada bagian bawah. Namun pada usia 26 tahun hingga 54 tahun, pada usia tersebut berjumlah lebih dari 100 jiwa, baik dari penduduk laki-laki dan juga penduduk perempuan. Hal demikian terjadi, karena memang di wilayah RT 002/010, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dari narasumber, bahwasanya pada tahun 80-an mulai berkembangnya wilayah tersebut. Karena sebelum banyak warga yang mendiami wilayah tersebut. Wilayah tersebut masih sepi dan banyak pohon-pohon rindang. Sejak mulai tahun 80-an itu, mulai banyak warga yang mendiami wilayah tersebut. Dan pada masa tersebut, angka balita hingga usia kisaran 20 tahun cukup tinggi. Oleh karena itu, pada tahun 2013 ini usia produktif dari 26 tahun hingga 54 tahun mendominasi.
Pada waktu pula, banyak warga yang sudah berumah tangga. Kebanyakan dari mereka memiliki lebih dari dua anak. Oleh karena itu, saat usia dari anak-anak tersebut beranjak dewasa. Usia mereka mendominasi wilayah tersebut. Dan memang itu sesuai dengan keadaan sebenarnya saat ini. Hanya tinggal beberapa saja penduduk usia di atas 55 tahun. Yang biasa dianggap sesepuh atau yang di-tua-kan. Selebihnya yakni dari usia dominan tersebut yakni 26 tahun hingga 54 tahun. Di mana pada usia itu, kebanyakan penduduknya sudah berumah tangga. Termasuk yang menjadi ketua RW 010, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Merupakan warga dari RT 002/010, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan; yang baru berusia 30 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini