Minggu, 06 April 2014

Proposal

PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

AHMAD AFANDI                 111105400007

PROPOSAL EKOLOGI MANUSIA
"PEMANFAATAN LIMBAH SAMPAH BOTOL PLASTIK DI SEKITAR PERUMAHAN MASYARAKAT DAN MAHASISWA"
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
            Daur ulang sampah plastik sangat berperan untuk mengurangi dampak pencemaran kemasan plastik terhadap lingkungan. . Sebagaimana kita ketahui, selain sampah organik yang kemudian umumnya dimanfaatkan sebagai kompos, ada juga sampah non organik atau disebut juga sampah yang tidak dapat hancur, di antaranya limbah kemasan plastik. Dengan itu kita dapat mengubahnya menjadi barang barang kerajinan daur ulang bernilai ekonomis.
            Bersumber dari pemakai dan konsumen minuman botol-botol sehari-hari, dan merujuk sebuah peluang mendapatkan kesempatan untuk berkreasi dan berinovasi. Saya akan membuat sebuah kegiatan dengan baang bekas botol-botol plastik yang bisa dimanfaaatkan bagi para pemungut botol-botol plastik. Melihat kegiatan para pemungut ini saya berencana untuk melakukan kegiatan-kegiatan ini. Pemanfaatan plastik daur ulang dalam pembuatan kembali barang-barang plastik telah berkembang pesat. Hampir seluruh jenis limbah plastik. dapat diproses kembali menjadi barang semula walaupun harus dilakukan pencampuran dengan bahan baku baru dan additive untuk meningkatkan kualitas. Pemanfaatan limbah plastic seperti botol plastik merupakan upaya menekan pembuangan plastik seminimal mungkin dan dalam batas tertentu menghemat sumber daya dan mengurangi ketergantungan bahan baku impor.
B.     Rumusan Masalah
            Pokok permasalahan merupakan penjabaran dari tema sentral adalah yang menjadi beberapa sub masalah yang spesifik, yang dirumuskan dalam kalimat pertanyaan. Maka yang menjadi pokok permasalahan sebagai berikiut:
1.      Bagaimana cara mengaplikasikan kegitan pemungutan botol-botol plastik bekas?
 
 
C.     Tujuan
Tujuan dari pada proposal yang saya buat adalah melengkapkan tugas mata kuliah ekologi manusia serta untuk meningkatakan tingkat kesadaran seseorang terhadap lingkungan seberapa pentingnya memelihara lingkungan sekitar dan memperdayakan masyarakat sekitar. Secara alamiyah manusia akan mempertahankan keberadaanya di alam dalam kondisi lingkungan yang aman dan nyaman seoptimal mungkin.
D.    Manfaat
            Secara konseptual pengertian kesehatan manusia dan kemampuan untuk menjaganya dikaitkan pada kemampuan untuk mengalikasikan dan mengorganisasikan SDM dan SDA sekitarnya. Oleh karena itu, manfaat dari pembuatan proposal ini adalah disamping menyelesaikan tugas mata kuliah Ekologi Manusia mengurangi pembuangan limbah sampah seperti botol-botol plastik yang bisa didaur ulang dan dibuat kreasi sebagai pemberdayaan pemulung.
PEMBAHASAN
  Daur ulang merupakan proses dari bahan baku yang sudah tidak berguna menjadi bahan baku yang berguna, mengurangi sampah yang ada, dan mengurangi penggunaan energi serta pencemaran lingkungan. Kesadaran individu atau masyarakat terhadap lingkungan tidaka hanya bagaimana menciptakan suatu yang indah atau bersih aja, akan tetapi ini sudah masuk pada kewajiban manusia untuk menghormati  hak-hak orang lain.
Pengaplikasian kegiatan pemungutan sampah botol-botol plastik di perumahan atau kos-kosan. Daerah yang kita ambil untuk melekukan kegiatan ini adalah di Jl. Pesanggrahan tempat perumahan masyarakat dan kos-kosan mahasiswa, Oleh karena itu, tindakan suatu kelompok yang hanya ingin menggapai keuntungan pribadi saja sebaiknya juga harus meletakan rasa toleransi ini. Dengan menyewakan beberapa pemulung yang sehari-harinya mengambil botol bekas. Dan menyebarkan informasi tentang pemilihan samapah perumahan atau kosan antara limbah sampah dan botol plastik bekas. Pekerjaan ini tidak hanya dikerjakan oleh para pemulung sampah akan tetapi bisa dikerjakan oleh para mahasiswa ataupun masyarakat sekitar. Toleransi atau sikap tenggang rasa adalah suatu bagian dari konsekuensi logis dari kita hidup bersama sebagai makhluk sosial. Manusia merupakan makhluk sosial yang perlu menghargai satu dan lainnya. Demikian juga hanya dengan perspektif lingkungan, hal yang sama juga berlaku disini.
 
DAFATAR PUSTAKA
Soeryo Adi Wibowo (2007), "Ekologi Manisia", Fakultas Ekologi Manusia IPB, Bogor.
Johan Iskandar (2011), "Upaya Pelestarian Ekologi Tatar Sunda", Yayasan Kebudayaan Rancage, Gedung Merdeka.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini