Minggu, 06 April 2014

Rizkia Indriyani_Tugas 4_Metode Sosiologi

Metode sosiologi terbagi menjadi menjadi 2, yaitu :

1.         Metode Kualitatif, suatu metode yang mengutamakan hasil pengamatan yang sulit diukur dengan angka atau tidak dapat diukur secara sistematis walaupun kejadian tersebut nyata terjadi dalam kehidupan masyarakat.

 

Yang termasuk kedalam metode sosiologi ialah:

·           Metode historis adalah cara penelitian yang analisis datanya berdasarkan peristiwa masa lalu untuk merumuskan atau mengetahui kejadian tersebut.

·           Metode komparatif, ialah suatu penelitian dengan cara membandingkan antara situasi masyarakat satu dengan yang lainnya. Tujuannya ialah untuk menemukan persamaan dan perbedaan dan penyebab mengapa terjadi kondisi sedemikian itu.

·           Metode Studi Kasus (case study), penelitian yang pusat perhatiannya kepada gejala sosial (fenomenanya) yang nyata terjadi dalam masyarakat. Yang kemudian dicermati melalui keadaan masyarakatnya tentang persoalan atau kasus tertentu, baik dalam lembaga kelompok, ataupun individu. Cara pelaksanaannya melalui wawancara, dimana pengamat harus benar-benar memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan masyarakatnya tersebut.

·            

 

2.         Metode Kuantitatif adalah suatu cara penelitian yang dalam penelitiannya mengutamakan keterangan  berdasarkan angka-angka . Masalah/gejala yang diteliti diukur berdasarkan skala, tabel, indeks, atau formula-formula tertentu yang cenderung datanya bersifat statistik.

 

Beberapa macam metode yang digunakan dalam metode kuantitatif adalah:

1.         Metode deduktif, suatu metode yang dimulai dari kaidah-kaidah yang berlaku umum kemudian dipelajaru dalam keadaan yang bersifat lebih khusus.

2.         Metode induktif adalah metode yang mempelajari suatu gejala khusus untuk mendapatkan hasil kesimpulan yang bersifat lebih umum.

3.         Metode empiris adalah metode yang lebih mengutamakan keadaan yang benar-benar nyata terjadi didalam masyarakat.

4.         Metode rasional merupakan metode yang mengutamakan penalaran dan logika akal sehat untuk mendapatkan sebuah pengertian tentang  masalah yang berkaitan dengan masyarakat.

5.         Metode fungsional yaitu metode yang digunakan untuk menilai kegunaan/fungsi lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat dan struktur sosial masyarakat.

 

 

Tema Rencana Penelitian:

1.         Banyak nya remaja yang hamil diluar nikah akibat pergaulan dan kurangnya pengawasan orang tua

2.         Maraknya genk motor yang mengganggu kenyamanan pengendara lain

3.         Pembangunan yang mengakibatkan berkurangnya lahan pembuangan sampah dan saluran air

4.         Warung remang-remang yang menyediakan gadis penjual diri

5.         Jalan berlubang disepanjang jalan Perempatan Gaplek, Pamulang, Tangsel

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini