Minggu, 02 Desember 2012

M.HIDAYATUL MUNIR KPI 1E LAP.1Tokoh perubah sosiaL

LAPORAN LAPANGAN 1
TOKOH PERUBAH KEHIDUPAN SOSIAL
Nama:M.Hidayatul Munir
NIM : 1112051000131
 
I.) Latar Belakang
               Perubahan sosial dapat dibayangkan sebagai perubahan yang terjadi di dalam atau mencakup sistem sosial. Lebih tepatnya, terdapat perbedaan antara keadaan sistem tertentu dalam jangka waktu berlainan. Berbicara tentang perubahan, kita membayangkan sesuatu yang terjadi setelah jangka waktu tertentu; kita berurusan dengan perbedaan keadaan yang diamati antara sebelum dan sesudah jangka waktu tertentu. Perubahan sosial adalah setiap perubahan yang tak terulang dari sistem sosial sebagai satu kesatuan
 
               Salah satu adala perubahan social adalah pendidikan,karena pendidikan yang menjadikan kita tidak tahu menjadi tahu,Pendidikan juga merupakan suatu lembaga social utuk pendidikan anak-anak sampai perguruan tinggi.Disamping itu pula pendidikan dapat merubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.Karena manusia yang tidak  berpendidikan itu akan menjadikan kegelapan,kebodohan dalam hidupnya.
 
              Dan menurut Ustad Syaiful seorang tokoh perubah social di masyarakat beliau beranggapan pendidikan agama itu sangatlah penting,karena apabila seseorang tidak mendapat pendidikan agama dengan benar maka dalam kehidupannya akan berantakan,terutama dalam agama islam apabila tidak bisa membaca Al-Qur'an sangal rugi sekali orang itu,karena membaca Al-qur'an kita bisa sedikit-sedikit tahu makna firman Allah.
 
             Ustad Syaiful juga beranggapan anak-anak itu bagaikan kertas putih,yang dimana kertas  tersebut diisi dengan apa yang menggambarkan criteria kertas tersebut,begitu pula anak-anak itu mendapat pelajaran dari keluarga dan lingkungan sekitarnya.Karena dengan hal itu anak-anak tahu criteria mereka yang baik dan buruk.
 
II.) Pertanyaan Pokok Penelitian
      1.Bagaimana hubungan seorang Ustad dalam berinteraksi dengan masyarakat sehingga timbul  perubahan social?
 
III.) Metode Penelitian
Metode penelitian: kualitatif
Lokasi penelitian: TPA Nurul Islam Jln.Tanah Kusir 3 Kebayoran lama
Waktu penelitian: 1 Desember 2012
  
IV.) Gambaran Subyek/Obyek Penelitian
         Ustad Syaiful beliau adalah seorang tokoh agama di masyarakat,yang berperan megajari anak-anak membaca Al-Qur'an dan membina anak-anak dari tahun 2002 sampai sekarang.Dan tokoh perubah social dari anak-anak sampai orang tua.
 
V.) Analisis
             Setelah kami analisa bahwa Ustad Syaiful dalam berhubungan masyarakat adalah dengan metode pendekatan.Karena dengan pendekatan kita tahu bagaimana kondisi masyarakat yang sebenarnya dan bisa tahu bagaimana masyarakat bisa mengikuti apa yang kita serukan.Dan juga kita dalam bermasyarakat tidak langsung dapat mengenal criteria mereka dan apa yang mereka inginkan dari kita.
           
              Ustad syaiful juga dalam membina masyarakat yang pertama ia lakukan adalah lingkungan sekitar dan keluarga dari masing-masing warga.Sehingga ia bisa mengadakan pengajian Al-Qur'an untuk anak-anak.
           
            Hubungan seorang Guru dengan anak didiknya harus harmonis karena dengan hal itu satu sama lain merasakan nyaman ketika mengajar dan di ajar.Dalam mengajar pun tidak asal ngajar tapi harus memahami yang diajar karena pemahaman seseorang dengan yang lain itu berbeda-beda.Dan apabila mengajar lebih mengutamakan yang paling tidak paham dalam materi pelajaran atau paling bodoh.
               Dalam perubahan social pun kita harus tahu bahwa masyarakat tidak lepas dari yang namanya usur kebudayaan  semisal adat istiadat di dalam masyarakat daerah setempat.Dan juga kestabilan dalam kesepakatn bersama.Seperti tadi Ustad Syaiful dengan metode pendekatan masyarakat dengan keluarga masing-masing warga sehingga setelah dekat bisa adanya kesepakatan untuk mengadakan suatu kegiatan pengajian untuk anak-anak.
                     
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini