Minggu, 02 Desember 2012

Tugas 11 / Fitri Permata Sari / KPI 1 E

PERUBAHAN BESAR DARI SEBUAH TARIAN KECIL
 
Nama    : Fitri Permata Sari
NIM       : 1112051000151
Tema     : Sosok Pengubah
 
1.       Latar Belakang
Shuffle Dance merupakan suatu tarian  yang berasal dari negara Australia sejak tahun 2006. Dan mulai populer sejak tahun 2009 di beberapa negara eropa seperti Jerman dan juga di beberapa negara asia seperti Malaysia, Singapura, Cina, dan Indonesia tentu nya. Jenis tarian yang satu ini lebih mengandalkan pada gerakan kaki dan sedikit beberapa gerakan tangan sebagai improvisasi nya. Gerakan dasarnya yaitu running man, gerakan ini seperti orang sedang berjalan/berlari namun di tempat, dan ada beberapa gerakan lain seperti kick, slide, glide, spin dan masih banyak gerakan lainnya.  Di Indonesia jenis tarian ini pun sudah mulai cukup populer dan sedang booming di masyarakat, karena gerakan nya yang mungkin cukup mudah di pelajari sehingga mulai dari kalangan anak kecil sampai orang dewasa bisa melakukan nya.
 
2.       Pertanyaan Pokok
1.  Motivasi apa yang membuat anda masih melakukan tarian ini hingga sampai saat ini?
2. Apa ada pengaruh nya shuffle dance ini bagi orang banyak?
 
 
3.       Metode Penelitian
Metode               : Kualitatif, metode yang dapat menggali informasi dengan berhadapan langsung dengan narasumber yang terpercaya membuat ketepatan dan keakuratan isi dari wawancara.
Waktu                   : Jumat, 30 November 2012 . jam 19.00
Tempat                                : optik international Fatmawati, Jakarta Selatan (tempat latihan tim Kantality Squad)
 
4.      Gambaran Tokoh
Narasumber, Rangga Kusumaputra selaku Ketua Komunitas Shuffle Dance Tim Kantality Squad
  
5.       Analisis
 
1. Bagi saya, tarian ini bukan hanya sekedar tarian, namun sesuatu yang sudah memberikan banyak perubahan di dalam hidup saya, dan itu lah alasan mengapa saya masih aktif di dunia shuffle dance ini hingga sekarang. Sebagai contoh, dengan melakukan tarian ini saya dapat menghasilkan pendapatan walaupun nominal nya tidak cukup besar. Hal lain yang menjadi motivasi saya karena selain tarian ini sangat mudah di pelajari dan dikembangkan juga karena dapat di lakukan di mana saja, dan tidak membutuhkan peralatan yang banyak dan tempat yang luas, tarian ini dapat di lakukan di lapangan, rumah, bahkan di kamar mandi pun kita dapat melakukannya.   Dan juga saat melakukan tarian ini saya seperti merasakan sesuatu yang hidup dan memberikan kesenangan sekaligus kepuasan tersendiri.
 
2. Sangat ada, selain memberikan kesenangan bagi orang yang melihatnya , tarian ini pun juga ternyata memberikan manfaat yang mungkin dapat di bilang cukup banyak. Karena terorganisir secara baik di dalam sebuah komunitas, contoh nya sebagai sarana mengembangkan kreatifitas dan bakat terpendam yang di miliki dari setiap orang yang menginginkan atau mempunyai tekad untuk belajar tarian shuffle dance ini dan beberapa jenis tarian lainnya,  selain dari setiap anggota diajarkan bagaimana cara melakukan tarian tersebut, mereka juga diberitahu bagaimana cara berorganisasi yang baik, dalam hal ini adalah berorganisasi dalam sebuah komunitas. Banyak juga hal-hal yang bermanfaat bagi orang banyak dengan contoh hasil dari memenangkan sebuah kompetisi yang hadiahnya untuk orang-orang yang tidak mampu dan membutuhkan. Walaupun ada saja beberapa orang yang menganggap rendah dan memandang sebelah mata dari tarian yang mereka lakukan, namun di balik itu ada sebuah hal yang tidak bisa terbayar oleh apapun dan sangat bermanfaat bagi diri pribadi mereka, yaitu "Pengalaman".
......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini