Selasa, 23 April 2013

Penyelamatan Harimau_Moch. Irfan Jaya & Rendy. Syaputra


Menyelamatkan harimau
Harimau demikian besar dan kuat, bil kita meliat binatang itu di alam bebas. Tubuhnya yang seberat 250 kg itu tidak anya memenuhi mata kita saja tetapi juga mengisi seluru hutan di sekitarnya, jika harimau mengaum, aumanya membela angkasa.
DR, Karanth, seorang ahli harimau dari india, memimpin upaya wildlife conservation societydi india untuk membantu menyelamatkan harimau, satu spesies yang mendekati kepunahan. Menurut karanth sekarang hanya tinggal sekitar tiga sampai lima ribu ekor harimau saja lagi di bumi kita ini-sembilan puuh lima persen lebih kecil dibandingkan dengan keadaan pada awal abad ke-20,. Pada mulanya. Ada delapan subspesies harimau. Harimau java, caspia, dan bali sekarang suda punah.lima subspesies lainnya-subspesies cina selatan, siberia, indocina, dan india- menghadapi masa depan yang suram.
Upaya dunia internasional untuk menyelamatkan harimau banyak mengalami hambatan, sebagian karna tidak ada data mengenai harimau, kata karanth. Meskipun harimau, dengan mukanya yang besar, bulat, dan kumis yang memeberikan muka tersenyu itu, suda ada di muka bumi sejak ratusan riba taun yang lalu, namun kajian-kajian tentang harimau di alam bebas belum pernah berasil dilakukan. Harimau punya kebiasaan mengindari manusia.
Kata karanth." yang penting untuk memahami harimau atau singan atau binatang jenis....besar lainnya, atau binatang pemangsa, adalah memahami hewan mangsanya. Arimau tidak makan pohon besar atau rumput. Arimau hidup dari membunu ewan lain, harimau tidak hidp terpisah dari habitatnya. Harimau hidup dalam masyarakat hewan pemangsa lainnya yang sangat rumit, termasuk harimau kumbang dan anjing hutan. Jadi tujuan pertama saya adalah menyelidiki mangsa-mangsa harimau.
Harimau, berbeda dengan keluarga kucinglainnya, pandai berenang, dan mau merenangi sungai, jika perlu, ntuk mengejar mangsanya. Harimau tidak segan-segan menyergap  binatang seberat satu ton dan liar dan seperti kerbau,  yang dinamakan gaur, tetapi menghindari gajah,  kerbau dwasa dan beruang,  dan beberapa bintang yang mampu mengalahkan harimau,bila mangsanya telah tumbang taringnya yang seperti pisau itu dengan cepat menyembelih leher atau mengoyak tubuh magsanya. Harimau yang besar panjangnnya tiga meter dari hidung ke ekornya, beratnya 250 kg atau lebih dan makan daging sebanyak 30 kg setiap malam, atau setara dengan lima puluh ekor kijang  atau babihutan setiap tahun . harimau betina yang sedang membesarkan anak  membutuhkan lebih lagi- sekitar 70 hingga 75 mangsa setiap tahun.
" jadi bila kita berbicar tentang populasi tentang harimau yang besar dan padat, kita bicara tentang mempertahankan populasi  hewan mangsanya yang cukup tinggi," kata karanth. Ia mulai menghitung besarnya hewan mangsa yang tersedia di nagarahole park," sebuah surga di tengah-tengah lautan manusia. Sembilan puluh enam persen dari negri ini di peruntukan bagi manusia. Hanya empat persen untuk taman dan hewan. Yang empat persen itu tidak boleh tidak harus di pertahankan." Hutam lembab taman itu yang sangat rimbun barangkali dari salah sat habitat yang terbaik di dunia ini bagi harimau; harimau suka sekali hutan yang lembab dan lebat seperti ini.banyak hewan mamalia lainnya –makanan harimau- yang juga suka hutan jenis ini. " berkelana di wilayah harimau tidak berbahaya, biasanya," katanya." Harimau termasuk binatang penakut dan cendrung menghindari manusia yang berjalan kaki,walau ada kekecualian,kami lebih khwatir kalo ketemu gajah.gajah bintang paling berbahaya kalau kita sedang berjalan kaki."
Harimau menghadapi persaingan keras sepanjang menyangkut hewan makananya dari penduduk desa-desa sekitar."penduduk masuk hutan di sekitartempat tinggal mereka setiap hari dan membunuhspesies mangsa harimau dalamjumlah yang sangat besar," kata karanth," mereka langsung saja menembak.mereka pasang perangkap . ratusan hewan kena perangkap setiap tahun. Perangkap di pasang untuk menagkap hewan mangsa harimau,tetapi kadang-kadang terperangkap pula hewan pemangsa.
" jadi hal-hal ini kita temukan kalau kita bekerja di lapangan-betapa besar dampak perburuan liar seperti ini pada hewan pemangsa. Satu-satunya jalan bagi kita untuk menghentikan ini adalah  mengadakan patroli yang efektifdi seluruh hutan. Melindungi hewan mangsa harimau berarti dengan sendirinya kita juga melindungi harimau.bentuk penegakan hukum yang efektif di lapangan seperti ini jarng sekali di sebut-sebut dalam saran-saran mengenai pelestarian.organisasi-organisasi pecinta lingkungan yang besar cendrung berfikiran bahwa kalau sudah ada rencana-rencana besar untuk memecahkan masalah-masalah jangka panjang, seperti tahan kurang,kurang biomas,atau kurang pendidikan masyarakat... jika kita kerjakan hal-hal yang positif maka harimau itu dengan sendirinya akan menjadi jinak dan binatang liar akan terlindungi.
sayangnya, pengalaman kami di lapangan menunjukan bahwa meski rencana-rencana pembangunan seperti ini memang perlu untuk kelangsugan hidup harimau dalam jangka panjang tetapi kita harus ingat sepeti kata lord case,ahli ekonomi terkenal itu ,' alamjangka panjang kita semua akan mati.' Apa yang terjadi dalam jangka pendek adalahperburuan liar atas hewan makanan harimau danharimau itu sendiri.dan ini tidak akan dapat di hentikan hanya dengan menggunakan kekerasan, tak ada kegiaan pendidikan,betapapun banyaknya , atau kegiatan pembanguan yang akan dapat mendorong penduduk setempat untuk idak lagi melkukan perburuan  yang melanggar hukum itu."
Dari mana kekerasan itu datagnya, sulit di katakan.enam puluh persen dari  seluruh harimau dunia hidup di india., negara yang telah membuka sejumlah taman nasional bagi harimau. Tetapi membuka taman nasional tidak dapat mencegah perburua liar. Bahkan ketika pelanggar itu ketangkap basah sekalipun, sistem pengadilan india tidak mampu betinak cepat atau menjatuhkan hukuman yang dapat membuat orang jera berburu liar. Gugatan-gugatan dapat terkatung-katung  di pengadilan sampai puluhan tahun,dan penagkapan seringkali hanya berarti memperlambat kegitan pemburu-pemburu liar      
Setelah mengumpulkan data dan sampai beberapa kesimpulan mengenai lumlah hewan makanan harimau yang tersedia bagi populasi harimau di nagarahole, kata karanth," kami mulai memberikan perhatian yang lebih dalam pad harimau. Tetapi untuk itu, kami perlu tehnik-seperti memasang transmisi di lehernya.
Untuk menggunakan cara itu perlu banyak orang, tiga ekor gajah, da segulung kain putih sepanjang dua belas meter dan lebar satu meter, seekor hewan agak besar diikatkan untukumpan sebatang pohondi daeah yang sering di datangi oleh harimau.
Untuk menandai wilayah kekuasannya, harimau menyebarkan air kencingnya; baunya memperingaktan harimau lainagar tidak masuk.bau kencingnya itu juga mengirim pesan-pesan yang lain."pada dasarya , komunikasi lewat bau hambir sama dengan komunikasi lewat telepon atau dengan kartu nama."
" kami juga menemukan tingkat kematian yang sangat tinggi pada harimau dalam populasi yang sangat terlindungi. Di situ harimau itu sering berkelahi.persaingan sanga keras di situ."banyak harimau jantan yang matidewasa yang mati setelah menderita luka-luka karan berkelahi memperebutkan daerah kekuasaan." Itu bagian dari alam, dan informasi seperti inilah,mengenai hidup dan mati,yang benar-benar dapat menuntun kita bagaimana cara mengelola populasi harimau."
Karanth juga menemukan bahwa harimau cepat berkembang biak." Seeekor betina mulai hamil pada umur empat tahun, dan beranaksetiap dua setengah tahun." Harimau betina mengandung selama 98 hingga 110hari sebelum melahirkadua hingga lima ekor anak; biasanya dua dari ini yang hidup. Anakanak harimau tinggal bersama induknya sampai umur tiga tahun; pada saat itu, menurut karanth, induk bersangkutan kemungkinan besar sudah hamil lagi."jadi harimau hewan yang produktif, dalam populsai yang terlindung pasti ada kelebihan anggota. Dalam keadaan seperti itu,populasi itumungkin tidak akan banyak berkurang, jika perburua liar terjadi pada tingkat sedang-sedang saja. Tetapi jika keadaan tidak ideal, gambaran masa depan harimau akan sangat berbeda."
Keadaan jauh dari ideal dan masa depan harimau sudah sangat berubah selama beberapa tahun terakhir ini. Tetapi selama ribuan tahun, populasi sebesar puluhan ribu harimau menjelajahi Asia dari Cina Selatan sehingga anak benua India, dan dari situ ke Sumatera, Jawa, dan Bali : ke barat sampai ke Iran dan bahkan Turki di laut Kaspia dan ke timur Sebiria.
Di Siberia, harimau yang mengembara di hutan yang sangat luas dan banyak hewan makanan mangsa harimau. Menurut Wildlife Conservation Society, harimau Siberia sudah berkurang sekali dan sekarang tinggal sekitar dua atau empat ratus ekor, sungguh suatu populasi yang kecil tetapi masi memadai hingga masi dapat hidup terus jika pemburuan liar dapat dikendalikan.
Tetapi sejak Uni Soviet bubar, yang diikuti kekacaaun, kebingungan, dan korupsi harimau Siberia bagi pejabat – pejabat pemerintah di Moskau sudah menjadi persoalan yang tidak penting, sementara bagi pemburu liar harimau – harimau itu sangat berharga jika mati. Menurut perkiraan pada musim dingin tahun 1993 – 1994, ada diantara ada delapan puluh sampai enam puluh ekor harimau yang dibantai --- seperempat hingga separuh dari populasi yang masih tinggal.
Harimau Bali punah pada tahun 1940an, karena diburu berlebihan, demikian pula halnya dengan harimau kaspia atau Iran pada tahun 1978an, dan harimau jawa pada tahun 1980an. Harimau cina hamper pasti akan punah. Harimau Bengal dapat bertahan karena upaya India dalam melestarikannya, terutama atas dorongan Indiara Gandhi, perdana mentri dari tahun 1966 sampai 1977. Harimau dinyatakan binatang langka pada tahun 1969, dan ekspor mantel bulu harimau dilarang. Dan pada tahun 1973, Word Wildlife Fund menjanjikan satu juta dolar untuk membantu pemerintah India meleksanakan projek tiger. Pada akhir periode sepuluh tahun pertama projek tiger, proyek itu dinilai berhasil. Angka – angka resmi menunjukan jumlah harimau didalam dan diluar kawasan lindung telah naik dua kali lipat tetapi angka – angka itu, sayangnya, tidak mencerminkan kenyataan.
Disamping itu, pencinta lingkungan juga tidak memperhatikan sama sekali pada lalu lintas perdangangan bagian – bagian tubuh harimau yang semakin besar. Pada tahun 1980an, Cina yang sudah bertahun – tahun lamanya membantai harimaunya sendiri, mengalami banjir, untuk sementara, penawaran obat – obat tradisonalnya. Bubuk tulang harimau di tawarkan untuk mengobati reumatisme., kejang – kejang, kudis, bisul, disentri, radang usus, tiphus, dan malaria, serta untuk mnghilangkan rasa takut, rasa gelsah, dan kerasukan setan.
Bubuk tulang harimau konon sangat manjur untuk menambah kejantanan laki – laki. Tidak ada satupun kajian yang ada yang mendukung peryataan – peryataan ini, bahkan sebenernya, sebagian besar obat – obatan itu yang beredar dipasar palsu belaka, sama sekali tidak mengandung tulang atau bagian tubuh harimau. Ketika Cina perlu bahan tambahan karena persediaaan yang ada sudah tipis, pemburuan liar timbul dan merajarela di India dan negeri – negeri lain.
Pada tahun 1983, para pejabat taman mulai menyadari sampai beberapa jauh sudah perbuatan melangar hutan itu. Sebuah operasi pemberantasan di New Delli dalam sekejap menemukan 425 Kg tulang belurang harimau. Ini setara dengan sekita 42 ekor harimau. Kulitnya dikirim kebarat, biasanya menjadi hiasan – hiasan rumah orang kaya di Arab, sedangkan tulang – tulangnya dikirim ketimur, biasanya diangkut oleh tukang – tukang angkut orang tibet, yang membawanya barang selundupan itu melintas daerah pegunungan yang jarang penduduknya, menuju garis perbasan Cina
.
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini