Selasa, 28 Mei 2013

Globalisasi dan Dampak Komunikasi Massa, Anjar Sukmawati Maurie


Globalisasi dan Dampak Komunikasi Massa
Nama   : Anjar Sukmawati Maurie
Kelas   : Kpi 6f
Nim     : 1110051000196
Pendahuluan
          Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negaradi dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.
      
      Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, Indonesia telah memasuki era globalisasi. Kemajuan teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi telah menyebabkan masuknya pengaruh budaya dari seluruh penjuru dunia dengan cepat ke Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, globalisasi adalah proses terbentuknya sistem organisasi dan sistem komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk mengikuti sistem serta kaidah-kaidah yang sama. Pada era globalisasi, peristiwa yang terjadi di suatu negara dapat diketahui dengan cepat oleh negara lain melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar atau internet. 
Metode Studi
Metode yang penulis gunakan pada penulisan resume ini yaitu dengan menggunakan metode studi pustaka. Yakni penulis melakukan pencarian terhadap bahan bacaan buku-buku yang sesuai dengan judul materi tersebut dan mencari sumber-sumber dari Intenet google, Wikipedia, web dan sumber-sumber lainan yang sesuai dengan judul materi tersebut.
Analisis
          Komunikasi masa merupakan suatu penyampaian pesan melalui alat komunikasi mengenai suatu hal yang terdapat dalam masyarakat sehingga menghasilkan pemahaman tentang pengiriman atau sumber pesan, kecerdasan, kepribadian, sikap, motif, nilai, dan tujuan serta pengaruh dari kelompok. Melalui komunikasi masa dengan suatu media masa akan dapat berpengaruh besar pada perubahan yang terjadi dalam suatu masyarakat, karena sesuatu yang berada dalam sebuah media masa untuk menyampaikan informasi pada masyarakat, tidak menutup kemungkinan akan adanya sebuah penerimaan yang mungkin akan berpengaruh pada gaya hidup yang nantinya dapat menjadi sebuah tren dalam masyarakat, sehingga proses perubahan dapat terjadi. Dampak dari komunikasi masa akan sangat jelas terlihat dalam era globalisasi ini, mengingat setiap hal didunia ini sangat mudah untuk diekspos ke media, sehingga akan berdampak besar pada kehidupan kita sekarang ini.
1.    Dampak positif komunikasi masa
·      Memperjelas suatu wacana pada wacana yang masih simpang siur.
·      Menambah nilai-nilai baru dalam masyarakat karena Komunikasi dapat menjadi sebuah alat sosialisasi publik.
·      Komunikasi masa memperlihatkan pada pemirsanya bagaimana standar hidup layak bagi seorang manusia.
·      Pengetahuan masyarakat bertambah tentang informasi yang bermanfaat dan mengembangkan keterampilan kognitifnya.
·      Komunikasi masa memberikan hiburan, karena dengan melihat berita-berita ringan atau melihat tayangan-tayangan hiburan dapat membuat pikiran khalayak segar kembali.
2.    Dampak negatif komunikasi masa
·      Pelunturan pada nilai, norma, dan budaya dalam masyarakat.
·      Adanya suatu kasus yang tidak senonoh yang ditampilkan dalam sebuah media mampu merangsang penonton untuk berperilaku serupa.
·      Menonton sinetron berlebihan di TV atau membaca berpengaruh pada psikologi kita sehingga sering mengalami emosional.
·      Proses imitasi terhadap lakon (tokoh idola) yang disukai, hingga bahkan tidak menutup kemungkinan menjadikan suatu identifikasi. Akan ada ketergantungan pada media masa apabila seseorang telah memakai media masa sebagai saluran pencari informasi yang utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini