Sabtu, 29 November 2014

Nurul Latifah_kpi 5D_Tugas 9

NURUL LATIFAH_KPI 5D_TUGAS  9
FENOMENA MEDIA KOMUNIKASI TERKINI DAN ETIKA KOMUNIKASI
(LINE)
Perkembangan media komunikasi dari tahun ke tahun semakin lama semakin pesat. Salah satunya penggunaan media sosial yang dipengaruhi oleh perkembangan internet. Seiring dengan perkembangan itu, sebagian besar  orang  aktif menggunakan media sosial.  Salah satu media sosial yang berkembang pesat saat ini yaitu LINE. Media tersebut dipakai untuk berkomunikasi yang juga membantu kita untuk mengetahui informasi dan memberikan manfaat lain.
LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti handphone, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.
LINE dapat digunakan pada berbagai platform seperti iOs, Android, Windows Phone, Blackberry OS, bahkan Computer Mac Os X dan Microsoft Windows. LINE hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna LINE. Aplikasi dapat di download pada situs resmi LINE, Blackberry Apps World, Google Play, App Store, atau Windows Marketplace . LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk memudahkan orang mengundang anda. LINE dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi privasi. LINE menyediakan fitur Blocked List pada tab privacy setting, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan.
Kebebasan tanpa batas dunia media sosial bukan berarti tidak ada etika yang membatasi mana yang boleh atau tidaknya dalam memanfaatkan media ini. Pengaturan etika dalam dunia sosial bertujuan agar pengguna media sosial tidak terkena kejahatan atau penipuan.
 Siapa saja dan kapan saja bisa berbicara bebas. Kita bisa berdikusi atau mengobrol dengan orang baik yang sudah dikenal atau tidak dikenal. Meski bebas berinteraksi di media sosial, kita tak boleh melupakan aturan dalam penggunaan media sosial. Ada aturan-aturan yang perlu dilakukan agar terhindar dari masalah dalam penggunaan media sosial. Seperti yang kita ketahui, banyak orang yang menggunakan media sosial untuk menyebar fitnah, kebohongan atau hal yang merugikan pihak lain.
Dalam membuat status di media sosial sebaiknya menggunakan bahasa dan sosial yang baik. Seperti halnya jika ingin memposting sebuah gagasan ke publik harus selalu menggunakan bahasa yang baik. Saat seseorang membuat status di media sosial, seharusnya memberikan komentar yang baik dan tidak menyinggung perasaan orang tersebut.
Sebenarnya pemakaian media sosial tidak terbatas dan dibatasi, tetapi kehidupan masyarakat yang majemuk mengharuskan kita untuk peka, dan menghargai privacy diri sendiri dan orang lain yaitu dengan menggunakan etika. Harus diperhatikan etika dalam menggunakan bahasa, etika ketika berbicara, dan etika menulis, karena belajar dari kasus yang pernah ada salah posting bisa saja hukuman menghampiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini