Kamis, 08 Oktober 2015

Siska Mailana Putri. Jurnalistik 1B, Imajinasi kenyamanan, tugas 3

SISKA MAILANA PUTRI

11150510000175

JURNALISTIK 1B

 

 

Imajinasi kenyamanan & Pengaruhnya dalam kehidupan Sosial

 

A.    Gambara tempat wisata

Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng terletak di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. dari ketinggian kita bisa menikmati keindahan air berwarna biru tosca dalam kubangan batu putih bersemu hijau hingga kekuningan.  Gunung yang menghitam merupakan sisa belerang yang sudah mengalami oksidasi, dahulu juga mengalir air panas yang mengandung kapur dan belerang, namun karena endapan semakin tinggi maka aliran berpindah ke arah yang lain, disamping itu dibarengi juga dengan munculnya sumber air panas di lokasi berbeda.  Gunung Hitam letaknya tak jauh dari pemandingan air panas Tirta Sanita, namun Gunung Hitam ini memiliki bentuk dan suasana yang jauh lebih alami menurut saya.  Dengan hanya membayar 5000 rupiah kita bisa berendam sepuasnya disini.

 

Transportasi

Untuk mengakses pemandian ini, dapat ditempuh melalui:

1. Jalur Bogor – Jampang hingga ke perempatan Ciseeng, kemudian ambil jalan lurus ke gunung kapur.

2. Dari Bogor menuju Pasar Parung – Bojong Indah, kemudian ambil jalan ke kiri menuju gunung kapur.

3. Dari Jakarta, jalan menuju Tirta Sanita sebaiknya melalui tol Pondok Indah – Serpong kemudian melewati Muncul / Puspitek sampai ke perempatan Pasar Prungpung dan ambil jalan lurus kurang lebih 4 km menuju lokasi yang berada di kiri jalan.

4. Dari Pasar Ciputat, Jakarta menuju ke Parung kemudian ambil jalan belok ke kanan menuju Ciseeng.

5. Jika tidak melalui tol, dari Jakarta menuju Tirta Sanita Ciseeng dapat diakses dari Lebak Bulus – Pondok Cabe – Parung – belok kanan menuju Ciseeng.

6. Dari Depok ke Sawangan menuju Pasar Parung kemudian lurus ke gunung kapur.

7. Dari Tangerang menuju Serpong kemudian Puspitek – Pasar Prumpung lalu lurus ke arah gunung kapur.

Jika menggunakan transportasi umum, gunakan angkot D-29 dari Ciputat yang menuju Parung, kemudian berhenti di pertigaan menuju Ciseeng (Anda dapat bertanya kepada sopir angkot jika tidak tahu), dan naik angkot lagi jurusan Ciseeng – Muncul (semua angkot menuju pemandian air panas Tirta Sanita) atau naik ojek menuju Tirta Sanita Ciseeng.

 

B.     Pengarunya bagi masyarakat sekitar

Banyak pemgaruh dari objek wisata ini karena wisata ini sangat murah dan terjangkau jadi bagus jika dijadikan tempat berlibur bagi keluarga yang menikmati akhir pecan.

Selain itu masyarakat sekitar tempat ini berlomba-lomba untuk mencari kreasi dan inovasi membuka ladang usaha seperti berjualan pernak-pernik, jualan makanan khas dan membuka usaha toilet umum dan lainnya dengan adanya wisata ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini