Senin, 20 Mei 2013

globalisasi dan dampak komunikasi massa_kharisma utama_tugas ke 10

NAMA : KHARISMA UTAMA
109051000179

Globalisasi dan Dampak Komunikasi Massa
            Seperti diketahui bersama, globalisasi merupakan sebuah fenomena yang sedang dan terus bergerak dalam peradaban manusia sekarang. Hal ini berpengaruh pada kehidupan masyarakat sehari-hari. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi dalam menunjang aktivitas masyarakat sehingga lebih mudah, cepat, serta menghemat waktu. Perkemabangan teknologi yang begitu pesat ini menyebabkan terjadi perubahan sosial baik positif maupun negatif, sehingga masyarakat dihadapkan pada dua pilihan.
            Di satu sisi, masyarakat menerima kehadiran teknologi yang memiliki keuntungan bagi yang menggunakannya. Namun di sisi lain, tak dapat dipungkiri juga kehadiran teknologi mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi kehidupan masyarakat.
           
Media massa merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi dan informasi. Melalui media massa  yang semakin banyak berkembang memungkinkan informasi menyebar dengan mudah di masyarakat. Informasi dalam bentuk apapun dapat disebarluaskan dengan mudah dan cepat sehingga memperngaruhi cara pandang, gaya hidup, serta budaya suatu bangsa.
            Dampak positif komunikasi massa:
  • Memperjelas suatu wacana yang masih simpang siur.
  • Menambah nilai-nilai baru dalam karena komunikasi dapat menjadi sebuah alat sosiali publik.
  • Komunikasi massa memperlihatkan pada pemirsanya bagaimana standar hidup layak bagi seorang manusia.
  • Pengetahuan masyarakat bertambah tentang informasi yang bermanfaat dan mengambangkan keterampilan kognitifnya.
  • Komunikasi massa memberikan hiburan, karena dengan melihat berita-berita ringan atau melihat tayangan-tayangan hiburan dapat membuat pikiran khalayak segar kembali.

Dampak negatif komunikasi massa:
  • Peneluturan pada nilai, norma, dan budaya dalam masyarakat.
  • Adanya suatu kasus yang tidak sononoh yang ditampilkan dalam sebuah media mampu merangsang penonton untuk berperilaku serupa.
  • Menonton sinetron berlebihan di televisi atau membaca berpengaruh pada psikologi sehingga sering mengalami emosional.
  • Proses imitasi terhadap tokoh idola yang disukai, bahkan tidak menutup kemungkinan menjadikan suatu identifikasi.
  • Akan ada ketergantungan pada media massa apabila seseorang telah memakai media massa sebagai saluran pencari informasi utama.
Oleh karena itu, hendaknya masyarakat dapat berhati-hati terhadap dampak negatif yang ditimbulkan. Namun, tak perlu juga terlalu mencemaskan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini. Pandai-pandai dalam memanfaatkan media dan memilih hal yang bernilai positif. Semua tergantung kepada pribadi masing-masing.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini