Minggu, 15 September 2013

Tubagus Zhiya KPI 1A_Tugas 2 Sosiologi-Emile Durkheim



Emile Durkheim
Emile durkheim dilahirkan dekat strasbourg pada tahun 1858 di Epinal dari sebuah keluarga tua yahudi yang berasal dari alsace, durkheim sebenarnya diarahka untuk menjadi rabbi sebagaimana ayah dan kakeknya. Durkheim kemudian dikirim ke sekolah rabbi dan mempelajari bahasa yahudi.
Pada tahun 1879 ia memasuki semacam sekolah tingkat atas yang kemudian menjadisebuah lingkungan intelektual yang sangat dinamis. Sebagai seorang filsuf yang tempramental, Durkheim tidak terlalu lama kemudian mengorientasikan diri pada permasalahan moral dan ingin memberi sebuah dasar ilmiah yang mula-mula dicarinya dalam psikologi, dan kemudian dalam sosiologi. Ketika bekerja sebagai guru di Bordeaux pada tahun 1887 ia mempersiapkan tesisnya berjudul De la division du travail social yang dipublikasikan pada tahun1893. Pada tahun 1906 ia masuk ke sorbonne. durkheim berpengaruh besar dalam perkembangan sosiologi, tetapi pengaruhnya tak hanya terbatas dibidang sosiologi saja. sebagian besar pengaruhnya terhadap bidang lain tersalr melalui jurnal L'annee sociologique yang didirikan tahun 1898. sebuah lingkaran intelektual muncul sekeliling jurnal itu dan durkheim berada dipusatnya. melalui jurnal itu, durkheim dan gagaannya memperngaruhi berbagai seperti antropologi, sejarah, bahasa. dan psikologi yang agak ironis mengingat serangannya terhadap bidang psikologi.

durkheim meninggal 15 november 1917 sebagai seorang tokoh intleketual perancis tersohor. tetapi, karya durkheim mulai memengaruhi sosiologi amerika dua puluh tahun sesudah kematiannya, akni seelah terbitnya the structure of social action (1937)



Fakta sosial
Durkheim membedakan antara dua tipe fakta sosial yaitu : material (birokrasi, hukum) dan nonmaterial(kultur, institusi sosial. Ia menyimpulkan bahwa masyarakat primitif dipersatukan terutama oleh fakta sosial nonmaterial, khususnya oleh kuatnya ikatan moralitas bersama atau disebut dengan kesadaran kolektif. Tetapi kesadaran tersebut akibat masyarakat modern. Masyarakat modern cendrung membagi-bagi pekerjaan mereka. Dan menurut Durkheim pembagian kerja pada masyarakat modern menimbulkan patologi.


Karya-Karya ilmiah Emile Durkheim

division of labour in society (1893)
ini merupakan karya ilmiah pertama durkheim yang memberikan suatu reaksi terhadap pandangan bahwa masyarakat industrial modern cukup didasarkan pada perjanjian-perjanjian kontraktual antara individu-individu yang didorong oleh kepentingan diri sendiri, tanpa didahului oleh kesepakatan.

Suicide (1897)
 Pokok-pokok isi buku Rules of Sociological Method kemudian diterapkan oleh Durkheim dalam buku berjudul suicide. Durkheim menguraikan hasil studinya terhadap variasi angka rata-rata bunuh diri yang terjadi dalam pelbagai kelompok dan berusaha untuk menjelaskannya dalam kerangka pelbagai aliran kolektif yang

The Elementary Forms of Religious Life (1912)
sebuah buku yang menganalisis agama sebagai fenomena sosial. Durkheim memperkembangkan agama terhadap keamanan emosional dicapai melalui hidup komunal

Rules of Sociological Method (1895)
Menjelaskan tugas sosiologi sebagaimana adalah untuk meneliti karakteristik fakta sosial, yakni bersifat eksternal terhadap individu dan yang mengendalikan tingkah laku manusia

professional Ethics and Civic Morals (1955)
menjelaskan tentang moral manusia dalam kehidupan sosial dan moral manusia dalam kewarganegaraan


Contoh Fakta Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari
1.      Krisis moral terhadap bangsa
2.      Bunuh diri
3.      Perkembangan gaya hidup masyarakat
4.      Masyarakat beragama


Sumber: -mengenal tujuh tokoh sosiologi, Soerjono soekanto
             -Sosiologi sejarah dan berbagai pemikirannya, Anthony Giddens, Daniel Bell, Michael Forse. etc




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini