Senin, 14 Oktober 2013

Arga Pebrian KPI 1 B_Tugas6_Metode Metode Sosiologi


METODE METODE DALAM SOSIOLOGI
Apa itu metode? Metode adalah cara kerja yang digunakan untuk memudahkan kita dalam mengerjakan suatu pekerjaan atau kegiatan, agar kita mencapai tujuan seperti yang telah kita tentukan.
Ciri ciri pokok metode, yaitu sebagai berikut:
1. Ada permasalahan yang akan dikaji
2. Ada hipotesis atau kesimpulan yang sementara
3. Ada usulan mengenai cara kerja atau cara penyelesaian permasalahan dari hipotesis yang ada.

Dalam penelitian sosiologi, ada dua metodeyang digunakan, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif.
·        Metode Kualitatif
Jadi metode ini hanya mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang diperoleh. Metode ini juga biasanya dipakai apabila data hasil penelitian tidak dapat diukur dengan angka atau dengan ukuran lain yang bersifat eksak.
Metode ini mengutamakan bahan yang tidak dapat di ukur dengan angka-angka. Walaupun bahan-bahannya nyata di dalam masyarakat.
Dalam metode ini terdapat dua metode yaitu metode historis dan metode komparatif
-          Metode historis
Metode ini menggunakan pengamatan yang menganalisis peristiwa-peristiwa masa silam untuk merumuskan prinsip-prinsip umum.
-          Metode Komparatif
Kalau metode ini mementingkan perbandingan antara bermacam-macam masyarakat beserta bidang-bidangnya, untuk memperoleh perbedaan-perbedaan dan persamaan-persamaan serta sebab-sebabnya.
·        Metode Kuantitatif
Metode kuantitatif merupakan metode statistik yang bertujuan untuk menggambarkan dan meneliti hubungan antarmanusia dalam masyarakat secara kuantitatif.
Pengolahan data secara statistik banyak dilakukan para ahli ilmu sosial untuk data yang bersifat angka (data kuantitatif). Pengolahan data dengan menggunakan statistik tidak berarti menuntut seseorang menjadi ahli statistik. Penggunaan statistik dalam sosiologi tidak harus menggunakan teknik statistik tinggi. Pengolahan data statistik dapat dilakukan secara sederhana.
Reference :     sosiologi pengantar, soerjono soekanto
http://rafi-arif.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini