Senin, 14 Oktober 2013

Fanny Fidayanti KPI 1B_Tugas6_Metode-metode sosiologi

METODE-METODE DALAM SOSIOLOGI

1 . Metode Kualitatif
Metode Kualitatif mengutamakan bahan atau hasil pengamatan yang sulit diukur dengan angka-angka atau ukuran-ukuran lain yang bersifat eksaka. Macam-macam metode kualitatif:
 a. metode historis : metode ini menggunakan analisis atas peristiwa-peristiwa dalam masa silam untuk merumuskan prinsip-prinsip umum
 b.metode komparatif : metode ini mementingkan perbandingan antara bermacam-macam masyarakat beserta bidang-bidangnya , untuk memperoleh perbedaan-perbedaan dan persamaan-persamaan serta sebabnya yang bertujuan untuk mendapatkan petunjuk mengenai perilaku masyarakat pada masa silam dan masa sekarang, dan juga mengenai tingkat peradaban masyarakat yang berbeda-beda.

 c. metode studi kasus (case study) : metode ini bertujuan untuk mempelajari sedalam-dalamnya salah satu gejala nyata dalam kehidupan masyarakat. Studi kasus dapat digunakan untuk menelaah suatu , kejadian, kelompok, masyarakat setempat community, lembaga-lembaga maupun individu. Alat yang digunakan dalam studi kasus yaitu wawancara interview, pertanyaan-pertanyaan questionnaires, daftar pertanyaan-pertanyaan schedules, participant observer technique.

2 . Metode Kuantitatif
Metode kuantitatif mengutamakan keterangan berdasarkan angka-angka, sehingga gejala-gejala yang diteliti dapat diukur dengan skala-skala, indeks, tabel, atau formula-formula tertentu yang cenderung mempergunakan ilmu pasti atau matematika. Macam-macam metode kuantitatif:
 a. metode deduktif : metode yang dimulai dari kaidah-kaidah yang berlaku umum yang kemudian untuk dipelajari dalam keadaan yang khusus.
 b. metode induktif : metode yang mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan hasil kesimpulan yang lebih luas atau bersifat umum.
 c. metode rasional :  metode yang mengutamakan penalaran dan logika akal sehat.
  d. metode fungsional : metode yang digunakan untuk menilai kegunaan lembaga-lembaga sosial masyarakat dan struktur sosial masyarakat.
e.   metode empiris : metode ini berfungsi untuk mempelajari suatu masalah secara sistematis dan intensif untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini