Minggu, 20 Oktober 2013

TUbagus Zhiya KPI 1A - Tugas 6_ metode sosiologi

METODE-METODE SOSIOLOGI

Sosiologi sebagai ilmu pengetahan tentu saja juga menggunakan metode ilmiah dalam memahami dan mengerti masyarakat dari hubungan-hubungan antar-manusia. Yang dimaksud metodologi dalam sosiologi adalah cara kerja dalam mengkaji objek kajian sosiologi. Dan yang dimaksud metode ilmiah adalah merumuskan masalah melalui observasi objek kajian dari ilmu itu sendiri.  pada dasarnya ada dua metode yang digunakan dalam sosiologi, yaitu:


1.      Metode Kualitatif

Metode ini mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang diperoleh. Metode ini dipakai apabila data hasil penelitian tidak dapat diukur dengan angka atau dengan ukuran lain yang bersifat eksak. Istilah penelitian kualitatif dimaksudkan sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Contohnya penelitian tentang kehidupan, riwayat, dan perilaku seseorang, di samping juga tentang peranan organisasi, pergerakan sosial, atau hubungan timbal balik. Sebagian datanya dapat dihitung sebagaimana data sensus, namun analisisnya bersifat kualitatif.

Metode-metode  ang termasuk dalam metode kulitatif adalah:

a.       Metodie historis

Metode ini menggunakan hasil analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau atau sejarah yang kemudian dirumuskan terhadap prinsip-prinsip Umum.

b.      Metode komparatif

Metode ini memanfaatkan perbandingan antara macam-macam masyarakat guna mendapatkan perbedaan beserta persamaanya

c.  metode studi kasus

Metode ini digunakan untuk meneliti kebenaran peristiwa ternetu.

Dengan menggunakan wawancara,pertanyaan-pertanyaan dan daftar pertanyaan sebagai jalan untuk meneliti kebenaran peristiwa tersebut.

 

2.      Metode kuantitatif

Metode kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan bahan-bahan penelitian berupa angka-angka sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan skala, neraca, indeks, table, dan formula, termasukdalam hal ini adalah metode statistic, yaitu gejala masyarakat sebelum diteliti dikuatifikasi lebih dahulu.

Selain metode diatas, ada metode–metode atau penalaran lain yang perlu dipahami, antara lain:

 

a.       Metode deduktif, metode berpikir yang dimulai dari hal-hal yang berlaku umum untuk menarik kesimpulan yang khusus. Dalam hal ini, data-data dan fakta dianalisis berdasarkan panduan teori atau kesimpulan umum yang telah ada.

b.      Metode induktif, yaitu metode berpikir dengan mempelajari gejala-gejala khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat umum. Metode ini adalah cara menarik kesimpulan umu dari data dan fakta yang diperoleh dari melakukan peengumpulan data di lapangan.

 c.       Metode empiris, yaitu suatu metode yang mengutamakan keadaan-keadaan dari pengalaman nyata yang ada di masyarakat.

 d.      Metode rasional, yaitu metode yang mengutamakan penalaran dan logika akal sehat untuk memahami suatu masyarakat.

 e.       Metode fungsional, yaitu metode yang digunakan untuk menilai kegunaan lembaga-  lembaga sosialmasyarakat dan struktur sosial masyarakat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini