Selasa, 15 April 2014

Ahmad Munsorif_Revisi Proposal

PROPOSAL KEGIATAN CSR (COORPORATE SOCIAL RESPONSBILITY)
"Cleaning Bathroom n Water Closet"
"Toilet Bersih Kuliah Nyaman"

       I.          LANDASAN PEMIKIRAN.
Sarana pendidikan yang bersih, indah, dan nyaman meruapakan salah satu faktor yang menunjang belajar seseorang. Di mulai dari tingkat TK  sampai Perguruan Tinggi. Salah satu dari kenyamanan tersebut adalah bersihnya kamar mandi dan WC sekolah.
UIN Jakarta merupakan salah satu sarana pendidikan bagi mahasiswa. Kenyamanan mahasiswa saat kuliah selain fasilitas belajar di kelas, kamar mandi dan toilet bersih juga menjadi bagian dari kenyamanan kuliah. Saat ini banyak kamar mandi dan toilet yang kurang diperhatikan. Yang diperhatikan khusus hanya kamar mandi dan toilet dosen.

Jika tidak cepat kita tanggulangi, UIN Jakarta akan tidak nyaman dalam kuliah. Mahasiswa barukita nanti yang akan menerima dampak negatif dari hal-hal tersebut. Dan setiap mahasiswa harus berpartisipasi langsung membersihkan, menjaga dan merawat kamar mandi dan toiletnya, mulai dari lingkup yang kecil yakni diri kita sendiri.
Berdasarkan alasan kami diatas tersebut, kami selaku mahasiswa yang peduli terhadap "kamar mandi dan toilet bersih"sepakat ingin mengadakan suatu kegiatan CSR (Coorporite Social Responsbility) di kampus UIN Jakarta. Demi mengajak dan meningkatkan kesadaran akan "kamar mandi dan toilet bersih" untuk menjadi yang lebih baik. Melalui kegiatan ini, target akan menyadari bahwa "kamar mandi dan toilet bersih" perlu dijaga dan dilestarikan dengan baik.
     II.          NAMA KEGIATAN.
Nama kegiatan ini adalah "Cleaning Bathroom n Water Closet".
    III.          TEMA KEGIATAN.
Tema kegiatan kali ini adalah "Toilet Bersih Kuliah Nyaman".
   IV.          TUJUAN DAN MAKSUD DARI KEGIATAN.

·        Meningkatkan rasa kepedulian terhadap kamar mandi atau toilet yang kita tinggali terasa aman dan nyaman.
·        Dapat menambah wawasan khalayak tentang "kamar mandi dan toilet bersih" dengan cara saling berbagi pengalaman dan cerita bagaimana cara menjaga dan merawat "kamar mandi dan toilet bersih".
·         Diharapkan dapat mengubah mindset audience tentang betapa pentingnya "kamar mandi dan toilet bersih".
·        Dapat menularkan cara gaya hidup "kamar mandi dan toilet bersih" dengan cara berbagi dan peduli antara sesama manusia.
     V.          WAKTU DAN TEMPAT TANGGAL PELAKSANAAN.
Tanggal                : 31 Mei - 1 Juni 2014.
Lokasi                   : Kampus Universitas Islam Negeri Jakarta *
*untuk tempat & waktu pelaksanaan masih dalam tahap pendiskusian dengan pihak penyelenggara.
   VI.          TARGET AUDIENCE
> 1000 Mahasiswa Se UIN Jakarta.
  VII.          OUR TACTIC.
Kami menggunakan konsep "Stages of behavioural Change".
1. Pre contemplation: Pembuatan (brosure, Flyer, banner, x-banner, spanduk)* yang berisikan informasi-informasi tentang kegiatan acara ini dan dampak dari kamar mandi dan toilet kotor. Dengan tujuan untuk menambah wawasan target audience dari kegiatan CSR ini.
2. Contemplation: Membuat acara/ kegiatan yang menarik yang dapat mengundang minat audience untuk datang ke acara kami.
3. Preparation: Membuat acara/ kegiatan yang berisikan edukasi-edukasi (seperti: workshop & talkshow, lorong education)* yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan target audience. Jadi targt audience yang datang ke kegiatan kami ini tidak semata-mata terhibur dengan serangkaian acara kami tapi juga diharapkan mendapatkan wawasan tambahan (tentang kamar mandi dan toilet bersih).
4. Action: Target audience juga diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan di acara kami ini. Action yang dilakukan oleh para target audience adalah partisipasi mereka untuk berkreasi dan menunjukan kemampuan yang dimilikinya. Panitia pun membuat kompetisi-kompetisi dengan tujuan agar target audience tidak hanya menikmati dan mendapatkan pengetahuan juga tapi mereka diberi kesempatan untuk menunjukan karya/kemampuan mereka di depan umum.
5. Maintenance: Target audience yang berpartisipasi dalam acara ini diharapakan dapat mengubah pemikiran bahwa kamar mandi dan toilet bersih dapat dijadikan sesuatu yang bermanfaat dan menjadikan kuliah nyaman. Panitia pun mengharpakan target auidence setelah mengikuti serangkaian acara yang kami buat nantinya rasa kepedulian terhadap kamar mandi dan toilet bersih lebih tinggi dan dapat membagi pengalaman dan pelajaran ke orang lain. Target audience diharapkan setelah acara ini merubah gaya hidup mereka.
VIII.          RANGKAIAN KEGIATAN.
1. Pra Acara.
2. Acara Puncak.
3. Pasca Acara.
a)      Pra acara:
§  Mempublikasi dan menyebarkan (brosure, flyer, banner, spanduk, x-banner, sosial media) ke target audience.
§  Mempersiapkan segala keperluan dan kebutuhan untuk Acara Puncak.
§  Mencari sponshor tambahan/media partner untuk kegiatan ini.
b)      Acara Puncak:
Nama Kegiatan                 : TALKSHOW
Tema Kegiatan                  : Toilet Bersih Kuliah Nyaman
Lokasi dan Tanggal          : 31 Mei  2014. Gedung Aula SC UIN Jakarta.
Waktu pelaksanaan         : 08.00 – 12.00 WIB
Konsep acara                     : TalkShow "Toilet Bersih Kuliah Nyaman" Adalah kegiatan yang mengedukasi pesertanya tentang gaya hidup "kamar mandi dan toilet bersih". Menambahkan wawasan peserta tentang dampak negative & positive dari kamar mandi dan toilet. Dan tempatnya saling berbagi pengalaman dari komunitas yang peduli terhadap kamar mandi dan toilet bersih. Setelah talkshow tersebut peserta di tantang untuk mengikuti kegiatan "kamar mandi dan toilet bersih" (program plan/rencana kegiatan apa yang akan kamu ingin lakukan untuk kamar mandi dan toilet bersih). Kegiatan ini menunjukan rasa kepedulian tentang kamar mandi dan toilet bersih.
Target Peserta                  : 500 peserta (Mahasiswa UIN Jakarta)
*******************
Nama Kegiatan                 : Cleaning Bathroom & Water Closet.
Tema Kegiatan                  : Toilet Bersih Kuliah Nyaman
Lokasi                                  : Seluruh Fakultas Kampus 1 UIN Jakarta
Tanggal                               : 31 Mei – 1 Juni 2014
Waktu Acara                      : 01.00 (31 Mei 2014) – 12.00 WIB (1 Juni 2014)
Konsep Acara                    : Setelah peserta mendapatkan pengetahuan tentang wawasan "kamar mandi dan toilet bersih ", mereka dibagi kelompok untuk terjun ke kamar mandi dan toilet yang telah dibagi oleh panitia.  
Target Peserta                  : > 500 peserta (Mahasiswa UIN Jakarta).



*******************
Nama Kegiatan                 : Acara Penutup dan Penghargaan
Lokasi dan Tanggal          : Aula SC UIN Jakarta, 01 Juni 2014.
Waktu                                 : 01.00 WIB
Konsep acara                     : Memberikan penghargaan secara umum terhadap peserta atas partisipasinya dalam mengikuti kegiatan "kamar mandi dan toilet bersih". Dan secara khusus terhadap tim yang terbersih.
c)      PASCA ACARA.
-        Beres-beres/ rapih-rapih pembersihan lokasi yang telah di pakai untuk kegiatan.
-        Evaluasi.
-        Menulis LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (secara detail & transpran).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini