Selasa, 29 April 2014

Della aziza_tugas5_kesadaran beretika dalam diri remaja

Penelitian Sosiologi
Tema : kesadaran Beretika dalam diri Remaja
BAB I
PENDAHULUAN
Latar belakang
Remaja adalah mereka yang telah meninggalkan masa kanak-kanak yang penuh ketergantungan dan menuju masa pembentukan tanggung jawab. Masa remaja ditandai dengan pengalaman-pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah terbayangkan dan di alami.
Berbicara tentang remaja selalu dapat tanggapan yang beraneka ragam. Dalam bergaul, kita juga harusmemperhatikan tentang bagaimana etika-etikanya pergaulan yang benar. Kesadaran beretika seharusnya sudah dibangun sejak masih kecil.etika adalah aturan pergaulan hidup di masyarakat, jadi etika pergaulan remaja sendiri adala sopan santun atau tata krama dalam bergaul yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar baik  norma agama, norma kesopanan, norma adat, hukum dan lainnya.  Pada dasarnya manusia di tuntut untuk saling mengenal dan saling membantu. Namun dalam bergaul ada nilai-nilai yang harus di pedomani.
Nilai-nilai tersebut harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. agar tingkah laku remaja dapat diterima dan disenangi oleh siapa saja yang bergaul dengan mereka. Dan disinilah kita akan mengetahui bagaimana pentingnya sebuah etika dalam pergaulan. Maka seluruh remaja akan menjadi terkontrol dan terkendali.tetapi yang kita lihat sekarang ini sangatlah berbeda jauh dari keinginan yang diharapkan oleh bangsa kita. Kebanyakan para remaja zaman sekarang belum mengetahui akan pentingnya etika bergaul, sehingga mereka pun bersikap semaunya tidak terkendali dan tidak terkontrol. Jadi kesadaran etika dalam remaja akan hilang  jika seorang remaja salah bergaul yang menghilangkan norma-norma yang ada. 
Teori yang mendukung riset lapangan
Teori sosiologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori emil durkheim yaitu kesadran kolektif yang berarti adalah seluruh kepercayaan dan perasaan bersama orang kebanyakan dalam sebuah masyarakat akan membentuk suatu sistem yang tetap yang punya kehidupan sendiri, kita boleh menyebutnya dengan kesadaran kolektif atau kesadaran umum, sebagai gambaran yang di maksud di atas adalah kesadran kolektif baru bisa terwujud melalui kesadaran-kesadaran individual dan kesadran kolektif merujuk pada pengertian, norma, dan kepercayaan bersama, lebih dari masyarakat modern
Pertanyaan penelitian
Apakah tingkat kesadaran dalam etika diri remaja terpengaruhi oleh pergaulan remaja yang masa kini
Apakah remaja jaman sekarang banyak yang menerapkan beretika dalam pergaulan
Metode lapangan yang digunakan
Dalam penelitian ini kami melakukan penelitian dengan metode kuntitatif (menyebar angket) dan melakukan survay lapangan.
Populasi sampel
Definisi populasi :Populai adalah merupakan sekumpulanorang atau objek yang memiliki kesamaan dalam satu atau beberpa hal dan yang membentuk masalah pokok dalam suatu riset khusus. Populasi yang akan di teliliti harus didefinisikan dengan jelas sebelum penelitian dilakukan. Dalam penelitian ini kami menggunakan populasi dari remaja komplek bukit sawangan indah.
Definisi sampel: Sampel yaitu sebagian atau wakil dari populasi yang di teliti. Dalam penelitian ini kami menggunakan sampel dari remaja umur 14-18 tahun di perumahan bukit sawangan indah rt 04.
Instrumen penelitian
Definisi : Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan data agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah olehnya.
Area riset
Riset lapangan ini saya lakukan di sekitar rumah saya yaitu di perumahan bukit sawangan indah rt 04/05. Narasumber yang saya wawancarai dan saya beri angket yaitu remaja yang berumur antara 14-19 tahun berikut nama-nama yang saya wawancarai dan saya beri angket pertanyaan:
Regina rindengan umur 14
Bunga putri juwita umur 18
Indriani salko 18
Angelia aleni rompas umur 16
Dea desmiranti umur 16
Ridho saputra umur 19
Ariyani agustini umur 19
Amelia nur ajizah umur 19
Dwi rismawati umur 14
Bobby apriliadi umur 17
Nindia umur umur 18
Mariska komala  umur 15
Putri umur 15
Shellaumur 17
Shelli umur 17
Bonita patricia umu19
Trias puji lestari umur 16
Abdul fiqih umur 18
Rais umur 18
Arya vito umur 19
Waktu wawancara :
Waktu dilaksanakannya wawancara pada tanggal 26-27 april 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini