Selasa, 07 Oktober 2014

SURYO WIDODO_TUGAS KE-4_Relasi produktif dan tidak produktif di dalam masyarakat kota

Relasi produktif dan tidak produktif di dalam masyarakat kota
            Masyarakat produktif yaitu suatu sekumpulan manusia yang memiliki suatu pola prilaku yang cenderung menghasilkan suatu barang yang bernilai lebih. Sehingga dalam suatu rumah tangga masyarakat tersebut lebih banyak menghasilkan daripada membeli suatu barang. Dan masyarakat produktif adalah masyarakat yang mampu mengolah atau mengelola sumber daya yang ada di sekitarnya sehingga sumber daya tersebut dapat menjadi suatu barang/jasa yang bernilai.

            Sedangkan masyarakat tidak produktif yaitu suatu kumpulan manusia yang memiliki pola prilaku yang cenderung tidak menghasilkan suatu barang. Sehingga masyarakat tersebut lebih banyak menggangur dari pada kerjanya padahal mereka adalah usia-usia produktif. Dan dalam suatu rumah tangga masyarakat yang tidak produktif lebih cenderung membeli suatu barang daripada menghasilkan suatu barang sehingga kebanyakan dari masyarakat yang tidak produktif hidupnya kurang cukup. Dan masyarakat tidak produktif adalah masyarakat yang bisa mengolah atau mengelola sumber daya tetapi kurangnya kemampuan untuk membuat suatu barang/jasa yang bernilai.
Penemuan lapangan
1.      Ada berapakah warga yang berkerja dan tidak bekerja di RT 012/RW 004?
Di RT 012/ RW 004 ini terdapat sekitar 20 kepala keluarga yang berkerja dan 4 kepala keluarga yang tidak bekerja
2.      Lalu, apa yang mereka lakukan selama mereka tidak bekerja?
Mereka biasanya bermain gaple sambil main gitar tengah malem bareng-bareng.
3.      Apakah tidak ada cara agar mereka bisa menjadi warga yang lebih berguna?
Ada,,,,kita sih biasanya nyuruh mereka kaya misalnya jadi sekertarist RT jadi mereka kita kasih tugas buat narikin iuran ke warga-warga...lalu ada juga yang jadi tukang sampah RT....Sampe ada juga yang menjadi kuli bangunan saat ada warga yang sedang membangun rumah....kan lumayan mereka sehabis ngelakuin tugas itu malamnya jadi tidak main gaple ama gitar jadi tidak menggangu warga di sekitar. Dan juga mereka mendapatkan uang hasil kerja keras mereka.
4.      Lalu setelah melakukan hal tersebut apakah tidak ada rencana untuk melakukan suatu hal yang lain?Seperti membuat koperasi lalu menyuruh mereka menjadi pegawainya?
Kita pernah melakukan hal tersebut tetapi kurang berhasil.
5.      Kira-kira kenapa hal tersebut kurang berhasil?
Jadi begini waktu itu kita sudah membuat koperasi,dan koperasi menjadi pemodal untuk berdagang tetapi mereka menjadi pegawainya. Akan tetapi ketika sudah berjalan kurang lebih 3 bulan banyak hal-hal yang kurang tepat seperti modal yang setiap bulan menyusut sampai akhirnya ternyata ketahuan dari laporan buku bahwa banyak barang yang di ambil oleh pegawai tetapi tidak membayar sehingga koperasi mengalami kerugian yang cukup banyak
6.      Apa yang menyebabkan mereka melakukan hal tersebut?
Kalau menurut kami mereka melakukan hal tersebut karena kurangnya kebutuhan yang harus dipenuhi tetapi bayarannya kurang cukup sehingga mereka mengambil barang-barang tersebut

            Analisis:
                        Menurut weber apa yang dilakukan tersebut memiliki banyak motif, misalnya karena kebutuhan yang kurang sedangkan materi untuk membelinya kurang sehingga terjadilah perilaku yang menyimpang seperti mengambil barang yang bukan miliknya. Lalu dalam pemikiran marx bahwa apa yang mereka lakukan terjadi karena material jadi mereka melakukan hal tersebut karena ingin memenuhi materi mereka untuk menjadi sesuatu yang diinginkan. Sedangkan menurut durkheim hal ini terjadi karena struktur masyarakat yang kurang berfungsi dengan baik.
                        Suatu daerah di katakan produktif atau tidaknya yaitu dilihat dari kesejahteraan masyarakatnya apakah mereka semua saling berhubungan untuk menjadi kan masyarakat tersebut maju. Sehingga tidak adanya suatu konflik yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dan masyarakat produktif biasanya selalu melakukan sesuatu untuk membantu masyarakat yang tidak produktif sehingga tidak adanya kesenjangan sosial yang terjadi di dalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini