Sabtu, 23 Mei 2015

Dauatus Saidah_PMI 4_Tugas 6_Mitos Kejatuhan Cicak

Nama   : Dauatus Saidah
Nim     : 1113054000016
Tugas   : Mitos_tugas Ke 6
 
 
Pengertian Mitos
Mitos merupakan bagian tradisi lisan yang memuat sejumlah nilai moral yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, di antaranya untuk pembinaan watak, pendidikan multikultural, dan upaya menumbuhkan rasa kebangsaan. Secara harfiah kata mitos berasal dari bahasa Yunani 'muthos'; 'mythos' yakni memiliki arti sesuatu yang diungkapkan, sesuatu yang diucapkan, misalnya cerita. Menurut Sukatman mitos adalah cerita yang bersifat simbolik dan suci yang mengisahkan serangkaian cerita nyata ataupun imajiner yang berisi asal-usul dan perubahan alam raya dan dunia, dewa-dewa, kekuatan supranatural, pahlawan, manusia, dan masyarakat tertentu yang berfungsi untuk
·         meneruskan dan menstabilkan kebudayaan,
·         menyajikan pentunjuk-petunjuk hidup,
·         mengesahkan aktivitas kebudayaan,
·         memberi makna hidup manusia,
·         memberikan model pengetahuan untuk menjelaskan hal-hal yang tidak masuk akal dan pelik.
Mitos kejatuhan Cicak
Di daerah rumah saya masih sering terdengar mitos-mitos yang dipercayai, salah satu mitosnya adalah kejatuhan cicak. Kejatuhan cicak mungkin untuk  sebagian orang adalah peristiwa yang lumrah dan tidak memiliki arti apa apa dan begitu  banyak yang mengabaikan. Sebagai negara dengan banyak  suku,  agama,  ras, dan golongan ada banyak misteri yang ada di Indonesia.
Di daerah rumah saya, mereka yang kejatuhan cicak percaya bahwa akan terjadi hal sial pada dirinya, mereka yang kejatuhan cicak akan cenderung merasa gelisah karena takut hal buruk terjadi pada dirinya.
 padahal Arti kejatuhan cicak ketika kita amati secara nalar adalah hal yang lumrah dan mungkin saja terjadi oleh semua orang, terlebih yang rumahnya memiliki banyak cicak.
Jadi secara umum tidak ada sesuatu yang spesial dari kejatuhan binatang ini, karena memang memungkinkan di alami oleh semua orang ketika rumahnya memiliki banyak cicak, terlebih ketika duduk di bawah lampu yang terang dan banyak serangga.
Tetapi terkadang saya bingung, salah satu teman saya pernah mengalami kejatuhan cicak di kepalanya, iya tau tentang mitos kejatuhan cicak tersebut, iya berusaha menghilangkan pikiran negatifnya terhadap isu mito tersebut. Tetapi tetap saja ia merasa takut. Dua hari kemudian salah satu keluarganya ada yang meninggal. Setelah kejadian hal ini temas saya menjadi sedikit trauma dan takut kejatuhan cicak lagi.
Kalau menurut pendapat saya, apapun bisa terjadi ketika kita yakin akan hal terjadi.  Biasanya dengan bermodal yakin, apapun yang kita fikirkan akan terjadi. Tapi kalau kita yakinnya positif, biasanya yang akan terjadi hal positif juga.
 
Sumber :
Dr. Sukatman, M.Pd. 2011. Mitos dalam Tradisi Lisan Indonesia. Center For Society Studies (CSS). Jember.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini