Senin, 28 September 2015

Jamillah_Pmi5_Tugas 1_Ilmu kependudukan (demografi)

   Demografi berasal dari bahasa Yunani yang yaitu Demos yang berarti Rakyat atau penduduk dan Grafien yang berarti menulis.
   Jadi demografi adalah tulisan mengenai rakyat atau penduduk. Atau dengan kata lain Demografi ialah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia.
   Menurut (Bouge, 1976) – Demografi merupakan kajian kependudukan secara statistika dan matematika menyangkut perubahan-perubahan penduduk, besar/jumlah, komposisi dan distribusi penduduk melalui lima komponen demografi. Yakni fertilitas, mortalitas, perkawinan, migrasi, dan mobilitas sosial.
   Sedangkan kependudukan adalah hal-hal yang berkaitan dengan jumlah, struktur, umur, jenis kelamin, agama, kelahiran, kematian, persebaran, serta ketahanannya yang menyangkut politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
   Jadi, kependudukan sebagai studi (population studies) memberikan informasi yang lebih konperhensif mengenai sebab akibat dan solusi pemecahan masalah dari munculnya fenomena demografi.
   Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Ilmu Demografi merupakan ilmu yang mencangkup secara keseluruhan mengenai ilmu kependudukan. Sedangkan ilmu kependudukan hannya merupakan bagian dari ilmu Demografi.
   Adapun persamaan antara Demografi dan Ilmu kependudukan diantaranya adalah : Sama sama mempelajari tentang kependudukan dan sama-sama mempelajari penduduk sebagai suatu kumpulan (aggregates atau collection), bukan mempelajari penduduk sebagai individu.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini