Senin, 28 September 2015

Dauatus Saidah_Ilmu Kependudukan_Tugas 1

Dauatus Saidah (1113054000016)
PMI 5
DEMOGRAFI
 
TEORI KEPENDUDUKAN/DEMOGRAFI
            Demografi berasal dari kata Yunani demos (penduduk) dan Grafien (tulisan) atau dapat diartikan tulisan tentang kependudukan adalah studi ilmiah tentang jumlah, persebaran dan komposisi kependudukan serta bagaimana ketiga faktor tersebut berubah dari waktu ke waktu. Ilmu demografi juga ada yang bersifatkuantitatif dan yang bersifat kualitatif.
Demografi yang bersifat kuantitatif (kadang-kadang disebut Formal Demography atau Demography Formal) lebih banyak menggunakan hitungan-hitungan statistik dan matematik. Tetapi Demografi yang bersifatkualitatif lebih banyak menerangkan aspek-aspek kependudukan secara deskriptif analitik.
            Sedangkan studi-studi kependudukan mempelajari secara sistematis perkembangan, fenomena danmasalah-masalah penduduk dalam kaitannya dengan situasi sosial di sekitarnya.
            Ilmu kependudukan yang perlu mendapat perhatian kita sekarang adalah lebih menyerupai studi antardisiplin ilmu yang dipadu dengan analisis demografi yang lazim diberi istilah Demografi Sosial.
            Disiplin lain banyak berhubungan dengan demografi antara lain matematika, geografi, sosilogi, ekonomi, dan kedokteran.
Pengertian Demografi dapat di artikan pula sebagai berikut:
 
1.      Ilmu yang mempelajari penduduk suatu wilayah dari segi jumlah , struktur jumlah, komposisi ) danperkembangannya perubahannya ), Multilingual Demographic komposisi) dan perkembangannya(perubahannya Dictionary (IUSSP, 1982).
2.      Ilmu yang mempelajari jumlah, persebaran, teritorial, komposisi penduduk, dan jumlah, persebaran,teritorial, penduduk, perubahan serta sebab-sebabnya yg biasa timbul karena natalitas, mortalitas, sebab-natalitas, mortalitas migrasi, dan mobilitas sosial . Philip M. Hauser & Duddley Duncan (1959). migrasi, sosial.
3.      Studi matematik dan statistik terhadap jumlah, komposisi, distribusi spasial dari matematik& jumlah,komposisi, penduduk manusia, dan perubahan-perubahan dari aspek tersebut selalu terjadi akibat manusia,perubahan proses fertilitas, mortalitas, perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial . D.J. fertilitas, mortalitas,perkawinan, sosial
 
Beberapa ahli berpendapat mengenai definisi demografi atau ilmu kependudukan, sebagai berikut :
 
1.      Donald J. Boque, demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistik dan matematika tentang jumlah,komposisi, dan distribusi penduduk serta perubahan-perubahannya sepanjang masa melalui bekerjanya 5komponen yaitu ; Kelahiran, Kematian, Perkawinan, Migrasi dan Mobilitas Sosial.
2.      Johan Suszmileh (1762), demografi mempelajari hukum lilahi dalam perubahan-perubahan pada umatmanusia yang tampak dari kelahiran, kematian, dan pertumbuhan.
3.      D.V. Glass, demography is generally limited to studies of human population as influenced by demographyproses: fertility, mortality, and migration.
4.      Philip Hausen & Dudley Duncan, tentang jumlah, persebaran teritorial. Komposisi serta perubahan-perubahan dan sebab perubahan.
 
Teori kependudukan menurut :
·        Thomas Robert Malthus
 
Orang yang pertama-tama mengemukakan teori mengenai penduduk adalah Thomas RobertMalthus yang hidup pada tahun 1766-1834, Ia adalah seorang pendeta berkebangsaan Inggris. Dalam edisi pertamanya Essay on Population tahun 1798 Malthus mengemukakan pendapatnya yaitu :
1.      Pangan dibutuhkan untuk hidup manusia.
2.      Kebutuhan nafsu seksual akan tetap sifatnya sepanjang masa.
3.      Perkembangan penduduk sesuai dengan deret ukur, sedang pekembangan pangan sesuai denganderet hitung.
 
Malthus juga mengatakan bahwa pertumbuhan penduduk jauh lebih cepat dari bahan makanan. Akibatnya pada suatu saat akan terjadi perbedaan yang besar antara penduduk dan kebutuhan hidup. Dalil yang dikemukakan Malthus yaitu bahwa jumlah penduduk cenderung untuk meningkat secara geometris (deret ukur), sedangkan kebutuhan hidup riil dapat meningkat secara arismatik (deret hitung).
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini