Rabu, 20 Maret 2013

Tugas EkoMan1 (Ika Septi Trisnowati_PMI 6)

SISI GELAP PERTUMBUHAN_IKA SEPTI TRISNOWATI_TUGAS KE-1

SISI GELAP PERTUMBUHAN
Pandangan dunia  Descartes yang mekanistik telah berpengaruh kuat pada semua ilmu kita dan pada cara berpikir Barat pada umumnya. Mengarah pada dua metode, yakni metode mereduksi fenomena yang komplek menjadi balok-balok bangunan dasar dan metode mencari mekanisme yang dipakai untuk berinteraksi. Dimana metode tersebut telah mendarah daging dalam kebudayaan, sehingga sering diidentifikasikan sebagai metode ilmiah. Adapun konsekuensi dari penekanan pada ilmu reduksionis itu, kebudayaan kita telah menjadi sangat terpecah-pecah dan telah mengembangkan teknologi, institusi, dan gaya hidup yang benar-benar tidak sehat.
Pertumbuhan teknologi yang berlebihan telah menciptakan suatu lingkungan di mana kehidupan menjadi tidak sehat baik secara fisik maupun secara mental. Selain bahaya-bahaya kesehatan yang dapat kita lihat, dengar dan cium terdapat pula ancaman-ancaman lain terhadap kesejahteraan kita yang mungkin jauh lebih berbahaya karena mempengaruhi kita dalam skala yang jauh lebih besar, baik dalam arti ruang maupun waktu.
Konsumsi kita yang berlebihan dan penekanan kita yang sangat kuat pada teknologi tinggi tidak hanya menciptakan jumlah sampah yang sangat banyak tetapi juga memerlukan jumlah sampah yang luar biasa. Begitupun halnya dengan penggunaan minyak yang melebihi kebutuhan telah menimbulkan lalu lintas yang padat dengan tabrakan yang sering terjadi.
Dalam kondisi yang tidak seimbang, semakin banyak energi tidak akan menyelesaikan masalah-masalah. Melainkan justru akan membuat menjadi lebih buruk. Semakin banyak energi tidak hanya akan mempercepat proses menghabisnya mineral, logam, hutan, dan ikan juga berarti semakin banyak polysi semakin banyak peracunan kimia, semakin banyak ketidakadilan sosial, lebih banyak kanker, dan lebih banyak kejahatan. Yang kita perlukan untuk mengatasi krisis kita yang multisegi ini bukanlah lebih banyak energi tetapi suatu perubahan besar terhadap nilai-nilai, sikap dan gaya hidup.  
Obsesi kita dengan pertumbuhan ekonomi dan sistem nilai yang mendasari telah menciptakan suatu lingkungan fisik dan mental di mana kehidupan telah menjadi sangat tidak sehat. Barangkali aspek yang paling tragis dari dilema sosial ini adalah kenyataan bahwa bahaya-bahaya kesehatan yang diciptakan oleh sistem ekonomi disebabkan tidak hanya oleh proses produksi tetapi juga oleh konsumsi berbagai barang yang dihasilkan dan diiklankan untuk menopang ekspansi.
Semakin banyak kita mempelajari persoalan-persoalan sosial pada zaman ini, semakin banyak disadari bahwa pandangan dunia mekanistik dan sistem yang terkait dengannya telah menghasilkan teknologi, institusi dan gaya hidup yang benar-benar tidak sehat.

Sedikit penjelasan di atas, dari hasil ringkasan sumber bacaan. Menurut saya, mengapa disebut sebagai sisi gelap pertumbuhan. Hal tersebut untuk memecahkan pandangan dunia ala Descartes yang mekanistik. Pertumbuhan yang dibarengi dengan berbagai masalah yang kompleks. Yang kemudian menjadi sisi gelap dari pertumbuhan itu sendiri. Banyak pihak yang berusaha untuk melakukan pertumbuhan, dengan caranya mereka. Namun, banyak pula dari pihak-pihak tersebut yang hanya mengambil keuntungan semata utnuk kepentingan sendiri. Tetapi tidak memikirkan bahwa apa yang dilakukannya bisa menimbulkan sesuatu yang buruk pula bagi sekitarnya. Entah itu lingkungan dan atau manusia. [i]






















[i] Sumber bacaan : "Titik Balik Peradaban", oleh F. Capra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini