Minggu, 05 Mei 2013

MEDIA SOSIAL (SOCIAL MEDIA), DLL (STRUKTUR, SISTEM, DAN DAMPAK)_Yusly Anggriyawan kelana_tugas 8

MEDIA SOSIAL (SOCIAL MEDIA), DLL
 (STRUKTUR, SISTEM,  DAN DAMPAK)
Nama   : Yusly Anggriyawan Kelana (109051000155)
Kelas   : KPI 6F
A. PENDAHULUAN
Media sosial adalah salah satu media komunikasi masa kini yang paling efektif. Dengan media sosial, seorang pengguna dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa batasan ruang dan waktu.  Media sosial tidak hanya menyediakan layanan komunikasi biasa. Media sosial juga menyediakan layanan lain yang memberi nilai tambah dalam komunikasi, seperti berbagi foto, berbagi video, dan bermain online game.
Struktur Media Sosial (Social Media)

Sistem Media Sosial (Social Media)
Sistem media sosial sangatlah memberikan menguntungkan bagi masyarakat dunia, hal ini di karenakan sistem tersebut dapat diakses dengan cepat dan dapat dilakukan dimana saja. Contoh, Gmail yang merupakan layanan surat elektronis berbasis situs ketiga terpopuler di dunia. Adanya jejaring media sosial situs Facebook (situs yang mendapatkan fasilitas baik yahoo maupun Gmail) mendapati 3 fasilitas baru dari pengembangan pada tampilan halaman depan setelahlogin. Filters : Dimana pengguna facebook bisa tetap update dengan teman – teman,
Stream : Secara langsung bisa melihat postingan teman – teman kita secara real time, tampilan baru ini dilengkapi dengan fitur update otomatis sehingga pengguna tidak perlu repot melakukan refresh halaman baru untuk melihat aktivitas terbaru dari sesama pengguna lainnya, Publisher : Kita dapat menerbitkan status kita, foto, catatan kita tanpa perlu membuka masing – masing aplikasi. Postingan tersebut akan muncul pada halaman profile kita dan pada homepage teman kita.[2]

Dampak Media Sosial (Social Media)
Dampak Positif :
1.      Media Bersifat gratis,
2.      Memudahkan kita membentuk jaringan sosial, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai pada teman baru,
3.      Memudahkan untuk berkomunikasi satu teman dengan teman yang lain baik secara real time ataupun offline,
4.      Harus Diakui bagi seorang seorang pemula dan remaja media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam mengenal dan mengawali dunia internet,
5.      Bisa dimanfaatkan untuk media promosi/iklan dan pemberitahuan secara uptodate, dan
6.       manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum.
Dampak Negatif :
1.      Menimbulkan ketergantungan,
2.      Dengan fasilitas yang beragam yang disediakan media tersebut, secara tidak langsung kita dituntut untuk meluangkan waktu bahkan terkadang secara tidak sadar menghabiskan banyak waktu dengan menjadikannya prioritas utama,
3.      Menciptakan dunia maya yang terkadang lebih mendoninasi daripada dunia nyata,
4.      Dengan menggap kebebasan berpendapat dan berekpresi dalam Media sosial, menjadikannya media tersebut seperti privasi padahal apa yang kita informasikan bisa dilihat oleh orang lain maupun orang yang telah ada dalam daftar pertemanan kita padahal tidak kita tidak bisa menjamin orang orang tersebut sebaik yang kita inginkan, dan
5.      Pandangan yang sebelumnya, "memanfaatkan" media tersebut, secara berlahan lahan akan berbalik kita yang "dimanfaatkan" oleh media tersebut karena media tersebut kebanyakan bergerak di dunia iklan.demikian ulasan kami tentang Jaringan sosial dan dampaknya, dampak diatas adalah contoh kecil berdasarkan pengalaman beberapa user dan tentunya semua orang mendapati dampak/manfaat yang berbeda pula tergantung pada pengetahuan dan kedewasaan masing – masing dalam memilih dan memanfaatkannya. Seperti orang tua kita bilang "Ambil Baiknya dan Buang Buruknya" mungkin nasehat tersebut patut kita renungkan.[3]
B. METODE STUDI
Dalam penulisan Paper  ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis menggunakan metode ini untuk mendapatkan data yaitu dengan melihat, membaca, dan mempelajari buku-buku referensi juga mencari dari Wikipedia/internet.
C. ANALISIS
Sosial media memang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan, mulai dari perkembangan, seluk beluk hingga tips-tips yang ada di dalamnya, tak terkecuali pengaruh dan dampaknya untuk masyarakat, utmanya masyarakat muda generasi Indonesia.
Melihat realita perkembangan zaman yang terjadi sekarang, media sosial seperti mendapatkan tempat tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Kita mengenal adanya facebook, twitter, YM, google +,  blog, dll. Media-media sosial ini terus tumbuh dan berkembang setiap harinya. Melalui media sosial, pemilik akun media sosial menyampaikan kegiatan kesehariannya, gagasannya, dan pula kritik nya terhadap suatu hal yang terjadi pada saat ini. Dengan media sosial pun semakin mempermudah akses komunikasi seseorang terhadap orang lain bahkan yang tempatnya itu berada jauh dari tempat si pemilik akun media sosial itu.
Social Media merupakan sebuah media baru yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan kita berada di posisi ketiga sebagai negara yang memiliki jumlah akun Facebook terbanyak, total pengguna Facebook saja di Indonesia sebanyak 43,06 juta orang. Itu baru Facebook, bagaimana dengan twitter dan social media yang lainnya? Tentu jumlah penggunanya di Indonesia juga sangat banyak. 
Masing-masing individu harus mempunyai sikap untuk tidak terjerumus dalam hal-hal negatif yang ada di social media tersebut. Saya sekarang tahu mengapa di luar negeri orang yang boleh menggunakan social media minimal berumur 13 tahun. Karena di social media banyak sekali unsur negatif yang belum pantas diterima oleh anak-anak kecil.
Dalam era globalisasi seperti saat ini, perkembangan dunia teknologi, terutama internet sudah tidak dapat dibendung lagi. Pemanfaatan internet beberapa tahun belakangan ini semakin pesat. Internet tidak lagi dijadikan sebagai media berkomunikasi semata, tapi juga telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia bisnis atau usaha, industri, pendidikan dan pergaulan sosial. Khusus untuk pergaulan sosial atau yang lebih dikenal dengan media sosial menunjukkan perkembangan yang luar biasa cepat. Saat ini sudah banyak sekali situs-situs media sosial yang menarik perhatian para pengguna internet. Beberapa situs media sosial seperti facebooktwittermyspace dan google+ bahkan sangat digandrungi oleh mayoritas pengguna internet di seluruh dunia, mulai dari anak kecil, remaja maupun dewasa.
Sejak situs media sosial menarik perhatian publik dunia. Sebagian besar penggunanya rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk mengatasi kecanduan media sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet, terutama situs media sosial. Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang kecanduan media sosial. Para pengguna situs media sosial ini tidak harus berhenti total, namun hanya perlu lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial. Dengan media sosial pun semakin mempermudah akses komunikasi seseorang terhadap orang lain bahkan yang tempatnya itu berada jauh dari tempat si pemilik akun media sosial itu.
DAFTAR PUSTAKA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini