Minggu, 05 Mei 2013

Media Elektronik dan Media Online_Daniella Putri Islamy

Nama: Daniella Putri Islamy

Media Elektronik dan Media Online
 (Struktur, sistem dan dampak)
1.      Pendahuluan
Pada zaman yang modern ini teknologi semakin berkembang dengan pesat, sehingga tidak ada lagi batasan antara ruang dan waktu yang mampu memisahkan seseorang yang berada di suatu tempat dengan seseorang yang lain yang berada di tempat yang lain. Perkembangan itu beriringan pula dengan perkembangan masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat yang modern,  kemudian secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi.
Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut di masyarakat. Salah satu perubahan yang terjadi yaitu terjadinya ketergantungan masyarakat pada penggunaan media elektronik dan media online.
Media elektronik adalah media yang menggunakan elektronik atau energi elektromekanis bagi pengguna akhir untuk mengakses kontennya. Istilah ini merupakan kontras dari media statis (terutama media cetak), yang meskipun sering dihasilkan secara elektronis tapi tidak membutuhkan elektronik untuk diakses oleh pengguna akhir. Sumber media elektronik yang tidak asing bagi pengguna umum antara lain adalah rekaman video, rekaman audio, presentasi multimedia, dan konten daring. Media elektronik dapat berbentuk analog maupun digital, walaupun media baru pada umumnya berbentuk digital. Singkatnya adalah media elektronik merupakan sebuah media untuk menyampaikan sesuatu, yang berbentuk elektronik. Contoh media elektronik yaitu televisi, radio, komputer, dll.[1]
Sedangkan, Media Online[2] merupakan media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet. Media online adalah generasi ketiga setelah media cetak (printed media) koran, tabloid, majalah, buku dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film / video. Secara lebih luasnya pengertian media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya.
2.      Metode Studi
Dalam penulisan  ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis mencari dan mendapatkan sumber informasi dari buku Pengantar Teori Komunikasi karangan Richard West dan Lynn H. Turner  yang membahas secara sekilas mengenai materi media elektronik dan media online dan yang mendukung data ini seperti web, jurnal, dan blog di internet.

3.      Analisis

Media elektronik[3] memang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, segala hal bisa dilakukan dengan media elektronik, media elektronik juga sangat berpengaruh bagi masyarakat khususnya untuk para pekerja kantoran serta para pelajar sekolah, pekerja kantoran sangat membutuhkan media ini untuk mengerjakan tugas-tugas di kantornya, sedangkan bagi pelajar mereka menggunakan media elektronik ini untuk mengerjakan tugas sekolahnya dan seringkali media elektronik ini menjadi sarana hiburan bagi para pelajar karena bisa digunakan untuk bermain games.
Selain itu media elektronik juga memiliki banyak pengaruh positif maupun negatif bagi masyarakat, dampak positif bagi masayarakat adalah masyarakat bisa mengikuti perkembangan teknologi, masyarakat banyak mendapatkan informasi melalui media elektronik, dll. Adapun dampak negatifnya adalah media elektronik dapat mengganggu kesehatan seseorang apabila penggunaannya secara berlebihan, seperti mata akan menjadi buram karena seringnya melihat dengan jarak dekat pada layar komputer, dan akan menimbulkan efek ketergantungan, seseorang bisa menjadi addict kepada media elektronik ketika ia bisa mendapatkan kesenangannya, sehingga ia akan terus menerus menggunakan media tersebut dan mengabaikan apa yang ada di sekelilingnya.
Media online[4] adalah media massa yang tersaji secara online seperti internet. Salah satu fungsi dari media online yaitu kita dapat memperoleh informasi secara cepat dari dalam negri maupun luar negri.  Sekarang ini yang marak dalam media online adalah situs berita atau portal informasi. Sesuai dengan namanya situs berita atau portal berita merupakan gerbang informasi yang memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi online dan berita didalamnya.
Karakteristik umum yang dimiliki media online, yaitu:
·                     Kecepatan (aktualitas) informasi
·                     Adanya pembaruan (updating) informasi
·                     Interaktivitas
·                     Personalisasi
·                     Kapasitas muatan dapat diperbesar
·                     Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)




























Daftar Pustaka

West Richard  & Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.




[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Media_elektronik
[3] Richard West  & Lynn H. Turner, Pengantar Teori Komunikasi, (Jakarta: Salemba Humanika, 2008) hal: 108
[4] http://pengaruh-apel.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini