Minggu, 05 Mei 2013

Media Sosial_Sita Mawarni Murdiati_tugas ke 8

MEDIA SOSIAL
SITA MAWARNI MURDIATI (NIM 109051000167)
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM VI/G


PENDAHULUAN
Media sosial adalah sejenis media yang digunakan terus secara talian dengan membolehkan para pengguna dengan mudah untuk menyertai, berkongsi, dan mencipta isi meliputi blog, rangkaian sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, rangkaian sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling berkongsi idea, bekerjasama, dan bekerjasama untuk mencipta ciptaan, berfikir, berdebat, mencari seseorang yang boleh menjadi kawan baik, mencari pasangan, dan membina sebuah komuniti. Terasnya, dengan menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kelajuan maklumat yang boleh diakses dalam beberapa saat, menjadikan diri sendiri dalam media sosial merupakan alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tidak terkecuali, keinginan untuk kepentingan diri dan keperluan menciptakan nama peribadi.[1]
METODE STUDI
Metode yang penulis gunakan pada penulisan makalah ini adalah dengan menggunakan metode studi pustaka.Yakni penulis melakukan pencarian terhadap bahan bacaan relevan yang sesuai dengan judul materi tersebut




ANALISIS KASUS

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
Berikut adalah 10 media sosial yang paling banyak diakses oleh para pengguna :
1.        Facebook
2.        Youtube
3.        Twitter
4.        Yahoo! Answer
5.        LinkedIn
6.        Tumblr
7.        Pinterest
8.        MySpace
9.        Google+
10.     LiveJournal[2]
Media sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan dan lain-lain. Media sosial sebagai struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi  memberikan jalan bagi mereka untuk dapat berhubungan satu sama lain. Sedangkan situs media sosial dapat diartikan sebagai sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya dapat membuat profil, melihat daftar pengguna lain yang tersedia, dan dapat mengundang atau menerima teman untuk ikut bergabung dalam situs media sosial tersebut.
Dampak media sosial bagi masyarakat berbagai macam. Dampak positif dari media sosial adalah mempermudah kita untuk melakukan komunikasi dengan banyak orang, dan memudahkan kita mendapatkan informasi. Dampak negatif dari media sosial bagi masyarakat adalah membuat kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya kurang. Dampak negatif dari media sosial adalah dapat membuat para pengguna menjadi kecanduan sehingga membuat para penggunanya menjadi malas. Sejak situs media sosial menarik perhatian publik dunia. Sebagian besar penggunanya rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk mengatasi kecanduan media sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet, terutama situs media sosial. Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang kecanduan media sosial. Para pengguna situs media sosial ini tidak harus berhenti total, namun hanya perlu lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial.[3]











DAFTAR PUSTAKA
http://ms.wikipedia.org/wiki/Media_sosial diakses pada tanggal 05 Mei 2013 pukul 22.42
http://pandusantoso.com/dampak-positif-dan-negatif-dari-media-sosial/ diakses pada tanggal 05 Mei 2013 pukul 23.00



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini