Sabtu, 04 Mei 2013

Media Sosial: Struktur, Sistem, dan Dampak. A Saeful Mu'nin_

MEDIA SOSIAL (SOCIAL MEDIA) DLL. (STRUKTUR, SISTEM, DAN DAMPAK)
A. SAIFUL MU'MININ (109051000166)
         KOMUNIKASI DN PENYIARAN ISLAM
PERTEMUAN KE 8

PENDAHULUAN
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Apakah arti sosial media dan apa keuntungan dan manfaat dari Social media itu ?, dijaman teknologi internet seperti sekarang ini peran social media memang cukup dibutuhkan, Social media sekarang ini digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, dan sebagai salah satu strategi dalam internet marketing Social media adalah suatu istilah yang luas untuk diartikan, tetapi istilah yang umum adalah bahwa kita bisa dapat berinteraksi untuk menuangkan pikiran dan pendapat kita pada sebuah website atau mencakup berbagai macam website dan juga berinteraksi dengan pengunjung lainnya.

Dalam istilah ini adalah media atau situs website yang akan menjadi penyampai informasi dua arah yang memungkinkan kita untuk bisa berinteraksi untuk memberikan pendapat atau masukan dan memberikan informasi lainnya kepada orang lain dengan minat yang sama, Interaksi ini dapat dengan cara sesederhana yaitu meminta komentar anda atau memposting informasi anda dalam sebuah artikel, atau bisa merekomendasikan dan semacamnya, situs website berita Social bukanlah hal yang sama seperti situs Social media tetapi setiap situs website yang mengundang kita untuk berinteraksi dengan situs dan dengan pengunjung lainnya jatuh ke dalam definisi Social media.

METODE STUDI
Dalam penulisan  ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis mencari dan mendapatkan sumber informasi dari buku-buku yang membahas mengenai teori-teori dan yang mendukung data ini seperti web ataupun referensi http://indowebsia.com/showseo.php?seo_id=10#ixzz2SDamuvgn, http://edukasi.kompasiana.com/2012/09/08/social-media-dan-pemanfaatannya-491319.html, http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial


ANALISIS
Pengertian media sosial atau dalam bahasa inggris "Social Media" menurut tata bahasa,  terdiri dari kata "Social"  yang memiliki arti kemasyarakatan atau sebuah interaksi dan "Media" adalah sebuah wadah atau tempat sosial itu sendiri. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran "user-generated content".

Manfaat media sosial di Indonesia sangat banyak, salah satunya adalah membuat komunitas di facebook. Pada awal tahun 2013 , tiga per empat dari penduduk Indonesia sudah menggunakan internet dan menikmati manfaat media sosial. Bulan Januari 2013, ada 45 juta pengguna internet di Indonesia, dan itu belum termasuk mereka yang menggunakan media sosial.
Hebatnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak. Dari 220 juta penduduk di Indonesia, mereka yang menikmati manfaat media sosial ada sekitar 30,1 juta pengguna facebook, jumlah ini merupakan terbanyak ke dua di dunia. Dan pengguna twitter di Indonesia ada 6,2 juta dan jumlah ini merupakan pengguna twitter terbesar ke tiga di Asia. Dan pengguna twitter yang aktif ada 20,8 persen dan itu merupakan persentase tertinggi, melebihi Brasil dan Amerika Serikat. Di Brasil hanya mencapai 20,5 persen dan Amerika Serikat saja hanya mencapai 11,9 persen. Di samping itu juga terdapat 45 juta orang yang berlangganan internet dan jumlah ini sudah termasuk pengguna internet melalui ponsel atau handphone.
Lahirnya website Wikipedia telah merubah cara orang mengkonsumsi informasi. Wikipedia telah merangkul kita dengan informasi yang diberikannya, kemudian mengarahkan kita pada halaman-halaman yang memiliki subyek yang bersangkutan dalam bentuk link. Semua informasi yang disediakan oleh Wiki berasal dari tempat yang berbeda-beda.
Meskipun strategi penjualan content atau informasi ini perlu menjadi pertimbangan yang cukup berat, tetapi pada kenyataannya ini adalah cara yang ampuh bagi para penerbit atau pemilik bisnis content agar dapat menyalurkan informasinya dengan cepat. Salah satu manfaat media sosial adalah membantu bisnis content anda untuk berkembang dengan pesat sehingga anda sebagai penerbit memiliki keunggulan dibandingkan dengan bisnis-bisnis lain. Media sosial adalah satu-satunya tempat dimana suatu niche grup tertentu dapat membantu content anda melesat dengan cepat.
Niche adalah kunci dari media sosial. Saya yakin bahwa anda memiliki hobi masing-masing seperti bermain sepeda, skateboard, ice-skating, dll. Hal ini merupakan kesempatan besar untuk menargetkan grup-grup tersebut. Namun, men-segmentasikan niche memerlukan pertimbangan yang sangat hati-hati yang perlu dilakukan pada awal kampanye untuk memastikan target pasar anda sudah tepat.
Perbedaan Social media dan Sosial Network yaitu mereka merupakan sama – sama media yang menyampaikan informasi, namun dalam menyampaikan informasi nya itu yang berbeda. Sebenarnya media sosial itu merupakan bagian dari media massa ,media massa itu terbagi 2 yaitu media massa konvensional dan media massa modern. Sosial Media ini termasuk dalam media massa modern. Lain halnya jika media massa konvensional. Seperti yang telah ketahui, media massa konvensional berupa majalah, koran,  dan hal – hal yang termasuk percetakan. Lalu melihat dari perbedaan antara media massa konvensional dengan media sosial ini adalah:
-Media massa konvensional cenderung lebih lambat dalam menghantarkan informasi yang terbaru di banding media sosial.
-Media massa konvensional terdapat gatekeeper sedangkan media sosial tidak.
-Media massa konvensional lebih lama dalam memberi feedback atau respon di banding media sosial.
Mengenal Situs Jejaring Social, yup itulah yang akan kita bicarakan kali ini. Akhir-akhir ini, istilah jejaring social banyak dibicarakan oleh hampir semua orang yang ada di dunia ini. Lalu, Apa yang dimaksud dengan Jejaring Social? Berbicara mengenai pengertian atau definisi dari Jejaring social, mungkin banyak orang yang mengartikannya secara berbeda-beda dan karena ini adalah blog saya, jadi saya pun akan menjelaskan definisi Jejaring Social menurut saya hehehe.
Menurut saya, jejaring social adalah suatu media atau jaringan yang sangat luas yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan orang banyak. Sedangkan menurut artikel yang saya baca di situs pengetahuan wikipedia, bahwa yang dimaksud dengan Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Berbicara soal manfaat jejaring social, menrut saya manfaatnya sangat banyak untuk mereka yang menggunakannya dengan bijak misalnya, dengan menggunakan facebook sebagai media untuk memperluas tali silaturahim, memanfaatkannya untuk mengetahui informasi terbaru, alat untuk berkomunikasi ataupun dijadikan sebagai media untuk melakukan promosi secara gratis.
Disetiap ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya, demikian pula halnya dengan jejaring sosial. Jika kita tidak menggunakan jejaring sosial dengan bijak mungkin kita juga akan merasakan dampak negatifnya. Seperti yang telah kita ketahui misalnya, dijadikan alat untuk penculikan, dijadikan untuk berjudi secara online dan masih banyak lagi.


DAFTAR PUSTAKA
http://indowebsia.com/showseo.php?seo_id=10#ixzz2SDamuvgn
http://edukasi.kompasiana.com/2012/09/08/social-media-dan-pemanfaatannya-491319.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini