Sabtu, 28 September 2013

Arga Pebrian KPI 1 B_Tugas4_"Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism" dan "Economy and Society"

Ø The Protestant  Ethic and the Spirit of Capitalism
Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism adalah buku yang ditulis oleh Max Weber. Dalam buku ini, Weber menulis bahwa kapitalisme di Eropa Utara berkembang ketika Protestan etika dipengaruhi banyak orang untuk terlibat dalam pekerjaan di dunia sekuler, mereka mengembangkan perusahaan sendiri dan terlibat dalam perdagangan dan akumulasi kekayaan untuk investasi.

§  kausalitas
Cukup jelas ketika Weber membicarakan isu keragaman kausalitas dalam studinya tentang hubungan antara protestanisme dengan semangat kapitalisme. Meskipun kadang-kadang ditafsirkan lain, weber sebenarnya hanya ingin menyatakan bahwa etika protestan adalah salah satu dari factor kausal munculnya semangat kapitalisme modern. Ia menganggap "lugu" gagasan yang mengatakan Protestanisme adalah satu-satunya sebab tunggal. Sama lugunya, menurut Weber, menganggap kapitalisme "hanya" dapat lahir sebagai akibat dari reformasi Protestan.
Dalam buku the protestant ethic and the spirit of capitalism, Weber tertarik dengan pertanyaan tentang kausalitas, namun ia tidak menggunakan model satu jalan sederhana, ia selalu menyelaraskan hubungan antar sejumlah factor social.
Ø Economy and Society
§  Tipe-tipe Ideal
"Tipe-tipe ideal yang disajikan dalam buku Economy and Society adalah campuran dari definisi, klasifikasi, dan hipotesis spesifik yang tampaknya sulit diselaraskan dengan pernyataan-pernyataan Weber" (1976: 118)
§  Orientasi Aksi Sosial
Aksi Sosial, seperti semua tindakan, mungkin berorientasi pada empat cara:
-  Instrumental rasional, yaitu ditentukan oleh harapan mengenai perilaku benda di lingkungan dan manusia lain, harapan ini digunakan sebagai" kondisi "atau" berarti "untuk pencapaian aktor sendiri rasional dikejar dan dihitung berakhir
- Nilai-rasional,  yaitu ditentukan oleh keyakinan sadar dalam nilai untuk kepentingan sendiri dari beberapa bentuk etika, estetika, agama, atau lain dari perilaku, terlepas dari prospek keberhasilannya
- Affectual (terutama emosional), yaitu ditentukan oleh aktor tertentu mempengaruhi perasaan dan negara
- Tradisional, yaitu ditentukan oleh pembiasaan mendarah daging
§  Agama
Dalam Ekonomi dan Masyarakat Weber membedakan tiga tipe ideal kegiatan keagamaan:
1. dunia terbang mistisisme
2. menolak dunia asketisme
3.asketisme batin duniawi
Referensi:
Sosiologi Klasik Modern_ Ritzer
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Protestant_Ethic_and_the_Spirit_of_Capitalism
http://en.wikipedia.org/wiki/Economy_and_Society

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini