Minggu, 29 September 2013

NITA LISTIANAH KPI/1C_Tugas 4_Economy and Society, The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism


Economy and Society
Max Weber merupakan pemikir sosiologi klasik yang memberi perhatian besar pada sistem ekonomi. Economy and Society dan General Economic History adalah dua karya terkemukanya yang bicara tentang sistem ekonomi. Meski demikian, Weber menarik garis tegas bagaimana ia melihat ekonomi dari perspektif sosiologi dan tidak terjebak pada teori-teori ekonomi. Bagi Weber, sistem ekonomi lahir dan dipengaruhi oleh hal-hal lain di luar bidang ekonomi tersebut.

Jika pada bukunya The Protestan Ethic and The Spirit of Capitalism Weber memaparkan bagaimana agama Protestan mempengaruhi lahirnya sistem ekonomi kapitalis, pada Economy and Society Weber menekankan bagaimana tindakan sosial dan sistem  politik (kekuasaan) membentuk dan mempengaruhi sistem ekonomi.
Weber mendefinisikan tindakan sosial (social action) sebagai tindakan individu (aktor) yang  memiliki makna subyektif bagi individu tersebut tetapi berdampak pada individu lain dan mengharapkan timbulnya reaksi dari individu lain tersebut.
"Action insofar as the acting  individual attaches a subjective meaning to his behavior…Action is "social" insofar as its subjective meaning takes account of the behavior of others and is thereby oriented in its course."
                                                            (Weber, Economy & Society, 1978: 4)
"Social action, which includes both failure to act and passive acquiescence, may be oriented to the past, present, or expected future behavior of others."
                                                            (Weber, Economy & Society, 1978: 22)
Dari definisi ini terlihat bahwa tidak setiap aktivitas individu merupakan tindakan sosial. Aktivitas beribadah bukanlah sebuah tindakan sosial. Sebab ini  merupakan aktivitas perseorangan yang tidak berhubungan dengan orang lain. Berbeda dengan aktivitas ekonomi,  di mana setiap tindakan aktor selalu bersinggungan dengan individu lain dan menghadirkan reaksi atas tindakan tersebut (1978: 22).
Weber menyebut ada empat tipe tindakan sosial (1978: 24-25). 1) Instrumentally rational, yaitu tindakan sosial yang mengharapkan reaksi individu lain sesuai dengan kondisi atau tujuan aktor yang melakukan tindakan sosial tersebut. 2) Value-rational, yaitu tindakan sosial berdasarkan nilai agama atau etika yang dipegang. 3) Affectual, yaitu tindakan sosial yang dipengaruhi oleh emosi atau perasaan aktor. 4) Traditional, yaitu tindakan sosial yang dibentuk oleh kebiasaan.
Dari teorinya tentang tindakan sosial ini, Weber mendefinisikan konsepnya tentang tindakan ekonnomi (economic action). Menurutnya, tindakan ekonomi adalah tindakan sosial yang berorientasi ekonomi, yakni upaya memenuhi kebutuhan, termasuk di dalamnya upaya menguasai sumber daya ekonomi dan  mencari keuntungan.
"Economic action is any peaceful exercise of an actor's control over resources which is in its main impulse oriented towards economic ends."
                                                                   (Weber, Economy & Society, 1978: 63)
Weber menekankan pada upaya perdamaian. Tindakan yang menggunakan kekerasan meskipun berorientasi ekonomi bukanlah tindakan ekonomi dalam definisi ini. Begitu halnya dengan perang.
Tindakan ekonomi inilah yang menjadi asal muasal terbentuknya sistem ekonomi. Dimulai dari tindakan ekonomi yang paling sederhana, yakni tukar menukar barang kebutuhan, hingga upaya mencari keuntungan mulai dari model kapitalisme tradisional hingga yang modern.
Dominasi Kekuasaan
Weber melihat dominasi kekuasaan selalu ada dalam setiap sistem masyarakat. Kekuasaan didefinisikan Weber sebagai sebuah sistem yang memiliki kekuatan untuk membuat setiap perintahnya dipatuhi oleh sekelompok orang.
"Domination was defined as the probability that certain specific commands (or all commands) will be obeyed by a given group of persons."
                                                                (Weber, Economy and Society, 1978: 212)
Terdapat tiga bentuk dominasi kekuasaan menurut Weber (1978: 215). Pertama, dominasi kekuasaan legal rasional. Ini adalah bentuk dominasi kekuasaan yang dibentuk dan diatur dengan sebuah aturan legal.  Yang termasuk dalam bentuk dominasi kekuasaan ini adalah negara dan kepala negara. Kedua adalah kekuasaan tradisional. Yaitu kekuasaan yang dihasilkan oleh kepercayaan tradisional. Contoh dominasi kekuasaan ini adalah kerajaan dan raja. Terakhir adalah dominasi kekuasaan karismatik.Yaitu dominasi akibat karisma atau kemampuan individu yang dijadikan pemimpin.
Masing-masing bentuk kekuasaan, menurut Weber, akan menghasilkan sistem ekonomi yang berbeda. Kekuasaan tradisional terdapat pada sistem masyarakat feodal. Dalam sistem ini tidak ada staf administrasi atau sistem birokrasi, yang ada hanyalah pelayan raja atau kerajaan. Kerja pelayan-pelayan tidak berdasarkan tanggung jawab pada tugas tapi pada loyalitas pribadi (1978: 227). Pada sistem masyarakat seperti ini, sumber daya yang ada adalah milik kerajaan. Kegiatan ekonomi yang  ada hanyalah kegiatan ekonomi tradisional, yakni tukar-menukar barang atau jual  beli.
Pada kekuasaan karismatik, pegawai atau birokrat adalah pengikut dari pemimpin tersebut. Bentuk kekuasaan karismatik terlihat dalam kekuasaan agama. Kekuasaan ini, menurut Weber, akan bertransformasi ke dalam bentuk legal-rasional atau tradisional, atau bahkan  mencakup dalam keduanya.
Bagi  Weber, bentuk kekuasaan yang ideal adalah legal-rasional. Keidealan ini terutama terletak pada sistem birokrasinya. Terdapat beberapa ciri sistem birokrasi legal-rasional (Ritzer, 1996: 129). 1) Terdiri dari beberapa fungsi organisasi yang disatukan oleh aturan. 2) Masing-masing bagian memiliki keahlian yang berbeda. 3) Terdapat sistem hirarki. 4) Terdapat syarat keahilan untuk menduduki posisi dalam birokrasi. 5)Dalam menjalankan tugasnya, staf-staf  tidak menggunakan atau mengorbankan barang pribadinya. 6) Setiap tindakan, keputusan, dan aturan dibuat secara tertulis.
Pada kekuasaan legal-rasional telah dibangun sistem birokrasi modern yang rasional.  Rasionalisasi menurut Weber adalah kunci lahirnya kapitalisme (Randall Collins, Weber's Last Theory of Capitalism: 92-93). Di sini terlihat bagaimana sistem politik dalam hal ini dominasi kekuasaan bisa membentuk dan mempengaruhi sistem ekonomi. Weber telah menunjukkan bahwa sistem ekonomi tidak bisa hanya dilihat dari teori ekonomi, melainkan juga harus dilihat dari kacamata sosiologi.
Tipe-tipe ideal yang disajikan dalam buku Economy and Society adalah campuran dari definisi, klasifikasi, dan hipotesis spesifik yang tampaknya sulit diseleraskan dengan pernyataan-pernyataan Weber, Weber menawarkan beberapa macam tipe ideal:
1.      Tipe ideal historis, ini terkait dengan fenomena yang ditemukan pada epos sejarah tertentu, (misalnya, pasar kapitalistis modern).
2.      Tipe ideal sosiologis umum, ini terkait dengan fenomena yang bersinggungan dengan beberapa periode historis dan masyarakat (misalnya, birokrasi).
3.      Tipe ideal tindakan, ini merupaka tipe tindakan murni yang di dasarkan pada motivasi pelaku (misalnya, tindakan afektual).
4.      Tipe ideal struktural, ini merupakan bentuk sebab dan akibat tindakan sosial (misalnya, dominasi tradisional).
The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism
Tulisan-tulisan metodologis dari Weber, dalam The Protestant Ethic (1958), menjelaskan masalah kebenaran dan interpretasi sejarah baik yang materialistis maupun yang idealistis sebagai pola-pola teoritis yang menyeluruh. Akan tetapi, metodologi Weber harus ditempatkan di dalam kerangka pertentangan yang sedang berlangsung mengenai hubungan antara ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan tentang manusia atau sosial. Ruang lingkup tindakan manusia dikatakan sebagai suatu ruang lingkup dimana metode-metode ilmu alam tidak berlaku, sehingga di dalam ruang lingkup itu harus dipakai prosedur-prosedur intuisi, yang tidak eksak dan persis.
Karya Weber pada dasarnya adalah mengemukakan teori tentang rasionalisasi (Brubaker, 1984). Secara spesifik, berkembangnya brokrasi dalam kapitalisme modern, merupakan sebab-akibat dari rasionalisasi hukum, politik, dan industri. Menurutnya, birokratisasi itu sesungguhnya merupakan wujud dari administrasi yang konkrit dari tindakan yang rasional, yang menembus bidang peradaban Barat, termasuk kedalamnya seni musik dan arsitektur. Kecenderungan totalitas ke arah rasionalisasi di dunia Barat merupakan hasil dari pengaruh perubahan sosial.
Weber mengakui bahwa ilmu-ilmu sosial harus berkaitan dengan fenomena spiritual atau ideal, sebagai ciri-ciri khas dari manusia yang tidak berada dalam jangkauan bidang ilmu-ilmu alam. Akan tetapi, pembedaan yang diperlakukan tentang subyek dan obyek tidak harus melibatkan pengorbanan obyektivitas di dalam ilmu-ilmu sosial, atau pembedaan yang menyertakan intuisi sebagai pengganti untuk analisis sebab-musabab yang dapat ditiru. Menurut Weber, ilmu-ilmu sosial bermula dari suatu perasaan bertanggungjawab atas masalah-masalah praktis, dan kemudian dirangsang oleh rasa keharusan manusia memberi perhatian demi terjadinya perubahan sosial yang diinginkan (Giddens, 1986: 164).
Penggunaan ilmu pengetahuan empiris dan analisis logis dapat memperlihatkan kepada seseorang tentang apa yang dapat dicapainya, atau akibat apa saja yang terjadi selanjutnya, serta membantunya menjelaskan sifat dari ideal-idealnya. Akan tetapi, ilmu pengetahuan itu sendiri sulit untuk menerangkan kepadanya tentang keputusan apa yang harus diambil. Analisis Weber mengenai politik dan tentang logika motivasi politik, didasarkan atas pertimbangan-perimbangan ini. Perilaku politik dapat diarahkan dalam suatu etika dari maksud-maksud pokok atau dalam suatu etika pertanggungjawaban. Perilaku ini pada akhirnya bersifat keagamaan, atau paling tidak memiliki bersama dengan perilaku keagamaan dengan atribut-atributnya yang luar biasa.
Inti dari pembahasan Weber tentang sifat obyektivitas merupakan usaha untuk menghilangkan kekacauan, yaitu yang menurut Weber seringkali dianggap menutupi pertalian yang logis antara pertimbangan-pertimbangan ilmiah dan pertimbangan-pertimbangan nilai. Arah tujuan tulisan-tulisan empiris dari Weber sendiri—yang tampak dalam Economy and Society—menyebabkan suatu perubahan tertentu dalam penitikberatan di dalam pendirian tersebut. Weber tidak melepaskan pendirian fundamentalnya tentang pemisahan logis dan mutlak antara pertimnbangan-pertimbangan faktual dan pertimbangan-pertimbangan nilai. Dengan demikian, sosiologi itu sendiri berkaitan dengan perumusan dari prinsip-prinsip umum dan konsepsi-konsepsi jenis umum yang ada hubungannya dengan tindakan sosial. Sebaliknya, sejarah diarahkan ke analisis dan penjelasan sebab-musabab dari tindakan-tindakan, struktur-struktur dan tokoh-tokoh yang khusus dan yang dalam segi budaya memiliki arti penting. (Giddens, 1986: 168-178).
Di sisi lain, Weber dan Marx tampaknya setuju untuk menolak idealisme Hegel, yang menyatakan bahwa di dunia ada yang mendominasi, yaitu national spirit (folk spirit). Durkheim menyatakan bahwa memang ada semangat tertentu dalam kelompok yang mengikat sehingga menjadi unit analisis. Asumsi dasar Marx mengenai saling ketergantungan antara pelbagai institusi dalam masyarakat juga ditekankan dalam fungsionalisme Durkheim, Misalnya, pandangan keduanya mengenai pentingnya hasil tindakan yang tidak dimaksudkan, yang sebenarnya bertentangan dengan hasil yang diharapkan. Sebagai contoh tentang ini, dapat dilihat pula dalam pengaruh-pengaruh yang tidak diharapkan dari investasi kapitalis yang dimaksudkan untuk meningkatkan keuntungan, akan tetapi secara tidak disengaja mempercepat krisis ekonomi (Johnson, 1986: 163).
Konvensionalisme dalam Perubahan Sosial Menurut Weber:
Assumption &
Beliefs Concerning
Conventionalism
Max Weber
(1864-1920)
Idealism
Stereotype "Volintarism"
1. The Image
Individual
Positive
2. The Image of
Society
Social Structure:
A Network of Meaning
(The relationships between social actions, the social structures, and institutions of capitalism)
3. The Image
Theory
Verstehen:
Empathy Interpretation
4. Methodological
implications
Qualitative Approach
5. Other Label:
- Purdeu (1986)
- Ritzer (1985)
-Pluralist Paradigm
-Social Definition Paradigm
Hubungan Tentang Agama dan Kapitalisme:
  1. Mempelajari agama dengan mengkritisi kehidupan agama sebagai subyek analisis mendalam.
  1. Melihat adanya spirit agama untuk memobilisir kekuatan ekonomi sebagai bentuk hubungan manusia dengan Tuhan
  1. Verstehen adalah upaya ekploitasi subyektif nilai-nilai perilaku beragama setiap individu anggota masyarakat
  1. Menganggap kapitalisme berasal dari suatu rasionalitas adanya ide keagamaan (irrational callings)—dalam Calvinisme—sehingga orang bekerja keras demi panggilan Tuhan.

  1. Profesional yang tinggi (etos kerja) ini berada dalam semangat kapitalisme dan etika protestan.
II
Hubungan Antara Agama dan Rasionalitas dengan Perubahan Sosial.
Konsep Perubahan sosial dapat muncul dari dua kubu yang saling mencari pengaruh, yaitu kubu materialisme yang dipelopori oleh Marx dan Durkheim. Dalam proses perubahan sosial, Marx menempatkan kesadaran individu sejajar dengan kesadaran kelas, ideologi dan budaya yang kemudian merupakan medium perantara antara struktur dan individu. Sebab, pada dasarnya, individu itu baik, tetapi masyarakatlah yang membuatnya menjadi jahat. Meskipun Marx dan Weber sama-sama setuju bahwa basis kapitalisme modern adalah produksi masyarakat, akan tetapi Marx mengkhususkan diri dalam kiprahnya, sebab, dinamika sosial adalah faktor penyebab terjadinya konflik total.
Mengenai hubungan Weber dan Marx adalah bahwa ia dipandang lebih banyak bekerja menurut tradisi Marxian ketimbang menentangnya. Karyanya tentang agama (Weber, 1951; 1958a; 1958b), apabila diinterpretasikan menurut sudut pandang ini adalah semata-mata merupakan upaya untuk menunjukkan bahwa agama bukanlah satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi gagasan, akan tetapi gagasan itu sendiri yang mempengaruhi struktur sosial. Interpretasi karya Weber pada sisi ini jelas menempatkannya sangat dekat dengan teori Marxian. Contoh yang lebih baik dari pandangan bahwa Weber terlihat dalam proses membalikan teori Marxian adalah dalam bidang teori stratifikasi (Ritzer & Goodman, 2003: 36).
Struktur sosial dalam perspektif Weber, didefinisikan dalam istilah-istilah yang bersifat probabilistik dan bukan sebagai suatu kenyataan empirik yang ada terlepas dari individu-individu. Jadi, misalnya suatu hubungan sosial seluruhnya dan secara eksklusif terjadi karena adanya probabilitas, dimana akan ada suatu arah tindakan sosial dalam suatu pengertian yang dapat dimengerti secara berarti. Suatu keteraturan sosial yang absah didasarkan pada kemungkinan bahwa seperangkat hubungan sosial akan diarahkan ke suatu kepercayaan akan validitas keteraturan itu. Dalam semua hal ini, realitas akhir yang menjadi dasar satuan-satuan sosial yang lebih besar ini adalah tindakan sosial individu dengan arti-arti subyektifnya. Karena orientasi subyektif individu mencakup kesadaran akan tindakan yang mungkin dan reaksi-reaksi yang mungkin dari orang lain.
Weber juga mengakui pentingnya stratifikasi ekonomi sebagai dasar yang fundamental untuk kelas perubahan. Baginya, kelas sosial terdiri dari semua mereka yang memiliki kesempatan hidup yang sama dalam bidang ekonomi. Menurutnya, kita dapat bicara tentang suatu kelas apabila: (1) sejumlah orang sama-sama memiliki sumber hidup mereka sejauh; (2) komponen ini secara eksklusif tercermin dalam kepentingan ekonomi berupa kepemilikan benda-benda dan kesempatan memperoleh pendapatan yang terlihat dalam; (3) kondisi-kondisi komoditi atau pasar tenaga kerja (Johnson, 1986: 222).
Weber memandang Marx dan para penganut Marxis pada zamannya sebagai determinis ekonomi yang mengemukakan teori-teori berpenyebab tunggal tentang perubahan sosial. Artinya, teori Marxian dilihat oleh Weber sebagai upaya pencarian semua perkembangan historis pada basis ekonomi dan memandang semua struktur kontemporer dibangun di atas landasan ekonomi semata. Salah satu contoh determinisme ekonomi yang menggangu pikiran Weber adalah pandangan yang mengatakan bahwa ide-ide hanyalah refleksi kepentingan materil (terutama kepentingan ekonomi), dan bahwa kepentingan materi menentukan ideologi (Ritzer & Goodman, 2003: 35).
Weber mencurahkan perhatiannya pada gagasan dan pengaruhnya terhadap ekonomi. Dalam The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism (1958), Weber membahas pengaruh gagasan keagamaan terhadap ekonomi. Ia memusatkan perhatian pada Protestanisme terutama sebagai sbuah sistem gagasan, dan pengaruhnya terhadap kemunculan sistem gagasan yang lain, yaitu semangat kapitalisme, dan akhirnya terhadap sistem ekonomi kapitalis. Weber mencurahkan perhatian serupa terhadap agama dunia yang lain, dengan mempelajari bagaimana cara gagasan keagamaan itu merintangi perkembangan kapitalisme dalam masyarakatnya masing-masing (Weber, 1951; 1958). Berdasarkan karya-karya Weber ini, kesimpulannya adalah bahwa Weber mengembangkan gagasan yang bertentangan dengan gagasan Marx.
Konsep legitimasi keteraturan sosial mendasari analisa Weber mengenai institusi ekonomi, politik, dan agama, serta interpretasinya mengenai perubahan sosial. Stabilitas keteraturan sosial yang absah, menurut Weber, tidak tergantung semata-mata pada kebiasaan saja atau pada kepentingan dari individu yang terlibat. Artinya, uniformitas perilaku tidak diperkuat oleh sanksi eksternal. Justru sebaliknya, hal ini didasarkan pada penerimaan individu akan norma-norma atau peraturan-peraturan yang mendasari keteraturan itu sebagai sesuatu yang dapat diterima atau yang diinginkan (Giddens, 1986).
Otoritas legal rasional tersebut di atas, diwujudkan dalam organisasi birokratis. Analisa Weber yang sangat terkenal mengenai organisasi birokratis berbeda dengan sikap yang umumnya terdapat pada masa kini, yang memusatkan perhatiannya pada birokrasi yang tidak efisien, boros, dan nampaknya tidak rasional lagi. Sebaliknya, dalam membandingkan birokrasi dengan bentuk-bentuk administrasi tradisional kuno yang didasarkan pada keluarga besar dan hubungan pribadi, Weber melihat birokrasi modern sebagai satu bentuk organisasi sosial yang paling efisien, sistematis, dan dapat diramalkan. Walaupun organisasi birokratis yang sebenarnya tidak pernah sepenuhnya mengabaikan timbulnya hubungan-hubungan pribadi, namun stidaknya sebagian besar analisa Weber mengenai birokrasi ini mencakup karakteristik-karakteristik yang istimewa, dan dipandang sebagai tipe yang ideal (Johnson, 1986: 226).
Teori Rasionalitas Perubahan Sosial Max Weber (1864-1920) adalah sebagai berikut:
  1. Traditional Rationality: Tujuannya adalah perjuangan nilai yang berasal dari tradisi kehidupan masyarakat (sehingga ada yang menyebut sebagai tindakan yang non-rational).
  2. Value Oriented Rationality: Suatu kondisi dimana masyarakat melihat nilai sebagai potensi hidup, sekalipun tidak aktual dalam kehidupan keseharian.
  3. Affective Rationality: Jenis Rational yang bermuara dalam hubungan emosi yang sangat mendalam, dimana ada relasi hubungan khusus yang tidak dapat diterangkan di luar lingkaran tersebut.
  4. Purpossive Rationality: Tujuannya adalah "tindakan" dan "alat" dari bentuk rational yang paling tinggi yang dipilihnya "Etika Protestan" dan "Semangat "Kapitalisme".
Inti Teori Weber tentang perubahan sosial adalah terletak pada:
  1. Weber dan Marx tampaknya setuju untuk menolak idealisme Hegel, yang menyatakan bahwa di dunia ada yang mendominasi, yaitu national spirit (folk spirit). Durkheim juga menyatakan bahwa memang ada semangat tertentu dalam kelompok yang mengikat sehingga menjadi unit analisis (analisis parameter)
  2. Berbeda dengan Weber yang menyatakan bahwa sebelum terjadinya teknologi terlebih dahulu telah terjadi perubahan gagasan baru dalam pola pemikiran masyarakat, dalam pemikiran Marx justru sebaliknya.
  3. Marx dan Weber sama-sama setuju bahwa basis kapitalisme modern adalah produksi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini