Minggu, 29 September 2013

Yumaretsa Ridwan KPI 1 A_Tugas4_Max Weber

The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism 

Dalam buku ini weber memaparkan pendangannya mengenai kausalitas dan keterkaitan antara etika Protestan dan munculnya kapitalisme di Eropa Barat. Ia menyatakan yang dimaksud dengan kausalitas adalah  kemungkinan suatu peristiwa diikuti atau disertai peristiwa lain. Menurutnya mencari keajekan historis, pengulangan dan keparalelan saja tidak cukup.  Namun, peneliti harus melihat alasan, sekaligus makna, perubahan-perubahan historis .

Ada sesuatu hal yang menarik dan perlu diingat dalam buku ini mengenai  pemikiran Weber tentang kausalitas adalah keyakinan dia bahwa karena kita dapat memiliki pemahaman khusus tentang kehidupan sosial ,penegetahuan kausal atau ilmu-ilmu sosial berbeda dengan pengetahuan kausal tentang ilmi-ilmu alam.

Pemikiran Weber tentang kausalitas terkait erat dengan upayanya memahami konflik antara pengetahuan nomotetis dengan pengetahuan idografis. Mereka yang menganut sudut pandang nomotetis akan beragumen bahwa terdapat hubungan pasti antar fenomena sosial, sementara itu para pendukung perspektif idiografis cenderung hanya melihat hubungan acak antar entitas-entitas tersebut.

Weber mengemukakan tesisnya yang terkenal mengenai keterkaitan antara Etika Protestan dan munculnya Kapitalisme di Eropa Barat. Menurutnya  muncul dan berkembangnya kapitalisme di Eropa Baratberlangsung secara bersamaan dengan perkembangan Sekte Kalvinisme dalam agama Protestan.


Economic and Society

Dalam buku ini Weber menjelaskan tipe-tipe ideal. Menurutnya tipe-tipe ideal  adalah perangkat heuristik yang digunakan dalam irisan realitas sejarah yang berfungsi sebagai alat pembanding dengan realitas empiris untuk menentukan ketidaksesuaian ataupun kemiripan, untuk menggambarkannya dengan konsep yang paling dapat dipahami secara tepat, dan untuk menentukan dan menjelaskannya secara kasual. Karena memiliki deinisi yang seperti ini, Weber tidak sepenuhnya konsisten dengan caranya menggunakan tipe ideal. Pada level paling dasar, tipe ideal adalah konsep yang dikonstruksi oleh ilmuwan sosial, menurut minat dan orientasi teoretisnya, dalam rangka memahami ciri utama fenomena sosial.

Tipe-tipe ideal harus masuk akal di dalam dirinya sendiri, makna komponen-komponennya harus kompatibel, dan semua hal itu harus membantu kita memahami dunia riil. Ada beberapa macam tipe ideal yang weber tawarkan, yaitu :

 1) tipe ideal histories

Tipe ini terkait dengan fenomena yang ditemukan pada epos sejarah tertentu (misalnya, pasar kapitalistis modern).

2) tipe ideal sosiologis umum

Tipe ini terkait dengan fenomena yang bersinggung dengan beberapa periode historis dan masyarakat (misalnya, birokasi).

3) tipe ideal tindakan

Tipe ini merupakan tipe tindakan murni yang didasarkan pada motivasi pelaku (misalnya, tindakan afektual).

4) tipe ideal struktural

Tipe ini merupakan bentuk sebab dan akibat tindakan sosial (misalnya, dominasi tradisional).

 

Sumber:     Ritzer, G., & Goodman, D. J. TEORI SOSIOLOGI. Bantul : KREASI WACANA.

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini