Jumat, 18 Oktober 2013

Musfiah Saidah KPI 1A_Tugas 6_Metode-metode sosiologi

Metode-Metode Sosiologi
 
Sosiologi memiliki cara untuk mempelajari masyarakat. Cara kerja tersebut disebut metode. Jadi metode dalam sosiologi adalah cara kerja dalam mengkaji objek kajian sosiologi.
Paul B. Horton mengemukakan metode penelitian dalam sosiologi antara lain :
a.      Studi Cross-Sectional dan Longitudinal.
Studi Cross-Sectional merupakan pengamatan yang meliputi suatu daerah yang luas dan dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan studi longitudinal ialah studi yang berlangsung sepanjang waktu.
b.      Eksperimen Laboratorium dan Eksperimen Lapangan.
Dalam penelitian dengan Eksperimen Laboratorium, subjek orang dikumpulkan disuatu tempat kemudian diberi pengalaman sesuai yang diinginkan peneliti kemudian dicatat kesimpulannya. Sedangkan penelitian lapangan ialah penelitian diluar laboratorium kemudan peneliti memberikan pengalaman baru pada objek secara umum kemudian mengamati hasilnya.
c.        Peneitian pengamatan
Penelitian yang tidak mempengaruhi terjadinya suatu kejadian.
Tetapi pada dasarnya ada dua metode yang digunakan dalam sosiologi, yaitu :
1.      Metode kualitatif
Metode kualitatif ialah metode yang mengutamakan bahan yang sukar dapat diukur dengan angka.
Terdapat beberapa jenis metode dalam metode kualitatif, yaitu :
a.      Metode historis yaitu metode yang menggunakan analisis atas peristiwa yang terjadi.
b.      Metode kompratif yaitu metode yang mementingkan perbandingan untuk menghasilkan persamaan dan perbedaan serta sebab dan akibatnya.
c.       Metode studi kasus yaitu metode pengamatan tentang suatu keadaan kelompok. Alat yang digunakan antara lain : wawancara (interview) , daftar pertanyaan (quetsionnare) , dan participant observer technique (pengamat terlibat dan ikut dalam kehidupan sehari-hari masyarakat) yang diamati.
 
2.      Metode kuantitatif
Metode kuantitatif ialah metode yang dapat diukur dnegan angka sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan skala, neraca, dsb. Instrumen penggalian data pada metode kuantitatif menggunakan quetsionnare yang reliable dan terukur.
 
Selain metode diatas, terdapat  metode-metode lain yang perlu di pahami, yaitu :
A.       Metode deduktif, metode berpikir yang dimulai dari hal-hal yang berlaku umum untuk menarik kesimpulan yang khusus.
B.      Metode induktif, yaitu metode dengan mempelajari gejala-gejala khusus untuk mendapat keismpulan yang bersifat umum.
C.      Metode empiris, yaitu metode yang mementingkan keadaan dari pengalaman nyata yang ada di masyarakat yang diwujudkan dengan research. Reseach dapat bersifat basic atau applied. Research yang bersifat basic bertujuan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih banyak, sedangkan research yang bersifat applied bertujuan untuk penggunaan atau pengaplikasian.
D.     Metode Rasional yaitu metode yang mengutamakan penalaran dan logika akal sehat untuk memahami masyarakat.
E.      Metode fungsional, yaitu metode yang digunakan untuk menilai kegunaan lembaga sosial dan struktur sosial masyarakat.
 
Pada dasarnya metode-metode dalam sosiologi tersebut saling berhubungan dan para ahli sosiologi seringkali menggunakan lebih dari satu metode untuk meneylidiki objek penelitiannya. Namun setiap ilmu penegtahuan memiliki konsep untuk menganalisis masalah yang dibahasnya, untuk sosiologi yaitu masyarakat.
 
 
Daftar Pustaka :
Sayomukti. 2010. Pengantar Sosiologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Soejono, Soekanto. 2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Pesada.
Setiadi, Elly M dan Kolip Usman. 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini