Jumat, 18 Oktober 2013

Haidar Hasan_KPI 1_Tugas 6_Metode Sosiologi

METODE SOSIOLOGI
 
            Pada dasarnya, kebanyakan ilmuwan sosiologi membagi metode yang ada dalam stud sosiologi  kepada dua bagian diantaranya adalah, metode kualitatif dan metode kuantitatif.
1.      Metode Kualitatif
Metode kualitatif adalah sebuah metode yang digunakan untuk menilai sebuah objek yang nampaknya sulit untuk dinilai dengan angka yang bersifat eksak. Dalam metode ini terdapat beberapa jenis metode, diantaranya adalah sebagai berikut :
·         Metode Historis
Metode Historis adalah sebuah metode yang menggunakan analisis atas peristiwa yang terjadi di masa lampau sebagai bahan  untuk menghasilkan prinsip-prinsip umum tentang pola, proses dan perubahan sosial.
 
·         Metode Komparatif
Metode ini digunakan dengan cara membandingkan berbagai jenis masyarakat yang ada dalam ruang lingkup sosial yang nantinya akan melahirkan persamaan, perbedaan yang ada di masyarakat serta akan melahirkan sebuah sebab serta akibat yang terjadi pada sebuah masyarakat sosial.
 
·         Metode Studi Kasus
Metode ini bersifat pengamatan dan hal ini dilakukan kepada sebuah objek yang tertuju hingga nantinya akan melahirkan sebuah kesimpulan tentang fakta sosial yang terjadi pada sebuah objek yang diamati.
 
2.      Metode Kuantitatif
Metode ini digunakan dengan menggunakan angka atau bisa disebut bahwa sebuah objek yang di amati dapat di nilai secara tematis. Diantara beberapa metodenya adalah sebagai berikut :
·         Metode Deduktktif
Metode ini dilakukan dengan cara, seorang pengamat harus berfikir secara umum tentang apa atau siapa yang diamati hingga nantinya akan dihasilkan sebuah kesimpulan yang bersifat khusus. Dan fakta yang dihasilkan diuji berdasarkan teori yang ada. Dan metode ini pun sering disebut sebagai teori sentris.
 
·         Metode Induktif
Metode ini dilakukan dengan cara, seorang pengamat harus berfikir secara khusus tentang apa atau siapa yang diamati hingga nantinya akan dihasilkan sebuah kesimpulan yang bersifat umum. Dan keumuman tersebut dijadikan sebagai teori data atau fakta yang dianggap sebagai gejala khusus.
·         Metode Empiris
Ini adalah sebuah metode yang mengutamakan sebuah keadaan nyata yang terjadi pada sebuah masyarakat di wilayah sosial.
·         Metode Rasional
Adalah sebuah metode yang bertumpu pada logika atau nalar logis yang digunakan untuk memahami gejala yang terjadi di masyarakat.
·         Metode Fungsional
Adalah metode yang digunakan untuk menilai kegunaan lembaga-lembaga siosial masyarakat dan struktur sosial masyarakat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini