Jumat, 17 Oktober 2014

TUGAS KE 4 ETIKA DAN FILSAFAT KOMUNIKASI_DEWI UTARI_1112051000134_KPI 5E

NAMA: DEWI UTARI                             NIM: 1112051000134
KPI 5E
TUGAS KE 4
ETIKA DAN FILSAFAT KOMUNIKASI
       I.            Pengertian Filsafat Komunikasi
Onong .U. Effendy dalam bukunya Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. mendefinisikan filsafat komunikasi sebagai suatu disiplin yang menelaah pemahaman (verstehen) secara fundamental, metedologis, sistematis, analitis, kritis dan holistis teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensi menurut bidangnya, sifatnya, tatanannya, tujuannya, fungsinya, tekniknya dan metodenya.[1]
Mengacu pada paradigma Laswell dengan 5 unsur komunikasi, adalah komunikator pesan, komunikan, media dan efek tentunya tidaklah cukup untuk mengupas komunikasi secara mendalam. Ada banyak hal yang mempengaruhi komunikasi dengan melibatkan unsure tersebut.
Joseph A.Devito dalam bukunya komunikasi antar manusia(1997) menyebut adanya lingkungan komunikasi. Lingkungan komunikasi (konteks) komunikasi sedikitnya mempunya tiga dimensi, yaitu Dimensi fisik, dimensi social-psikologis dan dimensi temporal. Dimensi fisik artinya lingkungan nyataatau berwujud. Dimensi social-psikologis berkaitan dengan suasana di mana komunikasi berlangsung. Dan dimensi temporal berkaitan dengan waktu.
Ketiga dimensi lingkungan di atas akan selalu berinteraksi, masing-masing dimensi akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh yang lain.[2] Dalam sistem komunikasi ada gangguan apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator berbeda dengan pesan yang diterima oleh komunikan. Untuk itulah, seorang komunikator harus menciptakan komunikasi yang efektif sehingga apa yang menjadi tujuan komunikasi dapat tercapai
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fisafat komunikasi adalah studi secara mendalam tentang pernyataan manusia yang disampaikan pada manusia lain menuju kemengertian bersama.
 
DAFTAR PUSTAKA
AP, Sumarno dan Kismiyati, filsafat dan etika komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.
 
 


[1] Drs, Sumarno AP, S.H., Dra. Hj. Kismiyati, dkk, Filsafat dan etika komunikasi. (Jakarta: Universitas Terbuka), 2007. h 2.14.
[2] Drs, Sumarno AP, S.H., Dra. Hj. Kismiyati, dkk, Filsafat dan etika komunikasi. h 2.16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini