Senin, 13 April 2015

Dwiko Maxi Rianto_PMI 06_TUGAS 3 EKOLOGI MANUSIA

Dwiko Maxi Rianto
1112054000029
Pengembangan Masyarakat Islam 6
Ekologi Manusia


PENCEMARAN RADIOAKTIF (NUKLIR) DI CHERNOBYL, UKRAINA




Pencemaran radioaktif  adalah suatu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor-reaktor atom serta bom atom. Efek yang paling berbahaya dari pencemaran radioaktif seperti nuklir adalah radiasi sinar alpha, beta dan gamma yang sangat membahayakan mahkluk hidup disekitarnya. Apabila ada mahkluk hidup yang terkena radiasi ini biasanya akan terjadi mutasi gen karena terjadinya perubahan struktur zat serta pola reaksi kimia yang merusak sel-sel tubuh mahkluk hidup baik tumbuh-tumbuhan maupun hewan
.
Nuklir umumnya terdapat dalam sebuah reaktor. Dalam reaktor nuklir terjadi proses pemecahan inti atom atau yang lebih dikenal dengan Fussion. Pemecahan ini menghasilkan energi yang sangat besar yaitu sekitar 200 MeV dan partikel dasar yaitu proton, electron dan neutron. Neutron yang baru terbentuk ini akan menembak atom disampingnya, demikian seterusnya sehingga reaksi yang terjadi didalam nuklir dikenal dengan sebutan reaksi berantai (Chain Reaction). Apabila reaktor nuklir tersebut meledak maka dapat membahayakan dan mengancam keselamatan jiwa manusia, disamping dari proses reaksinya yang berantai sehingga memungkinkan ledakan yang ditimbulkan sangat besar, dampak setelah ledakan pun dapat mengancam kesehatan jangka panjang.
Pencemaran nuklir Chernobyl adalah kasus yang paling populer diseluruh dunia dan pencemaran ini diakibatkan oleh kelalaian manusia. 23 tahun lalu tepatnya tanggal 26 April 1986 di Pripyat, sebuah kota berpenduduk 50.000 jiwa, reaktor nomor empat di pembangkit listrik Chernobyl meledak. Diperkirakan sekitar 56 kematian yang terjadi sebagai akibat langsung dari kasus kebocoran PLTN ini (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir). 47 orang diantaranya adalah pekerja reaktor nuklir tersebut sedangkan 9 lainnya adalah anak-anak yang mengidap kanker thyroid. Sedangkan diperkirakan 4.000 korban meninggal dunia akibat efek radiasi jangka panjang. Namun menurut WHO korban yang meninggal mencapai 9.000 orang yang terkena efek jangka panjang dari radiasi tersebut. reaktor ini terbakar selama sepuluh hari dan mengkontaminasi sekitar 142 ribu kilometer persegi di utara Ukrania, selatan Belarusia dan wilayah Bryansk di Rusia. Pencemaran ini tergolong dalam kasus pencemaran tingkat III dimana efek yang ditimbulkan sangat besar baik efek jangka pendek maupun jangka panjang.

A.    Asal Mula Terjadinya Ledakan Nuklir
Pada malam hari 25 April 1986, sekelompok teknisi mulai menjalani eksperimen teknik listrik di reaktor nomor 4. Walau minim pengetahuan mengenai fisika reaktor, mereka tetap ingin mengetahui apakah turbin pada reaktor bisa menjalankan pompa air darurat pada daya tertentu atau tidak. Setelah ditelususri bahwa eksperimen itu dipersiapkan dengan peralatan yang serba minim dan tanpa pengamanan yang layak dan pada saat percobaan dimulai, reaktor nomor 4 menjadi tidak stabil
Para teknisi saat itu mengabaikan prosedur keamanan yang layak sehingga tidak bisa mengendalikan rekator tersebut ketika terjadi kebocoran radiasi nuklir. Pada dini hari tanggal 26 April 1986, kebocoran di reaktor nomor 4 semakin parah dan terjadilah ledakan yang memicu terjadinya kebakaran selama hampir sepuluh hari. Selain itu lebih dari 50 ton materi radioaktif lepas tak terkendali ke lapisan atmosfer diatas Chernobyl. Radiasi pun tersebar melalui angin.



B.    Dampak yang Ditimbulkan
Pada tanggal 27 April, pihak berwenang uni Soviet mulai mengungsikan 30.000 warga yang tinggal di Pripyat. Pada hari-hari awal krisis, 32 orang tewas di PLTN dan puluhan lainnya menderita luka bakar radiasi. Radiasi yang sudah terbawa angin lanagsung menyebar di bagian utara dan timur eropa, sehingga mencemari kawasan hutan dan pertanian. Diperkirakan 5.000 warga soviet tewas akibat kanker maupun penyakit lain akibat radiasi nuklir yang dibawa dari Chernobyl. Hingga akhirnya pada tahun 2000, pihak berwenang menutup Chernobyl dan setiap tanggal 26 April, pemerintah Rusia, Ukrania, dan belarusia bersama-sama mengenang peristiwa itu. Tragedi Chernobyl hingga kini merupakan bencana nuklir terbesar setelah serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang pada perang dunia ke II dan juga tragedi ini dapat dikatakan sebagai bencana akibat kelalaian manusia terbesar karena dampak yang ditimbulkannya dalam kurun waktu yang singkat maupun dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini