Senin, 25 Mei 2015

M. Fahmi Nurdin_11113054000023_PMI 4_Tugas 7_Antropologi Budaya

Mitos Pantai Selatan

Oleh: M. Fahmi Nurdin

 

Mitos dapat diartikan cerita atau cerita rakyat yang menceritakan kisah berlatar belakang kisah lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh sebagian masyarakat. Mitos memiliki pesan-esan moral didalamnya, yang sebetulnya pesan tersebut berisi kebaikan bagi orang yang benar mengartikannya.

Tidak di pungkiri, indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali mitos. Hampir di semua tempat disetiap kota, pasti ada mitos yang menjadi ciri daerah tersebut. Akan tetapi di indonesia sendiri, tempat – tempat yang mempunyai mitos, justru menjadi tempat yang sangat terkenal dan menjadi tempat wisata yang membuat penasaran banyak orang, dan justru mengundang orang untuk mendatangi nya. Ada yang memang datang untuk menikmati keindahan alam indonesia, ada juga yang datang ingin membuktikan kebenaran mitos tersebut, atau sekedar mendalami arti mitos daerah tersebut, tergantung orangnya.

Kali ini saya akan bahas satu mitos unik di daerah pantai selatan indonesia, yang memang mitos ini bisa dibilang menakutkan, namun mempunyai arti dan pesan moral yang sangat baik bagi masyarakat sekitar yang datang kepantai selatan.

Jangan Memakai Baju Hijau Jika Anda Ingin Berkunjung Ke Pantai Selatan.....

Begitulah pesan orang – orang jika kita ingin berkunjung ke pantai pelabuhan ratu sukabumi dan pantai – pantai sekitaran laut selatan indonesia. Ada apa sebetulnya dibalik pesan ini. Wah sungguh menarik untuk diketahui. Konon kata nya, dalam keyakinan orang jawa, kanjeng ratu kidul atau biasa dikenal dengan sebutan Nyi Roro Kidul memiliki pembantu atau pelayan setia bernama Nyai Rara Kidul (Nyi Lara Kidul). Nyi rara kidul dikisahkan sangat menyukai warna hijau dan di percaya suka mengambil orang-orang yang mengenakan pakaian hijau yang berada di pantai wilayahnya untuk dijadikan pelayan atau pasukannya. Karena itu pengunjung wisata pantai di selatan pulau jawa, baik di pelabuhan ratu, pangandaran, cilacap, pantai-pantai diselatan yogyakarta, selalu di ingatkan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau.

Larangan berpakaian berwarna hijau.......

Ada apa sebetulnya masyarakat jaman dahulu membuat kisah ini, dan dibuat peringatan kepada warga sekitar agar tidak menggunakan pakaian berwarna hijau jika berkunjung ke pantai selatan. Mitos nya jika berpakaian berwarna hijau di pantai selatan akan menjadi sasaran nyi rara kidul untuk di jadikan pelayan atau tentara oleh nyi rara kidul. Namun sebenarnya, itu karena air laut pada daerah pantai selatan cenderung berwarna kehijauan, dan akan sulit ditemukan jika ada korban tenggelam menggunakan pakaian berwarna hijau.

Namun kisah nyi roro kidul dan nyi rara kidul, benar atau tidak, dan kisah pemangsa baju hijau di laut pantai selatan apakah benar adanya? Wallahu' alam. Ambil sisi baik nya, karena orang yang berfikiran baik terhadap sesuatu, akan mendapatkan hikmah dari fikiran positif nya.

#MFN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini