Senin, 19 Oktober 2015

RAFI FAJRIN AZHARI_TUGAS 3_ ORANG SEHAT LEBIH SEJAHTERA

Orang sehat lebih sejahtera

Analisis kasus " Mbah Kung"

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), "sehat" mempunyai arti baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dari sakit); waras: (yang) mendatangkan kebaikan pada badan; baik dan normal (tentang pikiran); boleh dipercaya atau masuk akal (tentang pendapat, usul, alasan, dan sebagainya); berjalan dengan baik atau sebegaimana mestinya (tentang keadaan keuangan, ekonomi, dan sebagainya). Sedangkan kesehatan artinya adalah keadan atau hal yang sehat; kebaikan keadaan (badan dan sebagainya); keadaan sehat jiwa dan mental.

Sejahtera juga mempunyai arti tersendiri, "sejahtera" menurut KBBI berarti aman sentosa dan makmur; menyelamatkan (mengamankan dan memakmurkan dan sebagainya). Dalam istilah umum, sejahtera merujuk pada keadaan baik atau kondisi dimana orang-orangnya makmur dalam keadaan sehat dan damai. Dalam bidang ekonomi, sejahtera dihubungkan dengan keuntungan suatu benda ataupun usaha.

Dari beberapa definisi di atas timbul lah sebuah pertanyaan, apa sebenarnya ukuran dari sejahtera itu? Apakah kekayaan dan kekuasaan? Ataukah kesenangan dan ketenangan? Menurut saya sebenarnya makna dari sejahtera itu sederhana, karena sesungguhnya makna sejahtera itu akan dirasakan sendiri oleh setiap individu yang menjalani kehidupannya. Namun menurut saya pribadi, makna sejahtera itu sebenarnya sudah tersebut di dalam kitab Al Quran, yaitu:

" Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah). Yang telah member makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan (QS. Quraisy: 3-4).

Di dalam ayat tersebut terselip doa Rasulullah untuk kota Mekah agar masyarakatnya bebas dari rasa lapar dan terhindar dari rasa takut. Jadi dari ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa salah satu hal yang membuat kita merasa sejahtera adalah bebas dari rasa lapar dan rasa takut. Selain itu makna sejahtera yang saya pahami juga tentang bebas dari rasa sakit (secara fisik maupun rohani) atau dengan kata lain "sehat lahir batin". Sebagaimana kita ketahui, orang yang sehat lahir dan batinnya sehat pasti merasakan bahagia, aman, dan sejahtera. Jika dihubungkan kembali dengan ayat di atas tadi maka "sehat jasmani" itu sama dengan "bebas dari rasa lapar" dan "sehat rohani" itu sama dengan "bebas dari rasa takut". Hal ini juga turut membuktikan bahwa di dalam Al Qur'an itu telah tersirat bahwa "orang sehat itu lebih sejahtera".

Analisis Kasus : Saya mengambil kasus ini dari seorang Ketua RT yang akrab saya panggil dengan "Mbah Kung", saat ini beliau berusia 76 tahun dan sudah dikaruniai banyak cucu dan cicit tentunya. Sehari-hari pekerjaannya adalah mengamati situasi di negeri ini lewat media, dan sampai saat ini masih mempunyai pekerjaan tetap yaitu membuat alat-alat Laboratorium dari sebuah gelas atau kaca. Pola hidup sehat yang telah dijalankan oleh Mbah Kung merupakan pola hidup yang sangat simple menurut saya karena pola makan beliau sangat teratur dan hati-hati, di usia yang sudah berumur beliau hanya makan sekali dalam sehari, itu pun tidak banyak seperti layaknya kebanyakan orang yang makan satu piring dalam sekali makan. Bayangkan untuk seorang pria yang sudah terbiasa makan satu kali sehari dalam kehidupan sehari-harinya pasti akan merasa kekurangan dengan asupan gizi dan stamina, tetapi beliau menganggap ketika kita banyak makan maka akan banyak pula penyakit yang akan kita derita, oleh karena itu beliau membatasi asupan makanan untuk dirinya sendiri. Terlebih lagi Mbah Kung ini setiap harinya bertemu dengan cucu dan cicitnya yang lebih menambah kegembiraan hidupnya yang sudah lanjut usia.

Dari sini saya ketahui bahwa Mbah Kung ini mempunyai pola hidup yang sehat dan teratur, meski di usia yang sudah terbilang senja ia tetap menjaga kesehatannya oleh karena itu dia merasakan yang namanya sejahtera. Kesejahteraan sudah menjadi perasaan setiap harinya karena kesehatan yang sampai saat ini masih menyelimuti raga dan jiwanya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini