Senin, 19 Oktober 2015

Suryo Widodo_Orang Sehat Sejahtera_Tugas ke-3

            Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang "Orang Sehat Lebih Sejahtera". Maksud dari orang sehat disini adalah orang-orang dapat hidup sehat secara Sosial, maupun rohani & jasmani ( Psikis & Fisik). Jadi sehat disini tidak hanya melihat dari kesehatan fisik saja akan tetapi melihat juga hubungan sosialnya karena sehat apabila di lihat dari segi fisiknya saja itu hanya mencangkup apa yang di lihat namun tidak mengetahui apa yang di rasakan.

            Kali ini saya akan membahas tentang negara Swedia(Sweden).Masyarakat di Swedia memiliki asuransi kesehatan yang gratis dan dibebankan pada pajak yang didapat dari warganya. Setiap warga memiliki akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan. Sistemnya juga mirip di Indonesia dimana pelayanan dimulai di unit kecil puskesmas (ward central). Saat kita berkunjung ke rumah sakit atau puskesmas di Swedia yang diperlukan adalah Personal Identity Number/Personnummer atau kalau di Indonesia mirip dengan Nomor Induk Kependudukan yang ada di KTP kita. Dengan PIN ini data kita akan otomatis tercatat dan dapat langsung tergabung dengan data lainnya. Resep obat pun  berupa elektronik resep dan diambil di apotik dengan sekali lagi menggunakan PIN kita.

            Bukan hanya itu pelayan kesehatan di sana juga cukup memuaskan karena tidak mengenal kasta dimana seseorang yang kaya di perlakukan secara khusus sedang kan orang miskin di telantarkan. Walaupun begitu pelayanan kesehatan disana sangat memuaskan dan tanpa kasta akan tetapi Pajak di tanggung oleh warganya juga cukup besar,    Walaupun pajak disana cukup besar seperti pada gambar tersebut pemerintah swedia juga menganggarkan dana cukup besar untuk kesehatan yaitu sekitar 10% dari pendapatan nasional hal ini sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan warganya. Meski begitu pendapatan rata-rata orang disana juga cukup baik.

            Hal ini membuat negara tersebut menjadi negara dengan kualitas hidup yang cukup tinggi di dunia bahkan negara tersebut di katakan negara maju karena dengan kesehatan dan kesejahteraan tersebut warganya dapat hidup dengan nyaman dan tentram

 

Referensi

http://www.who.int/countries/swe/en/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini