Senin, 19 Oktober 2015

Vikron Fahreza_TUGAS 3_Orang sehat sejahtera

Orang Sehat Sejahtera

Kesehatan adalah merupakan suatu pandangan akan kondisi yang fleksibel antara kesehatan badan jasmani dengan kesehatan mental rohani yang dibedakan dalam sebuah rentangyang selalu berfluktuasi atau berayun mendekati dan menjauhi puncak kebahagiaan hidup dari keadaan sehat yang sempurna.  Sehat tidak dapat diartikan sesuatu yang statis, menetap pada kondisi tertentu, tetapi sehat harus dipandang sesuatu fenomena yang dinamis.

Pengertian konsep sehat menurut WHO adalah merupakan suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sehingga makna kesehatan secara umum adalah merupakan keadaan sehat baik dalam hal fisik mental serta sosial.  Maka bila saja ada kekurangan dalam satu hal saja, misal ada gangguan mental, maka seseorang tidak dapat dikatakan sebagai manusia individu yang sehat. Untuk itulah penting juga akan arti sehat mental psikologis bagi kita semuanya.

Dewasa ini seseorang dikatakan sehat banyak diartikan dalam kadar dan taraf tingkatan yang normal atau lazim yang terjadi pada individu yang artinya bahwa individu seseorang tidak merasakan keluhan atau pun gejala penyakit atau kurang sehat.  Adapun sebaliknya keadaan sakit pada umumnya diartikan suatu keadaan yang tidak normal atau lazim pada diri seseorang. Contohnya saja bila seseorang mempunyai keluhan pusing yang tidak tertahankan, panas, dan lain sebagainya.

Saya mengambil contoh salah seorang saudara saya yang tinggal di pedalaman Palembang beliau hidup di wilayah yang cukup terpencil, beliau berusia sekitar 77 tahun, dan tinggal hanya dengan suaminya yang juga sudah berumur cukup lanjut, usia suaminya adalah sekitar 79 tahun. Dan mereka berdua cukup baik didalam hidup bermasyarakat, sepasang suami dan istri tersebut hidup cukup baik dan bersosialisasi dengan sangat baik juga, usia ternyata bukan menjadi halangan bagi sepasang suami istri itu didalam hidup bermasyarakat ditengah masyarakat, buktinya selain ia pernah ditawarkan untuk menjadi kades di wilayah kampungnya tersebut, sepasang suami istri tersebut juga sangat ramah dan humble kepada seluruh masyarakat dilingkungan sekitarnya. Sehingga mereka dikatakan orang yang sehat selain didalam konteksa kesehatan secara harfiah mereka juga sehat secara ilmu sosiologi.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini