BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Ekonomi merupakan salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam pembangunan nasional di sebuah Negara, tentunya banyak teori ekonomi yang dikemukakan para ahli, mulai dari teori ekonomi marxisme yang berpendapat bahwa system ekonomi itu memiliki 2 kelas, yang pertama adalah kelas kaum borjuis ialah kelas yang memiliki modal dan pembeli tenaga pekerja dan yang kedua, adalah kelas kaum proletariat yaitu kelas dimana yang hanya mengandalakan kemampuan tenaga kerjanya saja. Sebuah Negara sangat terbantu dengan system ekonomi yang mereka anut, walaupun system ekonomi disebuah Negara tidak diatur secara deminikian legal atau valid, tetapi tanpa kita sadari banyak system ekonomi yang dipakai di sekitar kita. Misalnya contoh kecilnya aja, restoran siap saji, yang bisa dikatakan bahwa mereka menggunakan teori ekonomi marxisme yang kita ketahui adalah karl marx yang mencetuskan teori teori dari marxisme. Dan adapula teori neo marxis, yang bisa dibilang teori yang menentang adanya teori marxisme, seperti (George Lukas,ralf dahrendolf,Antonio gramsci,jurgen habernas,van dijk, dan p.bordieu). Pada observasi kali ini, kami akan mengobservasi mengenai teori ekonomi yang sedang berjalan disekitar kami. Ntah itu teori ekonomi karl marx (marxisme) ataupun teori ekonomi neo marxisme,dalam observasi ini, kami mengobservasi salah satu restoran siap saji yang memang sudah terkenal dan bercabang dimana-dimana, bahkan di indonesia ini merupakan salah satu restoran asing yang setiap harinya ramai didatangi pelanggan setia yang dominan adalah anak-anak muda yakni restoran McDonald. Metode yang kami gunakan padapenelitian ini adalah metode observasi pengamatan, yang dimana kami hanya datang ke tempat tersebut lalu langsung mengamati bagaimana suasana, juga pekerjaan dan pelayanan di restoran tersebut. Semoga tugas ini bisa member manfaat.
B. TINJAUAN TEORITIS
TEORI MARXIS
· Teori kelas sosial (kapitalis&proletar)
Kelas sosial merupakan pengelompokan sosial paling mendasar pada masyarakat. Masyarakat selalu bertransformasi sehingga menyebabkan munculnya kaum kapitalis dan kaum proletar. Jika dilihat secara keseluruhan akan ada dua kelas dalam tatanan ekonomi kapitalis, yaitu kaum borjuis & kaum proletar. Kaum borjuis adalah pemilik sarana produksi dan pembeli tenaga kerja. Sedangkan kaum proletar adalah sekelompok orang yang tidak memiliki sarana produksi dan hidup dengan mengandalkan tenaga kerjanya. Borjuis sama dengan kapitalis,yang berprospek menghasilkan uang dan uang. Untuk menghasilkan uang, kaum kapitalis atau kaum borjuis harus membuat relasi dengan kaum proletar,ya dengan cara membeli tenaga kerja kaum proletariat tsb. Prinsip ekonomi kapitalis yaitu melakukan kegiatan ekonomi dengan menekan biaya produksi seminim mungkin dan berusaha menghasilkan hasil (uang) semaksimal mungkin. Selain dengan menekan biaya produksi seminimal mungkin,prinsip ekonomi kapitalis adalah membeli murah tenaga kerja kaum proletar,dari sinilah muncul teori nilai lebih yang dikemukakan oleh karl marx.
· Teori nilai lebih
Dalam teori nilai lebih Karl Marx mengemukakan bahwa kapitalis membayar buruh dengan harga yang tidak sepadan dengan pekerjaan yang dilakukan si buruh.. caranya dengan tidak menghentikan kerja seorang buruh ketika pekerjaan tersebut sudah menghasilakan komoditi yang nilainya setara dengan tenaga siburuh yang dibelinya. Artinya, siburuh harus melakukan dua jenis kerja,yaitu kerja untuk menghasilkan nilai setara dengan upah yang diperolehnya dan kerja untuk memperoleh nilai bagi si kapitalis. Kerja lebih inilah yang menjadi "nilai lebih" sebagai sumber utama keuntungan . dengan hadirnya teknologi,apabila dilihat secara sepintas tingkat kesejahteraan buruh relatif meningkat, namun peningkatannya tidak sebanding dengan peningkatan kekayaan kapitalis.
· Teori akumulasi kapital
Menurut Marx, bukan karena pribadi si kapitalis yang serakah dan tidak berbudi yang menyebabkan ia harus mengambil bagian "nilai lebih" lebih banyak. Namun, hukum persaingan dalam kapitalisme mewajibakan si kapitalis meningkatkan keuntungan agar bisa mengakumulasi dan mengembangkan kapitalnya terus menerus demi mempertahankan usahanya dari persaingan dengan kapitalis-kapitalis lainnya.
TEORI NON MARXIS :
Teori non marxis berkaitan dengan tubuh fenomena yang telah di istilahkan dalam ungkapan 'ekonomi terencana','pemrograman ekonomi',atau lebih jauh 'perencanaan indikatif'. Hal tersebut adalah bentuk lain dari intervensi sadar dalam ekonomi.,bertentangan dengan semangat klasik kapitalisme, tetapi hal tesebut merupakan intervensi yang dicirikan oleh fakta bahwa hal tersebut bukan lagi terutama sebuah tindakan pemerintah tetapi merupakan sebuah tindakan kolaborasi,integrasi antara pemerintah dengan kelompok-kelompok kapitalis disisi yang lainnya. Apakah cirri pokok dari 'perencanaan infikatif' tersebut ? perencanaan tersebut secara esensiil berbeda dalam sifat dari perencanaan sosialis. Perencanaan tersebut tidak terutama pada kaitan dengan menyusun serangkaian tujuan dalam gambaran produksi dan memastikan pencapaian dari tujuan-tujuan tersebut. Kepentingan utamanya adalah dengan mengkoordinasi rencana investasi yang telah dibuat oleh firma-firma swasta dan dengan mempengaruhi kebutuhan koordinasi tersebut. Dengan mengajukan tujuan-tujuan yang menjadi prioritas pada tingkat pemerintahan. Hal tersebut tentu saja, tujuan-tujuan yang berkaitan dengan kaum borjuis. Aspek yang lain dari "ekonomi terencana" memberikan sebuah karakter yang terutama sekali berbahaya berkaitan dengan gerakan kelas pekerja. Adalah ide bahwa "program social" atau "kebijakan pendapatan" selengkapnya ada dalam "pemograman ekonomi" dimungkinkan untuk menjamin stabilitas trust-trust dalam pengeluaran dan pendapatan mereka selama periode 5 tahun. Sifat alami dari neokapitalisme tumbuh dari intervensi pemerintah dalam kehidupan ekonomi.ini semakin lama semakin kapitalis menyerah otomatis ekonominya otomatisme ekonominya sendiri menjalan resiko melenyap dengan cepat dan semakin meningkat Negara jadinya sebagai penjamin keuntungsn kapitalis ,penjamin keuntungan kapitalis,penjamin keuntungan bagi para monopolistic berkuasa dari borjuasi. Negara menjamin hal tersebut dalam langkah-langkah bahwa Negara mengurangi luas siklus fluktuasi,
BAB II
Isi
· Profil objek observasi
McDonald's
McDonalds merupakan salah satu restoran siap saji (fast food) yang didirikan oleh Richard & Maurice pada tahun 1937 disebelah timur kota pasadena. McDonalds pada awalnya hanya merupakan restoran drive in yang pada waktu itu sedang berkembang pesat trend drive in. focus perembanganya adalah pada kecepatan pelayanan yang di harapkan akan meningkatkan volume pembelian konsumen. Konsep utama yang diterapkan adalah kecepatan, harga terjangkau dan volume. Restoran ini juga telah memiliki logo sendiri yaitu, the golden Arch. Logo ini dirancang oleh George Dexter merupakan seorang perancang Neonsign. Logo ini memilik warna kuning terang dan berbentuk simple mudah diingat dan juga secara tidak langsung mencerminkan "M" dari mcDonald's pada saat itu terjadi persaingan ketat pda bisnis drive in dan mcdonald's bersaudara ini mengalami kesulitan dalam beroganisasi dan menggerakan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka. Dan saat itulah mereka bertemu seorang yang bernama Ray Kroc. Ialah yang membantu Mcdonald's untuk mengembangkan usaha tersebut. Ray Kroc kemudian melakukan pengembangan restoran melalui konsep fast food. Pada sekitar tahun 1995 ia menjual waralaba Mcdonald's dan untuk pertama kalinya perusahaan fast food (siap saji) di San Bernandino, California menggunakan system waralaba. System waralaba ini muncul dalam suatu bentuk yang mirip dengan yang kita saksiakan sekarang yaitu sebuah rancangan permasalahan yang disusun dengan seksama dan didokumentasikan secara lengkap dengan perjanjian mendetail antara perusahaan (Mcdonald's) dengan perusahaan yang akan berliansi, jadi selama tahun 1950-an hingga tahun 1960-an produk-produk Mcdonald's yang merupakan produk fast food di didistribusikan secara langsung. Perusahaan fast food ini terus mengembangkan jaringan waralabanya di lebih dari 60 negara dan saat ini Mcdonald's corporation bersama dengan franchise dan cabang-cabangnya telah berjumlah lebih dari 14.000 restoran. Mcdonal's melayani lebih dari 22juta orang setiap harinya atau sekitar 14.000 tamu setiap menitnya. Tidak ragukan lagi kalau hal ini menjadikan Mcdonal's sebagai organisasi yang bergerak dibidang makanan terbesar didunia. Dan saat ini Mcdonald's di Indonesia telah berjumlah 109 restoran dengan jumlah karyawan seluruhnya mencapai 8.000 orang yang sebagian besar lulusan SLTA.
*Ray Kroc
SISTEM PROMOTION
Secara umum,program promosi dari marketwide adalah promosi advertising melalui above the line yaitu iklan dan tv. Strateginya meliputi :
A. promosi public relation, melalui hospitaly dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
B. advertising, yaitu melalui above the line, yaitu kerja sama dengan stasiun radio untuk perihal promo-promo apa saja yang sedang berlaku di McDonalds.
C. showcase, yaitu dengan berupa merchandise mcdonalds
D. even yang dilaksanakan di mcdonald yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan perusahaan lain.
observasi mengenai restoran McDonalds ini,kami mengobservasi MCdonald di jalan KiHajar Dewantara arah ciputat-tangerang selatan. McDonald disini buka selama 24 jam, dengan system pembagian kerja (shift) maaf jika untuk jelas waktu shift nya kami belum bisa mendapatkan informasi dikarenakan pihak dari McDonald tidak berkenan untuk dimintai keterangan.
Tetapi dari system pembagian kerja di McDonald, restoran ini tentunya memiliki tugas di setiap bidang pekerjaannya, yakni :
1. STORE MANAGER
· Memastikan tingkat kepuasan menyeluruh dari customer satisfaction
· Mengoptimalkan QSC,sales dan profit dari restoran
· Menjaga controllable P & L items pada budget nya dan mengumpulkan P & L bulanan
· Megikuti semua hukum pemburuhan yang berlaku,EEO,pelecehan seksual,kebijakan personalia McDonalds,prosedur security,dan savety dari semua karyawan
· Mengawasi rekritment dan retention dari jumlah crew yang tepat atau (seperti ditentukan oleh restoran manager dan operation consultan),maintance,dan manager swing yang antusias dan berdedikasi terhadap kepuasan pelanggan
· Supervise pelaksanaan di restoran untuk prosedur dan produk baru
· Mengelola fixed assets
· Melaksanakan prosedur payroll dan tunjangan karyawan, termasuk melaporkan ke kantor pusat
· Mengsupervisi local marketing dan in restaurant exstentions of co-op dan promosi nasional
· Memastikan keakuratan dari laporan bulanan
· Mendefinisikan trading area restoran,competitor utama dan traffic generator dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan sales
· Memastikan semua claim asuransi dip roses secara menyeluruh dan tepat waktu
· Menciptakan objectives jangka panjang restaurant dan action plan untuk QSC,sales,projit,dan pengembangan people
2. First assistant Manager
· Mengumpulkan feedback dari pelanggan
· Mengevaluasi hasil dari objective jangka pendek
· Memastikan tingkat QSC
· Menyelesaikan dan memasang crew schedule mingguan
· Mengelola crew training
3. second assistant manager
· Mencapai standar QSC
· Wawancara dan memilih crew
· Training crew trainer
· Mendokumentasikan
· Member input pada penilaian kerja
4. junior manager & trainee manager
· Berbicara dengan pelanggan sesering mungkin
· Mengelola shift opening
· Menjaga standar kritikan
· Mengelola keluhan pelanggan
· Menyelesaikan tugas administrasi harian
5. crew leader
· Memperagakan secara konsisten keahlian bekerja
· Menunjukan keahlian
· Menyelesaikan training untuk tiap crew
6. crew
Tugasnya yaitu mempersiapkan,menyajikan kepada tamu atau pelanggan dan melaksanakan tugas lain untuk kelancaran operasional restoran.
7. star (Local Store Marketing)
Bertanggung jawab dalam mengatur pelaksanaan pemasaran
Bisa kita perhatikan bersama, dari system pembagian kerja di MCD ini, memiliki system pemabgian kerja yang sama seperti teori ekonomi marxisme, yang menyebutkan bahwa adanya kelas-kelas didalam sebuah system ekonomi, yakni adanya perbedaan kelas kaum borjuis dan kaum proletar. Kaum borjuis disini kita bisa perhatikan adalah mereka yang bekerja sebagai karyawan atau crew. Yang hanya bermodalkan tenaga kerja mereka dalam hal ini (menyajikan dan mempersiapkan makanan kepada pelanggan) sedangkan bagian seperti store manager atau first assistant manager dan lainnya, kerjanya tidak berimbang dengan mereka yang bekerja di bagian crew. Ya walaupun mereka sama-sama menyisihkan tenaga dalam konteks fikiran.
Ketentuan di restaurant McDonlad
1. pelanggan di perbolehkan masuk, jika pelanggan membeli product menu dari Mc.Donald
2. pelanggan selalu di tawarkan dengan menu-menu promotion
3. untuk hal parking area, hanya diperbolehkan bagi kendaraan customer McDonald
4. setiap menu, memiliki takaran yang "pas" untuk setiap piringnya, ya walaupun berbeda menu, tetapi jika kita membeli menu yang sama bahkan ml dalam air nya pun sama
5. untuk hal tisu dalam sajian makanan, selalu di berikan pas. Bahkan sebenarnya jika pelanggan meminta tisu (seharusnya tidak boleh)
6.jika ada yang sudah selesai makan, para karyawan (crew) langsung membersihkan meja dengan sangat bersih
7. dalam masalah pembayaran, selalu ada bilangan yang ganjil, misalnya (15.909) yang bila mana hasilnya nanti akan dibulatkan dengan pajak yakni menjadi sekitar 17.000
8. tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar untuk di konsumsi di dalam McDonald
9. karyawan di perkenakan seragam yang dimana, wajib dikenakan selama mereka berada di jam kerja restaurant
10. karyawan tidak diperkenankan untuk mengenakan seragam kerja mereka di luar restaurant
11. selama jam kerja, mereka di perwajibkan total,dalam artian tidak boleh untuk beristirahat jika bukan jam istirahat
12. karyawan tidak boleh mengkonsumsi menu McDonald, melainkan jika mereka jam istirahat di persilahkan untuk membeli di luar dengan batas waktu yang telah di tentukan
Dari ketentuan restaurant yang berlaku di MCD ini, menggambarkan bahwa restaurant ini merupakan salah satu restaurant yang menerapkan teori ekonomi kapitalis marxisme. Mengapa ? salah satu cirri nya yaitu, mereka lebih menguntungkan pihak pemilik modal. Seperti tidak boleh mengenakan seragam pegawai jika keluar restaurant, karena mereka tidak ingin jika terjadi sesuatu kepada pegawai, tidak ada tanggung jawab membawa nama "MCD" tersebut, ya meminimalisir terjadinya pencemaran nama baik. Untuk system pelanggan pun, yang diperbolehkan parkir di parking area MCD hanyalah mereka customer MCD, ini memperlihatkan bahwa pihak MCD tidak ingin menyediakan lahan parker jika mereka tidak memberikan keuntungan bagi pemilik modal. Dilihat dari customer yang datang pun, memang hanya mereka yang harus membeli menu di MCD dan tidak diperbolehkan menikmati fasilitas dalam jangka waktu yang lama. Jika kita berdiam lama di MCD, kita akan di tanya " maaf mba, sudah di pesan ? atau sudah beres makan ?" ini sengaja kami lakukan, karena ingin melihat seperti apa pelayanan mereka, hal ini pun menunjukan bahwa yang masuk ke MCD hanya mereka customer. Adapula tulisan "TIDAK DI PERBOLEHKAN membawa makanan dan minuman dari luar untuk di konsumsi di dalam restoran MC.DONALDS" ini juga menunjukan, bahwa pihak restoran hanya memperbolehkan para customer hanya mengkonsumsi product menu mereka, selain itu tidak diperbolehkan, mengapa ? menurut analisis kami, ya mereka hanya bekerja untuk MCD untuk product-product MCD (membersihkan sisa sampah makanan MCD). Dan dalam sajian makanan pun, diberi pas untuk hal (tisyu),ini berdasarkan pengalaman kami, ada sosok ibu yang meminta tisyu lebih,saat diberikan dan ibu itu pergi, sang manager berkata " harusnya itu gak boleh kamu kasih tisyu lebih, itu harus sesuai dengan pemesanan " . dalam system ekonomi pembayarannya pun, mereka menerapkan harga ganjil seperti (13.363) yang memang jika ada pembayaran di kasir terdapat terkena PPN, sehingga dibulatkan menjadi sekiat 15.000 ini tentunya selain salah satu trik pemasaran promosi yang gunanya menguntungkan sisi pemilik modal.
PENUTUP
KESIMPULAN :
McDonald merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan, yaitu (fast food). Kini MCD memiliki banyak cabang di Indonesia, dengan pegawai sekitar 8000 pegawai. Mengapa kami menjadikan MCD sebagai salah satu contoh perusahaan makanan yang memang system nya berkiblat pada teori ekonomi kapitalis marxisme ?? ya karena, dari segi pembagian kerja,fasilitas khusus customer,juga segi distribusi sudah mencirikan bahwa mereka menerapkan teori kapitalis marxis, yang disebutkan memiliki kelas social, yaitu kaum borjuis dan kaum kapitalis. Dalam hal ini, kaum borjuis adalah mereka yang memiliki modal, bsedangkan kaum proletar hanya mereka yang memiliki tenaga kerja saja (crew mcd). Dan fasilitas yang dipergunakan hanya untuk pelanggan MCD, ini mencirikan bahwasanya MCD hanya akan memberikan fasilitas kepada mereka yang menguntungkan dalam hal ini adalah seperti mereka yang membeli produk MCD. Dari observasin ini pun, kami juga bisa menarik kesimpulan, bahwasanya pihak dari MCD tidak bersedia berpartisipasi dalam pengumpulan data, ini juga salah satu ciri bahwa pihak pemilik modal tertutup untuk umum, ini juga termasuk salah satu cirri bahwa mereka adalah restaurant dengan teori ekonomi kapitalis marxisme.
.kita ketahui bahwa sekarang "sepertinya" hamper seluruh perusahaan di berbagai bidang di Indonesia sudah berkiblat pada teori ekonomi marxisisme. Mengapa demikian ? sama-sama kita ketahui, bahwa buruh kini sedang sengsara & nelangsa, karena dikeluarkan uu bahwa kenaikan gajih buruh hanya naik 5 tahun sekali, ini membuktikan bahwa tidak adanya perhatian atau minim perhatian kepada para buruh (kaum proletar) dan ini jugalah yang merupakan inti dari teori ekonomi kapitalis marxisme
DAFTAR PUSTAKA :
Teori Marxisme dan berbagai ragam teori neo marxsisme,geogre ritzer & douglas j goutman
*selebihnya saya meminta senior saya untuk menjelaskan teori tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar